Minggu, 07 Januari 2024

Banten Otonan, Cara Otonan, Mantra Otonan

 



Bagaimanakah tata cara yang benar saat ‘ngotonin’? Pertanyaan seperti ini sering sekali muncul dari orang tua terutama ibu-ibu muda yang akan Otonan anaknya. Seperti, apa sajakah bantennya, dan bagaimanakah langkah-langkah membuatnya, dan siapa sajakah yang boleh “Otonan”.
Bahan-bahan Persiapan Banten Otonan
Penggunaan Banten sebenarnya fleksibel, namun beberapa masyarakat menggunakan banten seperti tumpeng telu dan tumpeng lima. Pada banten tumpeng lima berisi banten : Pengambean Dapetan Peras Pejati Sesayut Segehan Sarana-sarana lain seperti, Bija, Dupa, Toya Anyar, Tirta Pelukatan, dan Tirta Hyang Guru.
Tahapan-tahapan Sebelum memulai, sang ibu wajib ngayab (menghaturkan) banten kehadapan Sang Hyang Atma. sebagai pertanda bahwa inilah hari dimana beliau manumadi (menjelma). Dilanjutkan menghaturkan Segehan ring sor ( bawah ) bale atau tempat anaknya me’otonan’. Memohon kepada Sang Hyang Butha Kala agar prosesi berjalan lancar, terbebas dari mara bahaya. Selanjutnya ritual otonan dapat dimulai.



Pertama-tama adalah mesapuh-sapuh, yaitu mengusap telapak kanan anak dengan Buu, dimulai dari tangan kanan kemudian tangan kiri, diiringi dengan sesontengan
"Cening-cening ne jani mesapuh-sapuh, apang ilang dakin liman ceninge, apang kedas cening ngisiang urip’
Dilanjutkan mengusap dengan toya anyar. Mesapuh-sapuh bertujuan untuk menghilangkan mala atau leteh pada badan kasar yang bersangkutan. Dilanjutkan dengan masegau atau matepung tawar, yaitu mengusap kedua tangan yang bersangkutan dengan don dapdap.
"Cening-cening ne jani masegau, suba leh liman ceninge melah-melah ngembel rahayu’
Selanjutnya yang bersangkutan diberi tirta pelukatan. Maknanya adalah, menyucikan, menetralisir kembali Sang Hyang Atma. Agar jiwa yang bersangkutan senantiasa suci, melah (baik), ngembel (dalam genggaman) dan rahayu (keselamatan).
Dilanjutkan dengan Matetebus. Ambil dua helai benang, pertama diletakan di atas kepala sisanya dililit dipergelangan tangan kanan yang bersangkutan, diiringi sesontengan.
Setelah itu yang bersangkutan diberi tirta Hyang Guru. Ini memiliki makna agar yang bersangkutan memperoleh kesehatan dan keselamatan lahir batin, selalu diberi perlindungan oleh sang pencipta.
Yang terakhir adalah Ngayab Sesayut diputar 3 kali searah jarum jam diiringi sesontengan
"Nah jani cening ngilehang sampan, ngilehang perahu, batu mokocok, tungked bungbungan, teked dipasisi napetang perahu bencah”.
Banten pengenteg bayu tersebut bermakna untuk memohonkan agar yang bersangkutan tetap pendirian serta berkepribadian stabil (tidak labil) didalam menjalani kehidupannya.
Tujuan yang dapat diperoleh dari meotonan antara lain, diawali Masesapuh, yakni pembersihan badan kasar dari segala leteh atau mala.
Kemudian Matepung tawar/Masegau, sebagai sarana untuk menyucikan kembali jiwa atau Sang Hyang Atma, lalu menghubungkan serta menguatkan kembali badan kasar dengan Sang Hyang Atma melalui benang tebus, dan diakhiri dengan mestabilkan pikiran (Ngayab sesayut pengenteg bayu).



Jumat, 05 Januari 2024

Muput Piodalan Alit di Merajan / Sanggah







Byakaonan

Om sadnya astra Mpu sarining wisesa tepung tawar amunahaken segau anglusuraken mala petaka cuntake kabeh.

Durmanggala (Pangastawa)

Om indahta kita sang Kala Purwa, Sang Kala Sakti, Sang Kala Preta, Sang Kala Prajamuka, Sang Kala Ngulaleng, Sang Kala Karogan-Rogan ayua kita pati rorogani, ayuwe kita siligawe iki tadah sajinira penek lawan terasi bang iwak: (bawang jahe/antiga Bekasem /Ayam Ireng) yan manawi kirang tetadahan nira iki amet sarining daksina tukuken ring pasar agung kuwehan anak putun roang sira kinabehan aja sira kari ring kene den kedepsidhirastu Dang Guru Iswara.

Om kala byonamah swaha, Om Bhuta byo namah swaha

Om Durga byo namah swha, om Pisaca byo namah swaha.




Pengulapan (Pangastawa)

Om Mang, Ung Ang, Om Ang Ung Mang, Ah Ah

Om aksaram kertha buwana yadnya dirgayur

Trigunaatmakm Dewa dewi bakti dewam

Jagatnatha ya namah swaha




Prayascita (Pangastawa)

Om I Ba Sa Ta A sarwa mala prayascita ya namah

Om Sa Ba Ta A I sarwa pape petaka,

lara roga wigna prayascita ya namah

Om A Ta Sa Ba I sarwa klesa dasamala geleh pateleteh,

cuntaka prayascita ya namah

Om sidhi guru srongsat osat sarwa wigna winesanem.




Lis (Pangastawa)

Om pangadenganing janur kuning,

Siwa ringgiting guru

Tumurun utusan yang dewa Betara

Kalebataning sarwa dewata

Angilangaken sarwa mala, papa petaka

Geleh sarira

Om sidhirastu nama ciwaya.




Ngosokan Lis (Pengastawa)

Om mangadeg sira janur kuning

Tumurun Dewa Siwa angadaken lis

Busung mereka meringgit

Winastu denira dea siwa

Maeron sarwaning laluwes

Maweh ratna kumala intan,

mawat emas tanpetune,

Yate enggonan hulun angilangaken leteh letuh

Kasude denira Dewa Siwa

Waspu paripurna ya namah swaha




Ngastawa linggihang dewa di Palinggih/Sanggah

Om pranamya Dewa sang lingam

Sarwa dewata dewati dewanam

Tas malingga ya winamah.




Om Dewa nama maha Dewa mahat manem

Guna suwarem sarwe lingga ranityam

Tas malingga yainamah




Om Brahma lingga ya namah

Om Wisnu lingga ya namah


Om Iswara linga ya namah

Om nahadewa lingga ya namah

Om sada Ludra lingga ya namah

Om parama Siwa lingga ya namah

Om Sarwa Dewa parastista ya namah

Om sarwa dewa lingga sampurna ya namah.




Mendak Kepanggung di jaba (Baruna Astra)

Om paduka batara Baruna,

Manusanira anguntap anuwur paduka betara

Kapendak dening canang kawisan

Maduluran segehan panca warna wigraha

paduka Betara pada nodya serdah

paduka Betara melinggih ring parhyangan

sinarengan katurang pujawali ring Betara kinabehan



Ngayat segehan ring Natah Umah

Ih iki sang kala Bucari,

miwah bala amangan Betara,

iki atadah sehegan nira

ring natas soang soang,

ayuwe ta kita ngarubede,

Om sidhirastu ya namah.

- JUAL BANTEN MURAH hub.0882-9209-6763 atau KLIK DISINI


Medatengan ring Sanggah

Om pranamya Dewa Sang lingam,

sarwa buha kala sirnam,

pranamya Siwa sirwatam,

sarwa jagat pramaditam.




Om hyang sari hyang Ratu,

miwah betara sami,

manusanira angutaraken sarining pamendak,

pasucian, sesarik, susur, keramas, lengewangi,

maduluran tingasan sapradeg,

katur ring padanira Batara kabeh,

toya pawitra pewasuhan tangan,

suku pangratan, malih paduka batara keatur Pejati pada prapta,

wigraha paduka betara,

pada nodya miwah angayap sari amukti sari.



Ngayab kawas pedatengan (angkat)

Om indahta kita sedan penyarikan,

miwah bala waduan Betara kinabehan

ajeg ajegta sira ajengan anglurah Agung Alit,

sinarengan keaturan segehe linggih,

iwak kawisan, pada ena kita ngelingan unggahanta

soang-soang pada anadah, anginum,

amukti sari kita asungane manusanira

dirghyusa paripurna

Om Ang Ah amerta ya namah

Ang Ung Mang Siwa amerta ya namah swaha.




Mapiuning Indik Piodalan.

Om paduka Betara Hyang Sari, Hyang Ratu,

Hyang Guru miwah paduka Betara kinabehan

iki manusa nira I.....................ngaturan piodalan

dening peras, sodan, daksina, pajrempenan udel kurenan,

guru iringan miwah saruntutannya.

Kaatur ring paduka Betara kinabehan.




Nganteb banten di pelinggih sami.

Om peramista peramisti paramarta namo namah

Adi Dewa isanaya nakarya namah swha

Om buktyantu sarwantu Dewa

Butyantu sri lokanatha

Segenah separa warha, suwarga sida sidhica.




Ngayab Banten Piodalan.

Om kara dyanta sang rudram

Guryam sakti pradipanam

Tarpana sarwa pujanam

Prasidyantu astu sidhinam

Sakaram nyan maha amerta

Omkara candra nyante namah

Namah nadha omkara amertha

Boktayet Dewa Sampurna

Om Hyang amuktiaken sari

Om Hynag pretama Hyang

Sama Hyang antinggala sari amerta Hyang



Miwah sang butha Raksa

Lan Nyoman Sakti Pengadangan

Om Sidhi Hyang astu ya namah swaha.




Ngayab Banten Pangemped lan Soda aturan

Om pranamya baskara dewam Sarwa klesa winasanem

Prenamya ditya sarwatem

Bukit mukti sarwa paranem

Om sarwa baktem sampurna ya namah

Om ksma sampurna ya namah

Om treptyem ya namah

Om rang ringsah parama siwa aditya ya namah





Ngayab Penagi / Sesangi

Om paduka Hyang Sari, Hyang Ratu , miwah Betara kabeh,

iki manusa nira I... punagi ipun katawur mangkin marupa .....


Om dirga ayu werdi sakti karanam mertyu jaya sarwata


roga diksenem, kusta derestem kalesem, praba candra baswaram

Om mertyum jaya dewesya, yanamami karnu kertiyet,

dirgayusean suwe peptu, sambrama wijaya bawet.




Om iyate manggalam mertyu setala satru winasanem,

Kawiwesya rakte tayem, sarwa bawa bawat bawet.




Om eka sudha, dwitya sudha, tritya sudha, catur tya suda,

Panca wisudha, sad wisudha, sapta wisudha.

Om suda suda wariwastu tatastu astu ya namah.




Ngayab banten Sambutan durung ketus Gigi

Om kaki prajapati nini prajapati kemuandaningulun

angilangaken mala petakaning wong rare sane durung kepus

untu mangde tan nagletehin ring rat kabeh.

Om sidirastu sampurna ya namah.




Tri Sandya




Muspa (Ngaggem Panca Sembah).




Sembah puyung

Om atma tattwatma suddha mam swaha




Pesaksi ring Surya

Om Adityasya param jyotir

Rakto tejo namo’stute

Sweta pankaja madhyastha

Bhaskaraya nano’stute




Sembah Ketuju ring Istedewata

Om namo nama dewa adhisthanmaya

Sarwa wyapi wai siwaya

Padmasana eka pratistaya

Ardhanareswariya namo namah





Sembah Nunas panugrahan

Om anugraha manaoharam

Dewa datta nugrahakam

Arcanam sarwa pujanam

Namo sarwa nugrahakam

Dewa dewi mahasidhi

Laksmi siddhisca dirghayuh

Nirwighna sukha wrddisca



Muspa ring Sanggar Tawang/Padmasana

Om aksam nirmalam sunyam

Guru dewa byomantaram

Siwa nirmalawiryanam

Rekto omnkara wijayam




Sembah Puyung

Om Dewa suksma parama cintyaya nama swaha

Om Santih, Santih, Santih, Om.




Tumuli masirat ring raga.

Om Ang Brahma-amrta ya namah

Om Ung Wisnu-amrta ya namah

Om Mang Iswara-ammrta ya namah




Akena bija.

Mantra bija.

Om Idham bhasman param guhyam, sarwa papa winasana ya, sarwa kalusa winasa ya, sarwa rogha winasana ya namah.

Ngremeki bija (mengaduk, di atas tangan)

Om bang Bamadwa guhya ya namah

Om Bhur Buwah Swah amrta ya namah.

Apasang bija.

ring sirah : Om Ing Isana ya namah

ring lelata : Om Tang tatpurusa ya namah

ring tangkah : Om Ang Aghora ya namah

ring bahu kanan : Om bang bamadewa ya nama

ring bahu kiri : Om Sang Sadya ya namah




Margiang Benang Tebus

Om purna candra purna bayu,

Den kadi langgengning surya candra

Teteping pageh bayu premanannya

Sang trimaggalaning yadnya

Anganti-nganti sabad rahayu

Ametuaken ratna kencana

Om sah osat ya namah swaha.




Pengaksama ring Dewa Betara

Om ksama swmam mahadewa

Sarwa prani hitangkarah

Mam moca sarwa papebyah

Palayaswa sadasiwa

Papoham papa karmham

Papatma papa sembawah,

Trahiman sarwa papebyah,

kanacin mama raksatu.

Ksantawya kayika dosah,

Ksantaowyo wacika mama,

Ksantawya manasa dosa,

Tatpramadat ksama swamam.




Hinaksaram hinapadam,

hinamantram tatwaca,

hina baktim hina werdhin,

sada siwo namo stute.






Mantrahinam kryahinam,

baktihinam maheswara,

yat pujinam mahadewa,

paripurnem tadastume.




Nyimpen Bajra.

Om Ang Ung mang,

Om Om namah,

Om apah teja bayu mulih sira

ring bayu sabda idep.

Ragane ketisin/siratan tirta x3 lan inem. (Wesesa, 2001:6-13)





Bhagavadgita Pengetahuan Rohani





Bhagavadgita Bab IV - Pengetahuan Rohani

Bhagavad-gita 4.1
4.1 Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa, Sri Krsna, bersabda; Aku telah mengajarkan ilmu pengetahuan yoga ini yang tidak dapat dimusnahkan kepada dewa matahari , vivasvan, kemudian vivasvan mengajarkan ilmu pengetahuan ini kepada Manu, ayah manusia, kemudian Manu mengajarkan ilmu pengetahuan itu kepada iksvaku.

Bhagavad-gita 4.2
4.2 Ilmu pengetahuan yang paling utama ini diterima dengan cara sedemikian rupa melalui rangkaian garis perguruan guru-guru kerohanian, dan para raja yang suci mengerti ilmu pengetahuan tersebut dengan cara seperti itu. Tetapi sesudah beberapa waktu, garis perguruan itu terputus, karena itu, rupanya ilmu pengetahuan yang asli itu sudah hilang.

Bhagavad-gita 4.3
4.3 Ilmu pengetahuan yang abadi tersebut mengenai hubungan dengan Yang Mahakuasa hari ini Kusampaikan kepadamu, sebab engkau adalah penyembah dan kawan-Ku; karena itulah engkau dapat mengerti rahasia rohani ilmu pengetahuan ini.

Bhagavad-gita 4.4
4.4 Arjuna berkata; vivasvan, dewa matahari, lebih tua daripada Anda menurut kelahiran. Bagaimana hamba dapat mengerti bahwa pada awal Anda mengajarkan ilmu pengetahuan ini kepada beliau?

Bhagavad-gita 4.5
4.5 Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa bersabda; Engkau dan Aku sudah dilahirkan berulangkali. Aku dapat ingat segala kelahiran itu, tetapi engkau tidak dapat ingat, Wahai penakluk musuh.

Bhagavad-gita 4.6
4.6 Walaupun Aku tidak dilahirkan dan badan rohani-Ku tidak pernah merosot, dan walaupun Aku penguasa semua makhluk hidup, Aku masih muncul pada setiap jaman dalam bentuk rohani-Ku yang asli.




Bhagavad-gita 4.7
4.7 Kapan pun dan di mana pun pelaksanaan dharma merosot dan hal-hal yang bertentangan dengan dharma merajalela-pada waktu itulah Aku sendiri menjelma, Wahai putera keluarga Bharata.

Bhagavad-gita 4.8
4.8 Untuk menyelamatkan orang saleh, membinasakan orang jahat dan untuk menegakkan kembali prinsip-prinsip dharma, Aku sendiri muncul pada setiap jaman.

Bhagavad-gita 4.9
4.9 Orang yang mengenal sifat rohani kelahiran dan kegiatan-Ku tidak dilahirkan lagi di dunia material ini setelah meninggalkan badan, melainkan ia mencapai tempat tinggal-Ku yang kekal, wahai Arjuna.

Bhagavad-gita 4.10
4.10 Banyak orang pada masa lampau disucikan oleh pengetahuan tentang-Ku dengan dibebaskan dari ikatan, rasa takut dan amarah, khusuk sepenuhnya berpikir tentang-Ku dan berlindung kepada-Ku dan dengan demikian mereka semua mencapai cinta-bhakti rohani kepada-Ku.

Bhagavad-gita 4.11
4.11 Sejauh mana semua orang menyerahkan diri kepada-Ku, Aku menganugerahi mereka sesuai dengan penyerahan dirinya itu. Semua orang menempuh jalan-Ku dalam segala hal, wahai putera Prtha.

Bhagavad-gita 4.12
4.12 Orang di dunia ini menginginkan sukses dalam kegiatan yang dimaksudkan untuk membuahkan hasil; karena itu, mereka menyembah para dewa. Tentu saja, manusia cepat mendapat hasil dari pekerjaan yang dimaksudkan untuk membuahkan hasil di dunia ini.

Bhagavad-gita 4.13
4.13 Menurut tiga sifat alam dan pekerjaan yang ada hubungannya dengan sifat-sifat itu, empat bagian masyarakat manusia diciptakan oleh-Ku. Walaupun Akulah yang menciptakan sistem ini, hendaknya engkau mengetahui bahwa Aku tetap sebagai yang tidak berbuat, karena Aku tidak dapat diubah.

Bhagavad-gita 4.14
4.14 Tidak ada pekerjaan yang mempengaruhi Diri-Ku; Aku juga tidak bercita-cita mendapat hasil dari perbuatan. Orang yang mengerti kenyataan ini tentang Diri-Ku juga tidak akan terikat dalam reaksi-reaksi hasil pekerjaan.



Bhagavad-gita 4.15
4.15 Semua orang yang sudah mencapai pembebasan pada jaman purbakala bertindak dengan pengertian tersebut tentang sifat rohani-Ku. Karena itu, sebaiknya engkau melaksanakan tugas kewajibanmu dengan mengikuti langkah-langkah mereka.

Bhagavad-gita 4.16
4.16 Orang cerdaspun bingung dalam menentukan apa itu perbuatan dan apa arti tidak melakukan perbuatan. Sekarang Aku akan menjelaskan kepadamu apa arti perbuatan, dan setelah mengetahui tentang hal ini engkau akan dibebaskan dari segala nasib yang malang.

Bhagavad-gita 4.17
4.17 Seluk beluk perbuatan sulit sekali dimengerti. Karena itu, hendaknya seseorang mengetahui dengan sebenarnya apa arti perbuatan, apa arti perbuatan yang terlarang, dan apa arti tidak melakukan perbuatan.

Bhagavad-gita 4.18
4.18 Orang yang melihat keadaan tidak melakukan perbuatan dalam perbuatan, dan perbuatan dalam keadaan tidak melakukan perbuatan, adalah orang cerdas dalam masyarakat manusia. Dia berada dalam kedudukan rohani, walaupun ia sibuk dalam segala jenis kegiatan.

Bhagavad-gita 4.19
4.19 Dimengerti bahwa seseorang memiliki pengetahuan sepenuhnya kalau setiap usahanya beb as dari keinginan untuk kepuasan indria-indria. Para resi mengatakan bahwa reaksi pekerjaan orang yang bekerja seperti itu sudah dibakar oleh api pengetahuan yang sempurna.

Bhagavad-gita 4.20
4.20 Dengan melepaskan segala ikatan terhadap segala hasil kegiatannya, selalu puas dan bebas, dia tidak melakukan perbuatan apapun yang dimaksudkan untuk membuahkan hasil atau pahala, walaupun ia sibuk dalam segala jenis usaha.

Bhagavad-gita 4.21
4.21 Orang yang mengerti bertindak dengan pikiran dan kecerdasan dikendalikan secara sempurna. Ia meninggalkan segala rasa memiliki harta bendanya dan hanya bertindak untuk kebutuhan dasar hidup. Bekerja dengan cara seperti itu, ia tidak dipengaruhi oleh reaksi-reaksi dosa.




Bhagavad-gita 4.22
4.22 Orang yang puas dengan keuntungan yang datang dengan sendirinya, bebas dari hal-hal relatif, tidak iri hati, dan mantap baik dalam sukses maupun kegagalan, tidak pernah terikat, walaupun ia melakukan perbuatan.

Bhagavad-gita 4.23
4.23 Pekerjaan orang yang tidak terikat kepada sifat-sifat alam material dan mantap sepenuhnya dalam pengetahuan rohani menunggal sepenuhnya ke dalam kerohanian.

Bhagavad-gita 4.24
4.24 Orang yang tekun sepenuhnya dalam kesadaran krsna pasti akan mencapai kerajaan rohani karena dia sudah menyumbang sepenuhnya kepada kegiatan rohani. Dalam kegiatan rohani tersebut penyempurnaan bersifat mutlak dan apa yang dipersembahkan juga mempunyai sifat rohani yang sama.

Bhagavad-gita 4.25
4.25 Beberapa yogi menyembah para dewa yang sempurna dengan cara mengaturkan berbagai jenis korban suci kepada mereka, dan beberapa di antaranya mempersembahkan korban-korban suci dalam api Brahman yang paling utama.

Bhagavad-gita 4.26
4.26 Beberapa orang (para brahmacari yang tidak ternoda)mengorbankan proses mendengar dan indria-indria di dalam api pengendalian pikiran, dan orang lain (orang yang berumah tangga yang teratur) mengorbankan obyek-obyek indria ke dalam api indria-indria.

Bhagavad-gita 4.27
4.27 Orang lain, yang berminat mencapai keinsafan diri dengan cara mengendalikan pikiran dan indria-indria, mempersembahkan fungsi-fungsi semua indria, dan nafas kehidupan, sebagai persembahan ke dalam api pikiran yang terkendali.

Bhagavad-gita 4.28
4.28 Setelah bersumpah dengan tegas, beberapa di antara mereka dibebaskan dari kebodohan dengan cara mengorbankan harta bendanya, sedangkan orang lain dengan melakukan pertapaan yang keras, dengan berlatih yoga kebatinan terdiri dari delapan bagian, atau dengan mempelajari veda untuk maju dalam pengetahuan rohani.

Bhagavad-gita 4.29
4.29 Ada orang lain yang tertarik pada proses menahan nafas agar tetap dalam semadi. Mereka berlatih dengan mempersembahkan gerak nafas ke luar ke dalam nafas yang masuk, dan nafas yang masuk ke dalam nafas yang ke luar, dan dengan demikian akhirnya mereka mantap dalam semadi, dengan menghentikan nafas sama sekali. Orang lain membatasi proses makan, dan mempersembahkan nafas ke luar ke dalam nafas yang ke luar sebagai korban suci.

Bhagavad-gita 4.30
4.30 Semua pelaksanaan kegiatan tersebut yang mengetahui arti korban suci disucikan dari reaksi-reaksi dosa, dan sesudah merasakan rasa manis yang kekal hasil korban-korban suci, mereka maju menuju alam kekal yang paling utama.

Bhagavad-gita 4.31
4.31 Wahai yang paling baik dari keluarga besar Kuru, tanpa korban suci seseorang tidak pernah dapat hidup dengan bahagia baik di planet ini maupun dalam hidup ini; kalau demikian bagaimana tentang penjelmaan yang akan datang?



Bhagavad-gita 4.32
4.32 Segala jenis korban suci tersebut dibenarkan dalam veda, dan semuanya dilahirkan dari berbagai jenis pekerjaan. Dengan mengetahui jenis-jenis korban suci tersebut dengan cara seperti itu, engkau akan mencapai pembebasan.

Bhagavad-gita 4.33
4.33 Wahai penakluk musuh, korban suci yang dilakukan dengan pengetahuan lebih baik daripada hanya mengorbankan harta benda material. Wahai putera prtha, bagaimanapun, maka segala korban suci yang terdiri dari pekerjaan memuncak dalam pengetahuan rohani.

Bhagavad-gita 4.34
4.34 Cobalah mempelajari kebenaran dengan cara mendekati seorang guru kerohanian. Bertanya kepada beliau dengan tunduk hati dan mengabdikan diri kepada beliau. Orang yang sudah insaf akan dirinya dapat memberikan pengetahuan kepadamu karena mereka sudah melihat kebenaran itu.

Bhagavad-gita 4.35
4.35 Setelah memperoleh pengetahuan yang sejati dari orang yang sudah insaf akan dirinya, engkau tidak akan pernah jatuh ke dalam khayalan seperti ini, sebab dengan pengetahuan ini engkau dapat melihat bahwa semua makhluk hidup tidak lain daripada bagian Yang Mahakuasa, atau dengan kata lain, bahwa mereka milik-Ku.

Bhagavad-gita 4.36
4.36 Walaupun engkau dianggap sebagai orang yang paling berdosa di antara semua orang yang berdosa, namun apabila engkau berada di dalam kapal pengetahuan rohani, engkau akan dapat menyeberangi lautan kesengsaraan.

Bhagavad-gita 4.37
4.37 Seperti halnya api yang berkobar mengubah kayu bakar menjadi abu, begitu pula api pengetahuan membakar segala reaksi dari kegiatan material hingga menjadi abu, wahai Arjuna

Bhagavad-gita 4.38
4.38 Di dunia ini, tiada sesuatupun yang semulia dan sesuci pengetahuan yang melampaui hal-hal duniawi. Pengetahuan seperti itu adalah buah matang dari segala kebatinan. Orang yang sudah ahli dalam latihan bhakti menikmati pengetahuan ini dalam dirinya sesudah beberapa waktu.

Bhagavad-gita 4.39
4.39 Orang setia yang sudah menyerahkan diri kepada pengetahuan yang melampaui hal-hal duniawi dan menaklukkan indria-indrianya memenuhi syarat untuk mencapai pengetahuan seperti itu, dan setelah mencapai pengetahuan itu, dengan cepat sekali ia mencapai kedamaian rohani yang paling utama.

Bhagavad-gita 4.40
4.40 Tetapi orang yang bodoh dan tidak percaya yang ragu-ragu tentang kitab-kitab suci yang diwahyukan, tidak akan mencapai kesadaran terhadap Tuhan Yang Maha Esa; melainkan mereka jatuh. Tidak ada kebahagiaan bagi orang yang ragu-ragu, baik di dunia ini maupun dalam penjelmaan yang akan datang.

Bhagavad-gita 4.41
4.41 Orang yang bertindak dalam bhakti, dan melepaskan ikatan terhadap hasil perbuatannya, dan keragu-raguannya sudah dibinasakan oleh pengetahuan rohani sungguh-sungguh mantap dalam sang diri. Dengan demikian, ia tidak diikat oleh reaksi pekerjaan, wahai perebut kekayaan.

Bhagavad-gita 4.42
4.42 Karena itu, keragu-raguan yang telah timbul dalam hatimu karena kebodohan harus dipotong dengan senjata pengetahuan. Wahai Bharata, dengan bersenjatakan yoga, bangunlah dan bertempur.

Sumber : cakepane.blogspot.com

DAKSINA

 



Dalam LontarYadnya Prakerti, Daksina merupakan lambang dari Hyang Guru, Hyang Tunggal, dan Hyang Wisnu.
Selain itu Daksinamerupakan Tapakan, Palinggih, atau Sthana Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Daksina juga merupakan Yajnapatni yang berarti istri atausakti dari yadnya. Unsur-unsur yang ada diDaksina merupakan isi dari alam semesta yi 13 unsur yang merupakan lambang dari Triyo Dasa Saksi:
1. SEREMBENG/ BEBEDOGAN/ WAKUL DAKSINA
terbuat dari janur atau slepan yang bentuknya melingkar dan tinggi merupakan lambang dariSang Hyang Ibu Pertiwi, yang merupakan simbol bumi (Makrokosmos).
Pada umumnyaSerembeng Daksina ini terdiri dari Alas Serembeng dan Serembeng Daksina. Alas Serembeng ini merupakan lambang dari Ibu Pertiwi, dan Serembeng Daksina merupakan lambang akasa/Eter yang tanpa tepi.
2. TAPAK DARA
Tapak Dara terbuat dari dua potongan janur kemudian dijahit membentuk tanda tambah. Tapak Dara merupakan lambang dariSang Hyang Rwa Bhineda. Selain itu Tapak Dara adalah lambangSwastika yang berarti keseimbangan dan keadaan yang baik.
3. BERAS AMUSTI
Beras segenggam merupakan lambang dari Sang Hyang Bayu dan segenggam merupakan simbol dari kekuatan.



4. POROSAN
Porosan merupakan inti dari sebuah banten. Porosan terbuat dar sirih yang didalamnya terdapat pinang dan kapur. Porosan adalah simbol Tri Murti, sirih merupakan simbol dari Dewa Wisnu, Pinang merupakan simbol Dewa Brahma, dan Kapur merupakan simbol Dewa Siwa.
5. GEGANTUSAN
Gegantusan merupakan perpaduan isi daratan dan lautan, sad rasa: kacang-kacangan, bumbu-bumbuan (cabai, terasi, gula), garam, dan ikan teri yang dibungkus menggunakan keraras (daun pisang yang sudah kering).
Gegantusan merupakan simbol Sang Hyang Indra/Jiwatman.
6. PESEL-PESELAN
terbuat dari lima jenis dedaunan yang diikat menjadi satu yang merupakan lambang dari Panca Dewa/Dewata yang terdiri dari, daun duku/ceroringlambang Dewa Iswara, daun manggis lambang DewaBrahma, daun durian/langsat lambang Dewa Mahadewa, daun salak/mangga/juwet lambang DewaWisnu, dan daun nangka/timbul lambang Dewa Siwa.
Pepeselan merupakan lambang Sang Hyang Sangkara sebagai penguasa tumbuh-tumbuhan.
7. PANGI
Buah Pangi atau Kluwek dialasi dengan kojong, simbul Sanghyang Baruna dan merupakan sarwa phala
8. KELAPA
Kelapa yang digunakan adalah kelapa yang sudah dikupas kulit dan serabutnya dan disisakan ujungnya. Kelapa merupakan simbol dari Sang Hyang Surya atau Matahari yang merupakan cerminan dari Sang Hyang Sadha Siwa.

9. TELUR BEBEK
Telur bebek dibungkus dengan ketupat telur (Ketipat Taluh) atau dialasi dengan kojong. Telur bebek merupakan simbol dari Sang Hyang Candra atau bulan yang merupakan cerminan dari Sang Hyang Siwa.
10. TINGKIH
Tingkih atau kemiri dialasi dengankojong. Tingkih merupakan simbol dari Sang Hyang Tranggana atau bintang yang merupakan cerminan dari Sang Hyang Parama Siwa.
11. BENANG TEBUS PUTIH
Benang tebus putih dililitkan di ujung kelapa yang merupakan simbol dari Sang Hyang Aji Akasa atau awan.
12. PIS BOLONG/ UANG KEPENG
Uang kepeng 1 buah merupakan simbol dari Windu. Selain itu uang kepeng juga simbol dari Sunya, kosong atau embang.
13. CANANG SARI adl simbul Sanghyang Asta Aiswarya dan 5 arah angin



KENAPA HARUS MEMAKAI TELOR BEBEK ?
Daksina, merupakan salah satu bagian di dalam banten Pejati, disamping Peras, Ajuman dan Tipat Kelanan.
Ada pun unsur2 banten Daksina itu, antara lain : Buah kelapa, pangi, telor itik mentah (telor bebek), tingkih (Kemiri), benang tukelan, beras, Pis Bolong (uang kepeng) serta gantusan.
Dalam filosopinya, Daksina adalah perlambang alam semesta (Bhuwana Agung/Macrocosmos), dimana buah kelapa adalah perlambang "Matahari" (Sanghyang Surya)....wakul daksina atau "Bebedogan", adalah perlambang "Bumi" atau "Pertiwi"....Gantusan perlambang "Atman" atau "Jiwatman"....Tingkih (Kemiri) adalah perlambang "Bintang" atau "Trenggana"....Pangi adalah simbol "Segara" (laut) atau "Pengeleburan".....Telor itik mentah (telor bebek) adalah perlambang "Bulan" (Sanghyang Chandra)....Benang putih (benang tukelan) adalah perlambang "Akasa/Langit"...Uang Kepeng (Pis Bolong) perlambang "sunia" (alam gaib)....beras perlambang "Kemakmuran" dan kebahagiaan.
Penggunaan telor itik mentah atau telor bebek mentah di dalam banten Daksina, atau di dalam banten Pejati, adalah merujuk pada sifat2 "Satvam" (kesucian) yang dimiliki oleh bebek atau itik itu sendiri yang selalu dan begitu akur dengan sesamanya dalam segala apa pun. Lagi pula, binatang ini selalu "menyaring" atau memilah-milah makanannya terlebih dahulu sebelum menelannya.
Ini tentu berbeda dengan sifat2 ayam yang dipenuhi sifat2 "Rajah" (tamak/serakah). Dalam hal makanan misalnya, mereka sering saling berebutan, saling berbenturan dan bahkan "saling patuk" antara satu dengan yang lainnya. Karenanya, anda yang telah mengetahui filosopi tentang telor bebek ini, sebaiknya menghindari penggunaan telor ayam sebagai sarana kelengkapan ritual upakara (banten) Daksina, dimana hewan ini dipenuhi oleh sifat2 "Rajah" dan tidak mencerminkan sifat2 kesucian "Tuhan" (alam semesta/Bhuwana Agung).***

Rabu, 03 Januari 2024

Tiga Kategori Orang Melik; Tak Semua Bisa Melihat Roh Halus

 






Pandita Mpu Putra Yoga Parama Daksa dari Griya Agung Batur Sari, Banjar Gambang, Mengwi-Badung (DOK. BALI EXPRESS)



Orang yang melik dalam sebuah keluarga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Seseorang yang lahir melik biasanya lebih sensitif terhadap hal-hal secara niskala. Banyak orang beranggapan seseorang yang lahir melik memiliki umur pendek. Namun jika bisa merawat dan memperhatikan, tentu hal tersebut dapat dicegah. Akan tetapi tidak semua orang melik dapat melihat roh halus. Ada pula orang melik berdasarkan hari lahir yang lebih menjurus ke kehidupan duniawi.





PANDITA Mpu Putra Yoga Parama Daksa dari Griya Agung Batur Sari, Banjar Gambang, Mengwi, Badung menjelaskan, ada tiga kategori orang melik. Yang pertama adalah melik Adnyana. Orang yang lahir dalam kondisi melik Adnyana ini akan bisa merasakan atau bisa melihat roh halus, dan bahkan bisa berkomunikasi dengannya. Orang yang melik Adnyana biasanya diawali dengan mimpi-mimpi ke pura, bertemu orang berpakaian putih, bertemu Petapakan Bhatara (Rangda atau Barong). “Orang melik Adnyana biasanya bisa menjadi balian atau mangku,” jelasnya saat dihubungi via telepon.


Yang kedua adalah melik Kelahiran. Melik ini disebabkan kelahiran manusia itu sendiri. Ada beberapa macam melik Kelahiran seperti orang yang lahir di Wuku Wayang, anak tunggal, anak yang lahir berkalung tali pusar atau tiba sampir, anak yang lahir berbelit tali pusa dan tidak menangis atau tiba angker, anak yang lahir pada Kamis Pon atau Wuku Watugunung atau disebut Lintangan Bade. Kemudian ada anak yang lahir pada Jumat Paing atau disebut Lintangan Bubu Bolong dan anak yang lahir saat Tumpek, Tumpek Landep, Tumpek Kandang juga bisa dikatakan melik. “Tidak semua melik itu buruk. Bahkan bukan buruk, lebih kepada anugerah istimewa yang diberikan Tuhan. Tentu ada kelebihan dan kekurangannya juga. Kembali pada karma masing-masing. Seperti Lintangan Bade, anak yang lahir akan dekat dengan kematian dan Lintangan Bubu Bolong adalah anak melik yang sifatnya boros,” tutur Mpu Yoga.

Selanjutnya adalah melik Ceciren. Orang yang dikatakan melik Ceciren ini adalah orang yang memiliki tanda dalam tubuhnya. Terkadang terlihat di dunia niskala atau sekala. Tanda itu berupa salah satu senjata Dewata Nawa Sanga. Terdapat tahi lalat pada bagian kelamin, sujenan di bokong, rambut putih beberapa helai dan tak bisa hilang, serta jari tangan lebih. “Kelahiran melik terlihat dari tanda-tanda di tubuhnya, antara lain ketika lahir, badannya dililit tali plasenta beberapa kali putaran. Kelahiran seperti ini sangat jarang terjadi, dan kalau ada, kebanyakan mati beberapa saat sebelum keluar dari rahim ibunya. Ketika tumbuh berumur kurang lebih 2 tahun, rambut di kepalanya kusut (sempuut). Walau digundul, tumbuhnya sempuut lagi. Kepalanya mempunyai pusaran (usehan) tiga atau lebih. Lidahnya poleng (ada warna hitam/coklat). Ada tahi lalat besar (maaf) di kemaluannya. Semua itu cirinya,” tambahnya.

Dalam Lontar Purwa Gama disebutkan, anak yang memiliki melik mempunyai rerajahan sejak lahir yang dapat menimbulkan kematian, sehingga diperlukan upacara pebayuhan otonan melik pada si anak untuk menetralisir kekuatan tersebut, dan selalu ingat dalam melaksanakan suci laksana untuk mempertahankan dan meningkatkan kesucian diri. Rerajahan yang terdapat pada orang melik biasanya terdapat di telapak tangan, dijidat atau di bagian tubuh tertentu. Selain itu, juga bisa terdapat tanda senjata terkadang terdapat salah satu dari sembilan senjata pengider bhuwana, tergantung tugas yang diemban sang anak lahir ke dunia, dengan rerajahan senjata para dewa, seperti Bajra, Gada, Nagapasa, Cakra, Dupa, Angkus, Trisula, Moksala, Api dan Angin.

Ciri-ciri orang melik akan dapat diketahui ketika mepinunas atau metuun kepada sulinggih ataupun balian. Tentu jika ingin melihat tanda-tanda berupa sejata diatas pada orang melik tidak dapat dilihat dengan kasat mata atau oleh mata orang biasa.

Semakin cepat seseorang mengetahui dirinya memelik, maka semakin bagus. Sehingga akan segera dibuatkan upacara penebusan untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk dari memelik. Sesungguhnya orang melik itu adalah berkah bagi keluarganya, karena dia ibarat lokomitif atau pesawat terbang yang akan mengantarkan keluarganya ke alam kebahagiaan sekala-niskala. Maka tolong bantu dan bimbing orang-orang melik itu, karena dia akan berguna tidak hanya bagi keluarga yang memilikim tetapi juga bagi masyarakat luar.

Dalam sejarah Bali, ada contoh kelahiran melik yang sangat heboh, yakni kelahiran bayi tahun 1599, hasil perkawinan (tidak resmi) Dalem Seganing dengan Si Luh Pasek Panji. Ketika lahir, tubuh bayi itu seluruhnya berwarna merah darah, dan di malam hari dari ubun-ubunnya keluar sinar terang berwarna biru. Oleh karena itu, bayi itu dinamakan Ki Barak Panji. Ternyata setelah besar beliau sangat sakti, sehingga berhasil menjadi Raja Buleleng I dengan gelar I Gusti Anglurah Panji Sakti.

Mpu Yoga juga menuturkan salah satu cerita yang berhubungan dengan cerita orang melik ini. Ada kisah seorang raja bernama Raja Aswataki. Raja ini lama tidak memiliki keturunan. Maka ia melakukan pemujaan berupa Agni Holtra. Ia memuja Dewi Sawitri dan Dewi Gayatri setiap hari. Melihat ketulusannya, ia dianugerahi anak perempuan. Maka dinamai Sawitri. Sawitri tumbuh sebagai gadis yang cantik, baik dan penurut. Menginjak dewasa, Sawitri telah menyelesaikan tugasnya sebagai seorang Brahmacari. Tiba saatnya ia harus menginjak tahap Grahasta. Raja Aswataki menyarankan kepada putrinya Sawitri untuk memilih salah satu pemuda dari kenalannya. Namun Sawitri tidak mendapat satu laki-laki yang pas.

Suatu hari, Sawitri meminta izin untuk berjalan-jalan ke desa. Ia ingin melihat-lihat desa dan rakyatnya. Dan mungkin akan menemukan jodohnya disana. Raja Aswataki menyetujui dan merestui setiap pilihan putrinya. Ketika berjalan-jalan di desa, ia bertemu dengan pemuda sederhana bernama Satyawan. Putri Sawitri dan Satyawan saling jatuh cinta. Lalu pulanglah Saitri menemui ayahnya dan menyampaikan bahwa ia telah menemukan calon suami. Kemudian ia bertemu dengan Rsi Narada. Dalam penerawangan Rsi Narada, dikatakan Satyawan memiliki umur pendek. Sisa umur Satyawan hanya 4 tahun saja. Kemudian Raja Aswataki dan Rsi Narada menasehati Putri Sawitri. Namun Sawitri tetap bersikeras untuk menikah dengan Satyawan. Jika pun ia akan menjdi janda dalam waktu yang singkat, ia telah siap. Itu adalah karma yang harus ia terima di dunia. Mendengar pengakuan Sawitri, pernikahan pun dilaksanakan dengan restu dari kedua belah keluarga.



Singkat cerita, ajal Satyawan tinggal 4 hari lagi. Sawitri berpuasa dan berdoa setiap hari. Jangankan sebutir beras, setetes air pun tak ia konsumsi. Tibalah hari terakhir bagi Satyawan. Ia pergi ke hutan. Namun Sawitri ingin tetap mengikuti suaminya. Sampai di hutan Satyawan merasa kelelahan dan tidur di pangkuan Sawitri. Namun setelah beberapa lama, Satyawan tak kunjung bangun. Sawitri pun telah paham bahwa suaminya telah meninggal. Ditengah hutan itu Sawitri melihat sosok yang tinggi besar. Padahal sosok itu hanya dapat dilihat orang yang tidak biasa. Kepada sosok itu, Sawitri meminta satu permintaan untuk menghidupkan suaminya. Tanpa negosiasi yang alot permintaan itu pun dikabulkan. Maka hiduplah kembali Satyawan mendampingi Sawitri.

Anak melik biasanya “kerinyi” (sensitif, mudah tersinggung, mudah marah). Jadi ia perlu diperlakukan beda, misalnya kamar tidurnya harus selalu bersih dan suci, ada pelangkiran diatas hulu tidurnya. Ia perlu sering-sering melukat ke grya, makanannya dijaga agar selalu memakan makanan yang satwika. Banyak bergaul dengan orang-orang suci, karena dia merasa dekat dengannya. Kalau makin dewasa, berikan pelajaran agama yang intensif, panggilkan guru agama ke rumah untuk les, dan berikan pelajaran spiritual secara bertahap. “Nanti ia akan berumur panjang dan menjadi orang suci, karena rohnya sudah dalam kondisi siap menerima lanjutan kemampuan supranatural,” ungkap Mpu Yoga.

Selain melakukan pebayuhan, seseorang yang melik juga harus dijaga makanannya, jangan sampai makan makanan kotor sekala niskala. Pada umumnya orang melik pantang makan darah, tulang dan jeroan. Pantang juga memakan daging sapi, ular, anjing serta pantang minum arak, tuak, berem maupun minuman beralkohol lainnya. “Idealnya adalah makan makanan organik dan vegetarian,” kata dia.

Lalu yang terpenting berikutnya adalah, jangan melakukan hubungan sex di luar pernikahan. Jangan menginap dan tidur di sembarang tempat. Kalau terpaksa, maka sebelum tidur harus dilakukan pembersihan dan pengamanan terlebih dahulu. “Sebenarnya jika sudah punya guru, maka guru itu pasti mengajarkan tata cara ini,” tutupnya.

(bx/dhi/yes/JPR)