Minggu, 08 Mei 2022

BANTEN PENGULAPAN

  


Metatakan nyiru, taledan, raka2 jangkep, untek alit 11, tumpeng alit 11, dados 1 ceper, tipat kelanan atanding, kojong rangkadan, pras tulung sayut, pebersian payasan, daksina, sangu urip, payuk pere, coblong, padma, sampian nagasari, sesedep medaging beras, benang, sampian pusung 2, penyeneng alit, lis amuan- muan




Sabtu, 07 Mei 2022

Nyekah

 


ada 2 jenis upacara nyekah/ngrorasin menurut besar kecilnya upakara/banten:
1.nyekah kecil/ngangseng
2.nyekah besar/kurung
Klo klg hanya nyekah kecil blm bisa lakukan upacara mecaru rsi gana, mlaspas, ngeteg linggih dan nuntun ida batara hyang guru di rmh pokok soroh klg bersangkutan. Jadi wajib nyekah besar dulu.
Pertanyaan tyang apa benar spt itu?
Klo benar ada sastra sbg acuannya?
Mohon pencerahan....!
Nyekah kecil .... ngangseng
Nyekah besar ... kurung
Lalu ngelinggihang
Sumber sastra jelas Yama purana tatwa dan Siwa tatwa bedanya di ayaban Catur Mukti sesuai jumlah puspa yg lainnya sama (ngangsen cukup pakai bale dangin ditambah meja lagi yg tinggi seAsta musti+sanggar Surya pemyosan pemuput dan penjor damar kurung//nyekah kurung pake petak dilaksanakan di rumah juga+sanggar Surya+pemyosan pemuput+Penjor damar kurung cuman Banten Catur Mukti yg nambah depan Puspa sesuai Puspa+dan Surya dan pemuput masalah penilapatian wajar wajar saja jika nyekah kurung diluar rumah baru tidak bisa (misalnya karang anyar) NGASTI namanya





Kertas Ulantaga

 


Salah Satu Tradisi Cina pada upacara kremasi di Bali.
Pada kertas ulantaga itu akan disisi rerajahan aksara simbol:
Wisnu Iswara/Siwa Brahma
Kemudian ada padang lepas sebagai simbol menuju ketempat abadi yang terang.
Gmn bs kertas ulantaga itu penting dlm pembuatan kajang?
Kang Cing Wie adalah Ratu Bali dijaman Raja Jayapangus.
Semua kebijakan datang dari pemimpin tertinggi termasuk bhagawanta.



Rabu, 04 Mei 2022

Ciri Karang Panes - Lontar Bhama Kertih

 


berikut ini ciri-ciri pekarangan perumahan yang bermasalah, sesuai dengan petunjuk Lontar Bhama Kertih;
Iki ling ira BHAGAWAN WISWAKARMA, pangalihan karang, anggen karang paumahan, mangde tan kabheda-bheda dening lara kageringan, helingakna pidhartania,
lwirnia :
Yan wenten karang tegeh ring paschima, hayu, nga, manemu labha sang ngumahin.
Yan karang seng ring utara, hayu ika, sawetunining anaknia, putunia, tan kurang bhoga sang ngumahin.
Yan karang hasah natarnia, hala ayu kojarania, tan kurang pangan kinum, sang ngumahin.
Yan ana tanah bang alus, mahambu lalah, hayu ika, sibin kadhang warga, nga, tekeng anaknia, menemu hayu sang momahin iriya.
Yan tanah selem magobe hucem, mahambu, panes, haywa nguma­hin.
Yan ana tanah mahambu bengu, halid, hala dahat, haywa nguma­hin.
Yan ana karang tunggal pameswan, manyaleking, nga, hala, mwah karang ne nyakitin.
Yan karang tumbak jalan gde, hala nyakitin, karubuhin jalan, nga.
Yan karang tumbak rurung, sandang lawe, nga, gering maderes.
Yan karang singkuhin rurung mwang hapit jalan, kutha kabhan­da, nga, hala.
Yan ana umah nanggu, nora matabeng umah di harepe hala dahat.
Yan karang saling suduk papagerania, suduk angga, nga, hala.
Yan ana wang matunggalan sanak, mangapit jalan umahnia, sang tunggal bhaga urus, sandang lawang, nga, hala dahat sang momah iriya, amada-mada Bhatara, nga.
Yan umah mapemeswan dadwa, hala dahat, boros wang, nga.
Mwah ne tan wenang genahin umah, lwirnia, karang wit pura, wit ibu, wit sma, pabajangan, wit payajnyan sang brahmana, karang lebon amuk, karang genah wang mati magantung, yan sampun ping tiga kalebon amuk, tan wenang genahin umah, hala dahat.
Iki PANGAWAS CAYAN KARANG mwang Kahyangan :
Yan dhemdhem renteb hinang katon (katonang), Dewa ngukuni karang ika, tan kurang pangan sang ngumahin.
Mwah cayan karang tenget, karasa ngawang-awang katonang, twi suwung katonang, tri bhuta dengan mangumahin, henggal manemu bhaya sang ngumahin.
Malih ingon-ingon pathikawenang, metu salah rupa, iki cirin gumi rusak.
Mwah karang panes, asu, bangkung, manak tunggal, cirin panes karang ika, wenang hanyut, bhuta salah wetu, nga.
Mwah bhumi sayongan, katiban kuwung-kuwung, panes bhumi ika.
Mwah ring pakarangania metu kukus, panes karang ika.
Mwah karang tumbak rurung, tumbak jalan, tumbak tukad manamping marga pempatan, namping pura, namping bale banjar, makadinia ngulonin bale banjar, panes karang ika.
Malih babi baberasan, satha asaki ring salu, mwang tabwan ring pakubonan, lalipi masuk ring pakubonia, panes karang ika.
Mwah pakubonia, yan puhun lakare, taler kari ingangge, pada cacada lawan naga-sesa, tan pegat milara.


Mwah yan ana bale pungkat, malih jujukang, sajawining gebug lindu maka bhumi, pada cacade ring balene ring balene puhun lakare.
Mwah yan ana bale mesu adegania ring legungane, balu maka­bun nga, hala.
Yan ana bale materestes bunter sami, cacad, dongkang maka­hem, nga, tan wenang hingangge, hala dahat.
Mwah yan ana bale tarojogan, magerantang mahileh, cacad, dongkang makabun, nga, hala.
Iki PAMANAS KARANG, salwirning, panes, sane ngadakang panes karang,
lwirnia :
Kapanjingan gelap mwang puhun, wenang ngadegang linggih Padma-Handap, palinggih Sanghyang Indra­blaka, tan pegat hamanggih lara bhaya, yadin ping dasa carunin tan sida purna dening caru ika. Apan Sanghyang Indrablaka, dadi Sanghyang Kalamaya, dadi Kala-Desti. Mangkana kojarniya.
Mwah yan ana kayu rempak, pungkat, mwang punggel, tan pakarana, pada panese, tan pegat hamilara.
Mwah nyuh macarang, bwah macarang, jaka macarang, ntal macarang, byu macarang, mwang wetunya kembar, tunggal pa­nese, kadi kageni – bhaya, nga, panes.
Yan ana sanggah pungkat, mwang jineng, pawon, pungkat tan pakarana, mwang katiben amuk, kaleban amuk, panca bhaya, nga, panes.
Yan ana hanggawe pungkate, panas karang ika, kewala cacad, tan kawenang malih ingangge, wenang gentosin lakare sami.
Mwah yan ana wong mentik ring babatar ing salu, wong bhaya, nga, panes.
Yan ana lulut metu ring pakarangan, kalulut bhaya, nga, panes.
Yan ana getih kentel ring pakarangan, mwang sumirat ring umah, ring pakubwan, tan pakrana, karaja-bhaya, nga. Yan ana samangkana, apang sampunang langkungan ring petang dasa dina, mangda puput macaru, dados caru ika alitan. Yan langkung ring petang dasa dina, ageng nagih waru, ika kangentakna.
Yan ana karang katumbak rurung, tumbak jalan, katumbak labak, katumbak jalinjingan, mwang tukad, katumbak pangkung, panes karang ika, Sanghyang Kala Durgha anglarani, wenang ngadegang Padma Alit, palinggih Sanghyang Dhurgamaya.
Yan ana tabwan sirah, tabwan kulit, mwang nyawan ring salu, ring paumahan, ring kubwan, pateh panese.
Yan ana manipi ring umah, ring salu, ring kubwan, pateh panese.
Yan ring lumbung, ring kamulan, hayu ika.
Mwah yan ana ingon-ingon patik wenang-wenang, salah rupa wetune, panes karang ika, wenang rarung kasagara, tugel gulene, kawandaniya rewekan ring rwi walatung, talining dening budur, bwangen ring payonidi. Raris glarana Panca – tawur.
Yan ana taru salah pati, mwang manusa salah pati ring pakarangan, panes karang ika.
Mwah salwir ing jadma salah pati, hanuli pejah, sagenah-genahniya pejah, ika tan wenang malih hantukakna maring pagenahan, hala dahat, hanuli pendhem ring setra, nganut linging Sastra-Bwana-Purana. Mangkana kramanya.
Mwah yan ngingsirang Lumbung mwang Dengen, Pabrahmana ku­nang, wenang tuntun dening lawe, panyunjungniya, taruma tangkis pang tiga, saha banten pangulapan, daksina 1, pras, sodan, asep menyan astanggi. Mangkana kramaniya. Yan tan tuntun, ila-ila dahat.


Selasa, 03 Mei 2022

SEJARAH 17 GUNUNG BERAPI PULAU BALI

 



Oleh : I Nyoman Kurniawan

Pulau Bali awal mulanya sekali terbentuk 15 juta tahun yang lalu. Secara ilmu geologi Pulau Bali termasuk berumur muda. Awal mula proses pembentukan Pulau Bali diawali oleh naiknya dasar lautan yang muncul ke permukaan, yang disebabkan oleh aktifitas tumbukan lempeng-lempeng bumi.
Sepanjang sejarahnya, pembentukan sebagian besar daratan Pulau Bali juga dibentuk oleh kegiatan vulkanik gunung-gunung berapi. Sebagian besar tanah Pulau Bali terdiri atas deposit vulkanik dari erupsi gunung berapi. Tapi mungkin tidak banyak orang Bali yang mengetahui sejarah gunung berapi di Pulau Bali. Untuk itu saya berusaha semampu saya mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, dengan tujuan agar bisa menambah wawasan pengetahuan orang Bali. Dengan sebuah catatan bahwa saya bukan ahli gunung berapi, tapi 100% amatiran. Untuk itu sebelumnya saya minta maaf jika seandainya tulisan saya ini ada kekurangan dan kesalahan.
Inilah sejarah 17 gunung berapi di Pulau Bali :
[1]. Gunung Pulaki.
Sebagian orang Bali pasti mengetahui Pura Pulaki di Buleleng. Tapi mungkin tidak banyak yang tahu, bahwa Pura Pulaki dan sekitarnya berada di kaki sebuah gunung berapi purba yang sudah tidak aktif. Masa aktifnya terjadi pada suatu masa diantara rentang waktu 2,5 juta s/d 5,3 juta tahun yang lalu. Saking purbanya gunung ini, pusat erupsinya [kawahnya] tidak lagi dapat dikenali. Hanya dapat dilihat aliran lavanya mengalir datang dari arah selatan ke utara. Sisa-sisa gunung berapi purba ini berada di bagian belakang [di selatan] Pura Pulaki.
[2]. Gunung Klatakan.
Memiliki ketinggian 698 meter dari permukaan laut. Terletak diantara daerah Gilimanuk dan Melaya. Merupakan gunung berapi yang terletak paling barat di Pulau Bali. Gunung Klatakan saat ini sudah tidak aktif. Masa aktifnya terjadi pada periode Pleistocene. Artinya masa aktif Gunung Klatakan terjadi pada suatu masa diantara rentang waktu 11.700 tahun s/d 2,5 juta tahun yang lalu. Sisa gunung berapi ini bisa terlihat jelas dengan google map [terrain mode].
[3]. Gunung Merbuk.
Memiliki ketinggian 1.356 meter dari permukaan laut. Terletak di sebelah utara Kota Negara. Gunung Merbuk saat ini sudah tidak aktif. Masa aktifnya terjadi pada periode Pleistocene. Artinya masa aktif Gunung Merbuk terjadi pada suatu masa diantara rentang waktu 11.700 tahun s/d 2,5 juta tahun yang lalu.
[4]. Gunung Patas.
Memiliki ketinggian 1.414 meter dari permukaan laut. Terletak di sebelah selatan Pelabuhan Celukan Bawang. Titik puncaknya berada diatas dari Pura Taman Desa Tinga-Tinga, Buleleng. Gunung Patas saat ini sudah tidak aktif. Masa aktifnya terjadi pada periode Pleistocene. Artinya masa aktif Gunung Patas terjadi pada suatu masa diantara rentang waktu 11.700 tahun s/d 2,5 juta tahun yang lalu.



==5== SUPERVOLCANO BRATAN PURBA [KALDERA]
Berdasarkan penelitian, usia Supervolcano Bratan Purba diperkirakan lebih tua dari 50 ribu tahun. Merupakan Gunung berapi tertinggi yang pernah ada di Pulau Bali sepanjang masa.
Setelah mengalami erupsi maha dahsyat, Supervolcano Bratan Purba runtuh dan menjadi kaldera dengan luas sekitar 6 km × 11 km. Aliran lavanya mengalir ke barat dan ke utara, membentuk bebatuan yang membentang dari seputaran wilayah Gobleg di barat, Air Terjun Gitgit, s/d wilayah Air Terjun Sekumpul di timur. Sedangkan aliran laharnya mengalir demikian dahsyat dan meluas mencakup hampir setengah wilayah Pulau Bali. Mencapai jauh ke pantai utara, mulai dari Pantai Lovina di barat, pantai Kota Singaraja, s/d pantai wilayah Tejakula di timur. Serta mencapai jauh ke pantai selatan, mulai dari Pantai Soka di barat, pantai Tanah Lot, bagian selatan Kota Denpasar, s/d Pantai Lebih di timur. Aliran lahar Supervolcano Bratan Purba ini menyebabkan pantai-pantai di kawasan ini dominan berpasir hitam.
Pada jaman sekarang ini, di dalam reruntuhan kaldera dari Supervolcano Bratan Purba kita bisa melihat adanya 3 [tiga] danau, yaitu Danau Bratan, Danau Buyan dan Danau Tamblingan, serta 5 [lima] gunung, yaitu Gunung Sanghyang, Gunung Adeng, Gunung Pohen, Gunung Lesung dan Gunung Tapak. Semua 5 gunung berapi di dalam kaldera ini bisa terlihat jelas dengan google map [terrain mode].





Berdasarkan penelitian, Gunung Sanghyang adalah gunung berapi pertama [tertua] yang muncul di dalam kaldera setelah Supervolcano Bratan Purba runtuh, kemudian diikuti oleh kemunculan Gunung Adeng, Pohen, Lesung dan Tapak. Serta diketahui bahwa 3 gunung berapi tertua di dalam kaldera [Gunung Sanghyang, Adeng dan Pohen] sudah tidak aktif lagi paling tidak sejak kira-kira sekitar 11.500 tahun yang lalu. Sedangkan 2 gunung berapi termuda di dalam kaldera [Gunung Lesung dan Tapak] pernah mengalami erupsi antara kira-kira sekitar 600 tahun s/d 11.500 tahun yang lalu dan setelah itu tidak aktif.
[6]. Gunung Sanghyang.
Terletak di dalam kaldera Supervolcano Bratan Purba. Merupakan gunung berapi pertama [tertua] yang muncul di dalam kaldera setelah Supervolcano Bratan Purba runtuh. Memiliki ketinggian 2.087 meter dari permukaan laut. Sudah tidak aktif lagi paling tidak sejak kira-kira sekitar 11.500 tahun yang lalu.
[7]. Gunung Adeng.
Terletak di dalam kaldera Supervolcano Bratan Purba. Memiliki ketinggian 1.826 meter dari permukaan laut. Kawah gunung dan sekitar 1/10 tubuhnya di bagian tenggara sudah runtuh akibat erupsinya [kawah terbuka mengarah ke tenggara]. Sudah tidak aktif lagi paling tidak sejak kira-kira sekitar 11.500 tahun yang lalu.
[8]. Gunung Pohen.
Terletak di dalam kaldera Supervolcano Bratan Purba. Memiliki ketinggian 2.089 meter dari permukaan laut. Sudah tidak aktif lagi paling tidak sejak kira-kira sekitar 11.500 tahun yang lalu.
[9]. Gunung Lesung.
Terletak di dalam kaldera Supervolcano Bratan Purba. Bagian utara kaki Gunung Lesung bersentuhan dengan tepi selatan Danau Tamblingan. Gunung Lesung memiliki 2 buah kawah dan memiliki ketinggian 1.860 meter dari permukaan laut. Terakhir kali mengalami erupsi terjadi pada suatu ketika diantara rentang waktu 600 tahun s/d 11.500 tahun yang lalu dan setelah itu tidak aktif.


[10]. Gunung Tapak.
Terletak di dalam kaldera Supervolcano Bratan Purba. Merupakan gunung berapi terakhir [termuda] yang muncul di dalam kaldera setelah Supervolcano Bratan Purba runtuh. Gunung ini berada di bagian belakang [di barat] Kebun Raya Eka Karya Bedugul yang biasa dijadikan tempat tujuan wisata. Bagian utara kaki Gunung Tapak bersentuhan dengan tepi selatan Danau Buyan. Memiliki ketinggian 1.909 meter dari permukaan laut. Gunung Tapak memiliki 3 buah kawah dan merupakan gunung terakhir yang pernah erupsi di dalam kaldera. Erupsi terakhir ini terjadi pada suatu ketika diantara rentang waktu 600 tahun s/d 11.500 tahun yang lalu. Setelah itu Gunung Tapak tidak aktif. Lava yang keluar dari kawah utama Gunung Tapak, mengalir ke utara memisahkan Danau Buyan dan Danau Tamblingan.
[11]. Gunung Seraya.
Memiliki ketinggian 1.058 meter dari permukaan laut. Merupakan gunung berapi yang terletak paling timur di Pulau Bali. Berdasarkan penelitian, usia Gunung Seraya diperkirakan lebih tua dari 50 ribu tahun dan saat ini sudah tidak aktif lagi. Kawah gunung dan sekitar 1/4 bagian tubuhnya di bagian timur laut sudah runtuh akibat erupsinya [kawah terbuka mengarah ke timur laut, ke arah Pantai Lipah]. Titik tertinggi dari sisa Gunung Seraya berada di selatan. Pada sisi barat dari tepian atas sisa kawah gunung purba ini berdiri Pura Lempuyang.
[12]. Gunung Batukaru.
Memiliki ketinggian 2.276 meter dari permukaan laut. Gunung Batukaru diperkirakan terbentuk pada suatu masa diantara rentang waktu 30.000 tahun s/d 60.000 tahun yang lalu. Kawah gunung dan sekitar 1/8 bagian tubuhnya di bagian tenggara sudah runtuh akibat erupsinya [kawah terbuka mengarah ke tenggara]. Di era jaman modern tidak ada catatan menyangkut aktifitas Gunung Batukaru, tapi berdasarkan kelebatan vegetasi hutan di Gunung Batukaru, dapat dipastikan bahwa Gunung Batukaru tidak aktif setidaknya sejak dari 300 tahun yang lalu.



==13== SUPERVOLCANO BATUR PURBA [KALDERA]
Berdasarkan penelitian, usia Supervolcano Batur Purba diperkirakan lebih tua dari 50 ribu tahun. Dengan perkiraan ketinggian sekitar 4.000 meter diatas permukaan laut, atau bahkan mungkin lebih tinggi.
Supervolcano Batur Purba mengalami erupsi maha dahsyat pada 29.300 tahun yang lalu, yang membuat Supervolcano Batur Purba runtuh dan menjadi kaldera dengan luas 13,8 km x 10 km. Sebagian aliran lavanya mengalir ke Tejakula, serta mengalir ke wilayah daerah lainnya membentuk bebatuan dataran tinggi. Serta terjadi awan panas [pyroclastic flow] yang demikian dahsyat dan meluas sampai mencapai Kota Denpasar [jauhnya sekitar 90 km dari Supervolcano Batur Purba]. Dengan kecepatan 150 km/jam dan suhu 6.000-8.000 derajat celcius. Setelah abu awan panas ini mendingin dan mengeras, kemudian menjadi lapisan batu padas yang sangat tebal. Dalam istilah ilmiahnya disebut “Ubud Ignimbrite”. Batu padas ini di daerah Ubud dan sekitarnya jaman sekarang banyak digali untuk bahan bangunan atau membuat arca.
Setelah Supervolcano Batur Purba runtuh dan menjadi kaldera, terus terjadi aktifitas erupsi yang cukup sering di dalam kaldera. Kemudian pada 20.150 tahun yang lalu, Supervolcano Batur Purba kembali mengalami erupsi maha dahsyat yang terjadi di dalam kaldera, yang membuat sebagian kaldera supervolcano purba ini kembali runtuh [amblas] dan membentuk kaldera kedua sedalam 120 meter s/d 300 meter yang melingkar di dalam kaldera pertama. Dalam erupsi dahsyat ke-2 ini terjadi awan panas [pyroclastic flow] dahsyat. Setelah abu awan panas ini mendingin dan mengeras, kemudian menjadi lapisan batu padas yang sangat tebal, yang dalam istilah ilmiahnya disebut “Gunung Kawi Ignimbrite”, karena Candi Gunung Kawi di Tampaksiring dibangun dari lapisan batu padas ini.
Pada jaman sekarang ini, di dalam reruntuhan kaldera dari Supervolcano Batur Purba kita bisa melihat adanya Danau Batur dan Gunung Batur.



[14]. Gunung Batur.
Gunung Batur terbentuk di dalam kaldera Supervolcano Batur Purba, pada sekitar 5.500 tahun yang lalu. Gunung Batur memiliki 3 buah kawah dan memiliki ketinggian 1.717 meter dari permukaan laut. Dalam kurun waktu 200 tahun, yaitu dari tahun 1804 s/d saat ini, Gunung Batur tercatat mengalami erupsi sebanyak 26 kali. Erupsi Yang paling dahsyat terjadi tanggal 2 Agustus s/d 21 September 1926. Terakhir kali erupsi tahun 1999-2000. Sampai saat ini Gunung Batur masih merupakan gunung berapi aktif.
[15]. Gunung Abang.
Memiliki ketinggian 2.152 meter dari permukaan laut. Gunung Abang terbentuk pada suatu ketika diantara rentang waktu 23.000 tahun s/d 28.000 tahun yang lalu. Ketika Supervulcano Batur Purba mengalami erupsi dahsyat yang ke-2 pada 20.150 tahun yang lalu, hal ini mengakibatkan 1/3 tubuh Gunung Abang di bagian barat runtuh. Tapi sampai saat ini bagian puncak dan sisa kawahnya masih ada, dengan 1/10 bagian kawah gunung sudah runtuh di bagian timur laut akibat erupsinya sendiri [kawah terbuka mengarah ke timur laut]. Di era jaman modern tidak ada catatan menyangkut aktifitas Gunung Abang, sehingga ada kemungkinan bahwa Gunung Abang sudah tidak aktif lagi.
[16]. Gunung Agung.
Memiliki ketinggian 3.142 meter dari permukaan laut. Merupakan gunung berapi tertinggi di Pulau Bali di jaman sekarang ini. Berdasarkan penelitian, Gunung Agung sudah ada sejak sekitar 5.000 tahun yang lalu. Di era jaman modern Gunung Agung tercatat mengalami erupsi di tahun 1808, 1821, 1843, 1963-1964 dan 2017-2019. Sampai saat ini Gunung Agung masih merupakan gunung berapi aktif.
[17]. Gunung Paon.
Berada di wilayah dataran tinggi, Gunung Paon yang memiliki ketinggian 886 meter dari permukaan laut, secara fisik terlihat hanya seperti sebuah bukit. Tapi berdasarkan penelitian "bukit" ini bukan sebuah bukit, tapi sebuah gunung. Tepatnya gunung berapi yang pernah erupsi dan mengeluarkan lava. Terakhir kali terlihat beraktifitas terjadi pada tahun 1960-an, tapi hanya berupa kepulan asap saja. Gunung Paon terletak di Bebandem, Karangasem.

Senin, 02 Mei 2022

Malukat di Pancoran Solas, Sembuhkan Penyakit Kritis

 



Pancoran Solas yang terdapat di Banjar Guliang Kangin, Tamanbali, Bangli, diyakini punya tuah magis. Bila malukat di sebelas pancoran ini, orang yang mengidap penyakit kritis bisa diberkati kesembuhan.

Pemangku Pancoran Solas, Mangku I Nyoman Danu mengatakan, dinamai Pancoran Solas karena pancuran yang ada seluruhnya berjumlah sebelas. Warga sangat meyakini bila malukat (membersihkan diri dengan cara mandi di air suci) di Pancoran Solas akan dapat menghilangkan penyakit yang diakibatkan gangguan non medis.

“Kalau sejarahnya kurang tau persis. Saya hanya mengetahui pancuran tersebut memang ada sejak dulu. Difungsikan msyarakat sebagai tempat mlasti dan digunakan untuk malukat saat rahinan,” terang Mangku I Nyoman Danu yang kerap dipanggil Jro Hyang Danu, ketika ditemui Bali Express (Jawa Pos Group) di rumahnya, pekan kemarin.

Dikatakannya, pamedek yang datang malukat tak jarang yang menghubunginya dari luar daerah Bangli. Bahkan, sempat juga ada yang berasal dari luar Bali. “ Banyak yang malukat dikarenakan mengalami sakit yang parah. Orang yang sakit stroke bias diberkati kesembuhan setelah malukat,” ujarnya.

Pelaksanaan malukat di Pancoran Solas bisa dilaksanakan pagi,siang, atau malam hari, tergantung dari pamedek yang dating. Bahkan lebih sering yang mengalami sakit, malukat pada malam hari. Biasanya bertepatan dengan rerahinan Bali seperti Kajeng Kliwon, Purnama, dan Tilem. “Sempat ada yang datang dari luar Bali, mereka datang karena ada seseorang yang menyarankan agar malukat di Pancoran Solas, karena sudah lama menderita stroke. Bahkan orang tersebut sudah pasrah dengan hidupnya, lantaran sakitnya tak kunjung sembuh,” terang Jro Hyang Danu.
Dikatakan Jro Hyang, kedatangan yang kedua kalinya, orang stroke tersebut, ternyata sudah bisa berjalan seperti biasa. Jro Hyang Danu juga mengaku awalnya tidak percaya akan khasiat pancoran tersebut. ‘Di samping tuah dari malukat, kesembuhan juga tergantung karma seseorang,” ungkapnya.



Ditambahkannya, sempat ada yang karauhan (kesurupan) sambil berteriak-teriak di areal panglukatan, tepat berada di bawah pancoran yang nomor tiga dari utara. Sebab, pada pancuran tersebut sebagai tirta yang menghilangkan penyakit non medis.

Ditegaskannya, pancoran yang digunakan untuk malukat berjumlah 10 pacuran. Sedangkan lagi satu pancoran, terdapat pada areal palinggih di atas pancuran, yang kerap digunakan untuk prosesi upacara ke Dewa Yadnya.

Dijelaskan Jro Hyang Danu, kalau terkena penyakit bebai (ilmu hitam), setelah malukat akan sembuh total. “Biasanya bila ada penyakit, yang malukat akan muntah-muntah. Sehingga dapat langsung diobati dengan cara dilukat terus pada pancuran tersebut,” terangnya.

Selain untuk yang menangani sakit non medis, Jro Hyang Danu juga mengungkapkan sempat juga ada pamedek yang datang untuk malukat dengan tujuan agar diberikan keturunan. Dikarenakan sudah lama menikah, namun tak kunjung memiliki keturunan. “Sama seperti orang yang dari luar Bali itu, yang datang itu ditunjukkan oleh kerabatnya. Bahkan, ketika datang kembali ke dua kalinya sudah mengajak anak,” terang pria 60 tahun tersebut.

Sarana yang harus dibawa saat malukat, lanjut Jro Hyang Danu, harus menggunakan sebuah canang. Jika akan ke palinggih yang ada di atas pancoran mesti menggunakan sebuah pajati. Prosesnya adalah menghaturkan canang satu per satu pada setiap pancoran. Kemudian melakukan panglukatan dari pancoran yang paling Utara ke Selatan. Pada saat malukat juga harus disirat sebanyak 11 kali, kemudian diminum tiga kali, dan untuk cuci muka sebanyak tiga kali. Setelah itu, baru melakukan panglukatan ke semua badan, terutama pada bagian tubuh yang mengalami sakit.

Setelah selesai, dilanjutkan dengan menghaturkan sebuah pajati di palinggih pancoran yang berbentuk sebuah Padmasana. Pajati tersebut akan dihaturkan pemangku beji, yaitu Jro Hyang Danu sendiri, sebab yang boleh ke areal palinggih hanya pemangkunya saja. Setelah menghaturkan pajati dan nunas tirta yang ada pada Padmasana, dilanjutkan dengan melaksanakan persembahyangan, memohon agar apa dari tujuan malukat diberkati.

Khusus pada pancoran yang nomor tiga, lanjut Jro Hyang Danu, diyakini sebagai tirta penyembuh berbagai macam penyakit. Sedangkan sisanya sebagai panglebur mala. “Jika tidak kuat malukat pada pancoran nomor tiga itu, pasti akan muntah-muntah. Bahkan di sana juga kerap orang yang mengalami karauhan,” terang pria asli Guliang Kangin tersebut.

Pada areal panglukatan, ada pamedek yang telah selesai malukat. Komang Ayu Bagi Widiarsini ini, mengaku baru pertama kali dating karena dikasitau rekannya. “Suasananya sangat indah sekali, terlebih juga airnya yang segar. Lokasinya di bawah tebing, mengakibatkan sedikit capek. Namun, ketika malukat capek itu terbayarkan dengan segarnya air pancoran,”papar perempuan dari Singaraja tersebut.

“Saya datang agar diberkati keturunan karena sempat juga keguguran, mudahan mendapat restu,” harapnya.

Jika penasaran dengan pancuran tersebut, tidaklah susah mencarinya. Hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit dari Lapangan Astina Gianyar, menuju ke timur melewati lampu traffic light Sidan, perbatasan Klungkung, Bangli dan Gianyar.

Sesampai di Lapangan Tulikup belok ke kiri, menuju tempat wisata Taman Nusa. Dari Taman Nusa hanya sekitar 900 meter saja, maka akan sampai di Banjar Guliang Kangin, Tamanbali, Bangli. Di pinggir jalan terdapat papan nama yang bertuliskan Pancoran Solas. Dari papan nama masih harus berjalan ke timur sekitar 300 meter unutk sampai di tempat parkir. Namun, untuk sampai di pancoran, harus menuruni tangga sekitar 200 anak tangga. Bila merasa ragu, bisa menghubungi jro mangku dan bendesa adat setempat, yang nomornya sudah ada tertera di papan, dan rumahnya juga tidak jauh dari parkiran.

(bx/ade/rin/yes/JPR) –sumber






Jumat, 29 April 2022

Buda Kliwon Matal dan Kajeng Kliwon

  


#Buda Kliwon Matal merupakan hari suci umat Hindu yang dirayakan dan jatuhnya setiap 6 bulan sekali untuk memuja Sang Hyang Ayu atau Sang Hyang Nirmala Jati guna memohon keselamatan serta anugrah rejeki yang melimpah dsb.
Buda Kliwon Matal merupakan pertemuan antara Sapta wara Buda yang berstana dibarat dengan lambang warna kuning, panca wara Kliwon yang berstana ditengah dengan lambang warna panca warna dan
wuku matal.
Dan pada saat hari Buda Kliwon Natal yang bertepatan juga dengan jatuhnya hari kajeng Kliwon.
#Kajeng Kliwon merupakan hari suci bagi umat Hindu yang jatuhnya pada setiap15 hari sekali, Kajeng Kliwon merupakan pertemuan dari dua unsur triwara dengan unsur pancawara.
Kajeng merupakan bagian dari unsur triwara sedangkan Kliwon merupakan bagian dari unsur pancawara.
#Kajeng merupakan hari prabhawanya dari Sang Hyang Durga Dewi yang merupakan perwujudan dari Ahamkara yang merupakan manifestasi dari kekuatan Bhuta, Kala dan Durga yang ada di muka bumi.
#Sedangkan Kliwon merupakan hari prabawanya Sang Hyang Siwa sebagai kekuatan dharma yang merupakan manifestasi dari kekuatan Dewa.
#Dan pada saat hari Kajeng Kliwon sering dikaitkan dengan
hal - hal yang berbau mistis dan diyakini oleh umat Hindu sebagai harinya Sang Hyang Siwa untuk melaksanakan yoga semadinya untuk
keselamatan dunia.
#Untuk itu setiap umat diharapkan pada saat Kajeng Kliwon untuk melakukan penyucian diri dan bersikap lebih berhati - hati karena kekuatan negatif cenderung lebih besar dari pada kekuatan yang positif, dan itu semua dapat mempengaruhi kehidupan manusia
dimuka bumi ini.



#Karena pada saat hari Kajeng Kliwon umat meyakini bahwa Sang Tiga Bhucari memohon restu dari Sang Durga Dewi untuk menggoda manusia yang melanggar atau berbuat kesalahan juga membuat mara bahaya, mengundang semua desti, teluh, terang jana guna menggoda orang yang tidak menjalan ajaran dharma ataupun
orang yang tidak berbuat baik.
#Dengan demikian sudah sepatutnya dan sudah menjadi kewajiban kita sebagai umat Hindu untuk menghaturkan persembahan dimerajan, pura dan tempat suci lainnya
kehadapan Sang Hyang Siwa dan Sang Hyang Durga Dewi berupa canang sari, canang raka, puspa harum, tipat dampulan, segehan kepelan, segehan cacahan, segehan putih kuning, segehan panca
warna dsb.
#Semua itu hendaknya disesuaikan dengan tempat atau keadaan dan kemampuan dari masing - masing umat.
#Dan dengan kita menghaturkan semua persembahan dan segehan itu diharapkan agar bisa mewujudkan keseimbangan alam niskala dari alam Bhuta menjadi alam Dewa.
#Semua jenis Banten atau upekara adalah merupakan simbul diri kita, lambang kemaha - kuasaan Hyang Widhi dan sebagai lambang Bhuana Agung.
(Lontar Yajna Prakrti)
#Banten segehan ini isinya didominasi oleh nasi dalam berbagai bentuknya, lengkap beserta lauk pauknya bawang merah, jahe, garam dan juga dipergunakan api takep dari dua buah sabut kelapa yang dicakupkan menyilang, sehingga membentuk tanda (+) atau swastika disertai beras dan tetabuhan berupa air, arak serta berem.
#Segehan dihaturkan kepada para Bhutakala agar tidak mengganggu ,
dinatar merajan dihaturkan segehan panca warna ditujukan pada Sang Bhuta Bhucari, dinatar pekarangan rumah dihaturkan pada Sang Kala Bhucari, didepan pintu pekarangan rumah atau angkul - angkul dihaturkan pada Sang Durga Bhucari dan juga ditempat lainya, yang tak lain adalah akumulasi dari limbah atau kotoran yang dihasilkan oleh pikiran, perkataan dan perbuatan manusia dalam kurun
waktu tertentu.
#Dan dengan sarana segehan ini diharapkan nantinya dapat untuk menetralisir dan dapat untuk menghilangkan pengaruh negatip dari limbah tersebut. #Segehan juga dapat dikatakan sebagai lambang harmonisnya hubungan manusia dengan semua ciptaan Tuhan (palemahan).
Segehan ini biasanya dihaturkan setiap hari atau pada saat rahinan dan hari - hari tertentu.
#Setiap kepala keluarga hendaknya agar melaksanakan upacara Bali atau suguhan makanan kepada alam
dan menghaturkan persembahan ditempat - tempat terjadinya pembunuhan seperti pada ulekan, sapu, kompor, asahan pisau, dan talenan.
(Manavadharmasastra)