Minggu, 24 Desember 2023

PANCA MAHA YAJNA, Lima Kewajiban dari Kepala rumah tangga/ Grihastha



Selain kegiatan normal yang terkait dengan profesi seseorang (varna dharma) dan tahap dalam kehidupan (ashrama dharma), rutinitas sehari-hari dari seorang Hindu yang taat adalah melakukan Pancha Maha Yajna (lima tugas harian) atau pancha nitya karmas (lima tugas tetap) . Ini adalah praktik minimal yang memandu seseorang dalam kehidupan sehari-hari dan menjamin perdamaian, kesejahteraan material dan spiritual.
Pancha vaa ete mahayajnaassatati Prataayante satati santishtante
Devayajnah pitr. yajno bhutayajno Manushya yajno brahmayajna iti.
- Taittiriya Aranyaka 2.10
“Ini adalah lima pengorbanan besar (panca maha yajna) yang harus dilakukan dan diselesaikan setiap hari. yaitu dewa yajna, pitru yajna, bhuta yajna, manushya yajna dan brahma yajna ”
1. Deva yajna (Hutang kepada Dewa): Memuja Dewa (Deva Yajna) dalam bentuk dewa keluarga (Ishta Devata) di kuil rumah melalui doa dan meditasi. Praktik ini membantu seseorang untuk menjadi sadar akan Tuhan dalam semua kegiatan sehari-hari. Selain itu, praktik ini membangkitkan rasa kebersamaan dalam keluarga, karena anggota keluarga sembahyang bersama dan berpartisipasi dalam ritual, nyanyian, dan penelaahan tulisan suci. Tradisi mengatakan bahwa "sebuah keluarga yang berdoa bersama tetap bersama." Dengan demikian menyenangkan para Dewa melalui homa dan yajna.
2. Pitru yajna (hutang kepada leluhurnya): Renungkan ajaran pria dan wanita suci, dan nenek moyang seseorang (Pitri Yajna). Praktik ini dimaksudkan untuk berfungsi sebagai pengingat untuk melestarikan, memperkaya dan melanjutkan warisan budaya dan nilai-nilai keluarga seseorang. Ini termasuk menyediakan makanan dan air untuk leluhur yang mati. Sementara penghuni rumah yang hidup harus melayani mereka dengan penuh rasa hormat.
3. Bhuta yajnam (hutang terhadap alam): Berikan makanan bagi mereka yang membutuhkan (Bhuta Yajna). Praktik ini dimaksudkan untuk menciptakan semangat berbagi dengan orang lain. Menyediakan makanan untuk anjing, kucing, burung gagak dan makanan untuk hewan lain. Ini termasuk perlindungan hewan piaraan dan binatang liar.
4. Manusya yajna (hutang kepada masyarakat): melayani tamu dengan cinta, dan penuh hormat (Nara Yajna). Praktek ini adalah dasar untuk keramahan tradisi rumah tangga Hindu. Menyediakan makanan untuk manusia (tamu, miskin dll). merawat istri dan anak-anak. Jika seorang istri murni, maka suaminya harus mendukungnya. Dia juga harus membesarkan anak-anak mereka sampai mereka cukup umur.
5. Brahma yajna (hutang kepada para Resi): Pelajari Veda dan kitab suci lainnya (Brahma Yajna). Praktik ini menyegarkan pikiran seseorang dengan pengetahuan suci dan juga membantu melestarikan dan memperkaya pengetahuan tersebut. Ini termasuk menyanyikan dan mengajarkan Veda.
Para perumah tangga yang tidak melakukan lima yagna ini sama dengan mati dan tidak akan mencapai moksha..
Menjalankan itu juga membantu dalam menghilangkan dosa yang terjadi saat menggunakan alat-alat rumah tangga seperti palu, oven, panci air, pembersih dll. Menggunakan alat-alat ini membunuh banyak serangga yang menyebabkan dosa bagi keluarga. Pancha Maha Yajna akan menghancurkan dosa-dosa harian ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar