Rabu, 06 Maret 2024

RITUS NYEPI

 


Rahayu, dumugi sami sehat dan bahagia, tabik pekulun
Sebelum membahas tentang NYEPI ada baiknya tiang sampikan kutipan teks salinan lontar sundarigama tentang teknis pelaksanaan nyepi untuk kita jadikan bahan diskusi dan landasan dalam mengurai dari RITUS NYEPI disamping itu sebagai bahan renungan kita tentang pelaksanaan nyepi.
……….. Antari cetra masa, Kresnapaksa, patiga welas, wenang LALASTIAKNA ikang pratima ring sagara, prayoganira Sang Hyang Rwa Wisesa, nga, Sang Hyang Pramesti Guru kalawan Sang Hyang Giri Indra Putri, nga, ika wenang lalastiakna ka segara mwang manca sedaya, nga, ingiring dening prasanak maka putu sedaya mwang saha widi wedananya,
HIDANGAN sagenep katur ring arepan Sang Hyang Baruna, nanceb sanggah tutuan, 1, munggah suci, 2, sagenep, guling itik putih, daksina, 1, ketipat sodan, 1, canang wangi wangi, pasucian sagenep, jinah, 1700, mwang jauman genep, ketipat sodan, sasayut panyeneng, muwang tulung urip, 7, tulung sangkur, 9. canang oyodan, 2, canang puwitra, 4, lis sanjata, saha tegen-tegenan, ayam itik sami pada putih, ketan, injin, beras bang, putih.
Mwang pangleb ka segara, suci, pras pangambean, SESAYUT MRETASARI, sasantunya maka pangeleb ka segara, 700, jauman padamblah
wus mangkana, malih muspa ka segara, wong kabeh nunas swahayu bhuana IDA SANG MAWABUMI tur masangkrura, MASAHEGAN SAMI-SAMI, telas.
Raris mantukakna kunang pratima kabeh, JEJERAKNA RING YASA AGUNG, aturakna datengan kala wengi.
Ring benjang ring Kresnapaksa Catur Dasih, wenang MECARU BHUTA YADNYA, nga, nista madya utama, nglaben Sang Bhuta Raja mwang Balawan Bhuta Kala Bala, sega sasah, kwehnya 108 tanding, mabe jejero matah, segeh agung, 1, sinambat, Bhuta Bala, muwang Kala Bala.
Wusan mecaru antukakna punang pratima kabeh, rauh ring yogan Idane aturakna padatengan saha canang panyimpenan, wus nyimpen raris NGERUPUK, ngamantukakna sarwa bhuta kala kabeh mwah mangunduraken sasab merana ring desanya,
sa, obor-obor dening agni saprapak, sembar ring kasuna jangu, mantraning dening sarwa tatulak panca agung, iderang ring umah mwang pakaranganya, dening gni ika, ring telas mangkana.
Ikang wong jalu istri kabeh, wenang abyakala ring natar, ngayab sasayut pamyak kala, sasayut caruh melahradan mwang prayascita.
Ring benjangnya, wenang anyampi mati gni, tan wenang anambut karya, tan wenang amasang gni, ri swarane tan wenang.
Sang weruh ri tatwa semadi, GELARANA YOGA SEMADI, apan suciang Ida watek dewata kabeh, hana ring telenging Samudra……….
Rahayu, dumugi bisa dibaca dan ngiring kita bahas satu persatu dari petunjuk dalam kutipan teks Salinan Lontar Sundarigama tersebut diatas,

Nyepi Menurut Teks Lontar Sundarigama
Sesungguhnya dalam pelaksanaan RITUS NYEPI yang utama adalah pemahaman MELASTI yang dilaksanakan di segara, danau, tukad, beji (manut sekadi sima dresta ring masing2 desa) dan pelaksanaan ritus nyepi tidak sama dilaksanakan di setiap desa, bahkan pelaksanaan nyepi hari-nya ada yang berbeda bahkan ada desa yang tidak melaksanakan nyepi, dulunya.
Kenapa upacara nyepi tidak sama pelaksaannya dan tempatnya juga ada yang berbeda seperti tersebut diatas, desa satu dengan desa yang lainya?
Karena yang melandasi ritus nyepi adalah KEPUTUSAN HULU PADA dari masing2 wilayah desa yang tertuang di dalam lontar-lontar yang tersimpan di masing-masing lembaga (puri dan griya) setempat berada. (wong kabeh nunas swahayu bhuana IDA SANG MAWABUMI) sebagai contoh kita jumpai tradisi di Bali ada Nyepi Alas, Nyepi Segara, Nyepi Desa, Nyepi Carik dll
Karena kehilangan sumber tentang teknis pelaksaan ritus nyepi di setiap masing-masing desa dan tidak lagi menggunakan KEPUTUSAN HULU PADA (Lembaga Puri) maka keputusan tentang teknis (rangkaian) ritus nyepi sekarang di ambil oleh pemerintah melalui organisasi umat yaitu PHDI sehingga pelaksanaan ritus nyepi di seragamkan dan di buatkan makna nyepi adalah perayaan Tahun Baru Caka (mohon maaf ini hanya perspektif tiang saja, mungkin salah silahkan abaikan saja)
Apakah ada petunjuk lontar yang menyebut bahwa nyepi adalah perayaan tahun baru caka tiang juga ingin tahu minta tolong semeton kalau punya ngiring wedaran mangde jangkep pemahaman kita tentang nyepi
Nyepi tidak bisa kita lihat hanya pada saat pelaksaan catur brata penyepian saja tapi RITUS NYEPI menurut Lontar Sundarigama merupakan rangkaian prosesi ritus yang dilakukan oleh masyarakat Gama Bali dengan tujuan kemakmuran dan kesejahtraan (keseimbangan antara Bhuana Alit dan Bhuana Agung) yang prosesnya sebagai berikut;
Rangkaian dari ritus nyepi diawali dengan MELASTI, apa sesungguhnya makna dari melasti pada saat nyepi, apakah melasti tujuannya memandikan arca ?, apa tujuan sesungguhnya dari melasti pada saat nyepi ? hali ini sangat penting dipahami karena melasti yang menjadi esensi dari ritus nyepi itu. (ampura tiang tidak akan bahas lebih dalam tapi dalam kesempatan ini)
Untuk bisa memahami melasti tiang hanya akan sampaikan dari perspeksif kutipan Lontar Sundarigama diatas bahwa yang di “iring” ke segara adalah Ida Sang Hyang Rwa Wisesa, siapakah beliu? beliau adalah BHATARA ARDENARESWARI yang berstana di Kahyangan Puseh (Lingga Maharata/Gunung Batur) dan di Kahyangan Dalem (Lingga Maha Agung/Gunung Agung) diiringi oleh para Manca, Prasanak mwang Putunya¸yang akan memberikan (menganugrahkan) TIRTA AMERTHA kepada masyarakat Gama Bali untuk kesejahtraan dan kemakmuran jagat dan isinya.
Di bawah ini adalah salah satu kutipan lontar yang memuat tentang tujuan dari melasti;
…….. “saluwir ampilan gagaluh riwusin ngiyasin sami amuli ngabejiang, maduluran HIDANGAN, suci abesik, meduluran honya honyan, sopakaraning dewa, kairing antuk dadyane sami, pada mabresih, mawastra akampuhan, acacawet, maduluran agegitan, sarawuh ring beji, banten HIDANGANE KATUR RING BHATARI GANGGA, sucine katur ring arcane, de mangku atur ature irika mawitang pangeresikan pralinggane ring bhatari gangga RARIS NUNAS TIRTA AMERTA RING BHATARI GANGGA, maka daging panglukatane ngamertaning dadyane samiri sampun puput sapula paline ring beji raris budal”………
jadi kalau dilihat dari upakara HIDANGAN yang di haturkan ke Ida Bhetara Baruna bahwa sesungguhnya kita memohon TIRTA AMERTA
Setelah selesai melasti maka Ida Bhetara Kabeh melinggih ring Bale Agung dan Ida Bhatara katuran datengan dan pemendakan dengan ritus pengilen pemangku

Rangkaian Mecaru Bhuta Yadnya
Di tingkat rumah dilaksanakan natab sesayut ……..”wenang abyakala ring natar, ngayab sasayut pamyak kala, sasayut caruh melahradan mwang prayascita”……...
Di tingkat Banjar dilaksanakan Upacara Meprani diawali dengan upacara pemarisuda bhumi (pembersihan dan penyucian bhuana agung dan bhuana alit) dalam sekala kecil yakni ruang lingkup banjar dan krama banjar dengan upakara caru eka sata (ayam brumbun) sebagai sarana pengharmonisan alam sekala dan niskala, sedangkan krama Banjar membawa (menghaturkan) Banten prani
Jadi upacara Meprani adalah ungkapan rasa syukur dan bhakti kehadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa dengan mempersembahkan banten serta hidangan (prani) untuk memohon kesejahteraan semua mahluk (sarwa prani) dan alam semesta.
Setelah dilakukan BHAKTI PEPRANIAN (meprani) semua krama beramah tamah dengan makan bersama menikmati LUNGSURAN PRANI (nasi, lawar, sate serta kuah dan lain-lain) yang ada di banten prani tersebut, sebagai simbul ANUGRAH AMERTA Ida Sanghyang Widhi Wasa kepada kita semua.
Ritus ini memiliki nilai sosial yang sangat penting dan penuh makna untuk mempererat RASA yakni kebersamaan antar sesama warga banjar. Walaupun ritus meprani sudah menghilang di beberapa daerah (makan lungsuran banten prani bersama di banjar) ritus meprani di beberapa tempat masih tetap berlangsung.
Di Tingkat Desa melaksanakan TAWUR untuk ruang lingkup yang lebih luas dengan menghaturkan caru panca sata. Caru dilakukan (dipusatkan) di catus pata desa
Demikian seterusnya dalam sekala yang lebih besar, dengan harapan alam semesta beserta dengan isinya kembali dalam kesimbangan (stabil) yang dalam bahasa balinya disebut dengan gumi degdeg / gumi enteg suci nirmala.
Setelah ritus Tawur Kesanga maka semua Pretima atau prelingga Ida Bjeyata katuran mewali ke peyogan Ida Bhetata mgelantur Ngerupuk
Renungan kita bersama MASIHKAN KITA MEPAKSANAKAN RITUS NGERUPUK DI RUMAH KITA seperti yang tertuang dalam teks tersebut diatas???
Besoknya melaksanakan CATUR BRATA PENYEPIAN atau NYEPI dan yang paling utama dari nyepi ini adalah petunjuk dari lotar tersebut diatas; Sang weruh ri tatwa semadi, gelarana yoga semadi, apan suciang Ida watek dewata kabeh, hana ring telenging Samudra INILAH INTINYA
Selanjutnya esok harinya Ngembak Gni yang maksud dan tujuannya adalah ritus ngelebar catur brata penyepian
Renungan nyepi, semoga hati kita damai selalu
Ritus yang paling mendasar dari rangkaian kegiatan nyepi adalah MELASTI, PENAHURAN SASIH dan NGLABEN Sang Bhuta Raja mwang Balawan Bhuta Kala Bala, bagaimana teknis pelaksaanya sesungguhnya sangat sederhana dan jelas di sebutkan dalam kutipan lonter tersebut diatas sampai kepengrupukan dan tirta yang dipakai untuk nyomya Bhuta Bala, muwang Kala Bala sudah di buat di setiap desa, yang menjadi pertanyaanya;
Kenapa pelaksanaan tawur yang dilaksanakan di masing-masing desa harus menunggu tirta penyomya dari pemerintah ???
Terus apa fungsi tawur kesanga di masing masing desa kalau memang harus menunggu tirta caru dari kabupaten???
Rahayu, semoga ada manfaatnya kelungkung semarapura kirang langkung nunas sinampura

Sabtu, 24 Februari 2024

BHAVANA VIKRAMA MEDITASI

 

diuraikan lengkap pada Lontar Darma Panuluh.
Visi hidup saat ini adalah yang menentukan arah kehidupan dimasa yang akan datang, sebaliknya adanya hidup hari ini karena tindakan kita dimasa lalu.
Menyia-nyiakan hidup disaat ini adalah pertanda tidak ada masa depan yang terang dan gemilang, begitu juga kegalauan hidup saat ini karena ulah dimasa lalu yang pernah menyia-nyiakan waktu.
Melihat rumusan hidup diatas, berarti WAKTU sangat penting untuk dijadikan momen kesadaran dalam kehidupan. Momen kesadaran adalah pintu kebahagiaan hidup saat ini, dan momen kesadaran juga merupakan ruang kedamaian dimasa yang akan datang.
Kesadaran adalah sifat pengetahuan, memahami fenomena hidup saat ini, sampai mengenali sebab terjadinya fenomena hidup adalah sifat atau prinsip dari BHAVANA VIKRAMA MEDITASI.
Pengetahuan yang ditawarkan dalam penggalian Bhavana Vikrama Meditasi adalah peta dari kesadaran yang lalu, kesadaran hari ini dan kesadaran masa yang akan datang, serta rencana kehidupan matang dimasa sekarang dan yang akan datang.
....maka itu kesadaran yang dilandasi pengetahuan yang mapan dikenal JNĀNA. Pengetahuan ini akan membawa manusia pada tingkatan hidup yang lebih mulya, sejahtera dan damai sepanjang waktu.

Pengetahuan hanya mampu diserap melalui terbukanya kelima otak manusia pada tiga posisi aktifnya, dikenal Pranavajra. Pengetahuan yang turun kedalam tubuh manusia harus ditempatkan pada terbukanya lima helai kelopak padma bathin yang sempurna, dikenal Vajranala. Pengetahuan hanya mampu diwujudkan pada sepuluh indra terbaik melalui Samadhi.
Jalan meditasi Bhavana Vikrama adalah tindakan pada ruang dan waktu yang tepat untuk menyerap pengetahuan yang sempurna yang berasal dari alam semesta, berasal dari kehidupan masa lalu, agar bisa dijadikan pengetahuan dimasa kini yang supragenius, untuk dapat mengungguli musim penderitaan saat ini dengan wujud covid 19.
Menyadari kehidupan yang penuh misteri dan sangat rumit ini, jika dipikirkan secara manusia standar tidaklah sanggup, maka gunakanlah pikiran yang supragenius yang bersumber pada kompilasi atau gabungan serapan pengetahuan alam yang sangat luas dengan kumpulan karma kebajikan dari masa lalu, kini dan rencana baik kedepan.
Itulah yang ditawarkan dalam MEDITASI BHAVANA VIKRAMA sebagai praktek Vajrajnana Yoga tingkat dasar pada Sangga Jnana Budhaireng.

ROGA SENGARA BHUMI

 


amanah leluhur yang terabaikan *)
Nihan Widhi Śāstra ;
Roga Sangara Bumi, saking nīti Bhagawān Dharmaloka, katama de Sang Aji ring Majapahit, tekaning Bali Madya.
apa luwirnya ;
ritatkalaning ganti kali bhūmi, dewata matilar ring madhyapada, mantuk maring swargan mahameru, ginantianing bhūta, sabhūmi sami wang kasusupan bhūta, bahur ikāng jagat perang sumelur, ratu ameseh lawan pada ratu, gering sasab marana tan pegat pegat, ngendah laraning wang, gumigil panas uyang, akweh pejah, desa tepi ning tasik tebening agering, mutah mising kadadak ita bingung,
Weda mantra tanpa sari, mati, mantra usada punah. pan aywa tan yatna Sang Bhujangga Aji, angemit praja mandala.
Anggawe kayowananing rat, danakena watek paṇḍitaaji, angūncaraken weda, angūndurakẹṇ gering marana ika, anggelaraken mantra, ākāśāstawa. Ita Buddhi, anggelaraken Weda, bāyu astawa, sang pandita byuh sisya, anggelaraken teja astawa, sādhana wedyasuci, mapanggungan ring pangabhaktyan sang ratu, lukat ikang bhūmi antuk HOMA TIRTHA PAVITRA, duluran nawa ratna paideran, tekaning jadma kabeh ka angabhakti aneda urip dulurin pracaru ring lawang lawang.

Mwang sang amawa bhumi, sabanwarakrama, sapunpunya teka wenang mapinunas, āra ring giri, ring hyang Druwaresi ākāśa, ngaturang guru piduka, Bhatara Bali, mwah ring Hyang Baruna, ring Hyang Catur Raksa Gni, mangkana kajaring Widhi Śāstra,
Mantra;
Om, Pukulun hyang Ratnangkara, Hyang sagara geni, manusanira nunas urip bhuktinen sajinira dana becik.
Ong, sidhirastu yanamah swaha.
Situasi semakin buruk, kehancuran alam, bencana alam, penyakit mewabah, racun menjadi makanan biasa, pembunuhan , perang antar kelompok..... gambaran kondisi seperti ini sudah dituliskan pada lontar Roga Sengara Bhumi serta solusinyapun juga sudah diberikan, tapi kenapa sang bhaka masih tidak sadar dan eling juga ?
Kami dari Sangga Vajrajnana, Padukuhan Budhaireng akan melaksanakan ritual Homa Wisudha Bhumi, Nawa Ratna dan Pangunduran Bhuta Cuil, pada akhir bulan katiga, sebagai wujud kepedulian kami pada bhumi.
Dipaparkan juga dalam tutur Budha Kstigarbha, bahwasanya masa transformasi bhuta cuil dan preta sudah berakhir berkeliaran di atas bhumi dan harus kembali melanjutkan masa pemurnian dialam Niraka Avici.
Untuk itu kami dalam mengaplikasikan tutur widi sastra tersebut yakni mengikuti arahan sebagai Sang Bhujangga Aji untuk ikut andil dalam pembukaan pintu Niraka Avici melalui alunan Jambhala Samadhi, agar bisa mengalirkan air pavitra pada Sapta Samudra, dengan membuat Agni Mandala Samudra dengan olahan batin para praktisi Vajrajnana, yakni Mahaguhya dan Paramaguhya.
Demikianlah informasi dari redaksi sangga Vajrajnana, semoga para pemirsa dan para sahabat dapat memikirkan lebih dalam lagi, bahwasanya, masih banyak ritual leluhur Bali Kuno yang belum tergali, dan jangan sampai dikonversi ritual ajaran luar yang belum tentu benar dan sesuai dengan arahan atau warisan leluhur nusantara.
Rahayu Rahayu Rahayu....

PRALAYA [ KEHANCURAN PERADABAN MANUSIA ]

 


Pralaya dalam itihasa Mahabaratha ( Adhiparwa ) adalah saat kembalinya Rohani Sri Wishnu dari tubuh fisik Prabhu Kresna menuju alam kawisnuan.
Dalam kisahnya yang sangat memilukan, dimana pada saat itu, air berubah menjadi racun, ilalang berubah menjadi senjata, laut meluap kedaratan, gunung meletus dan yang paling mencengangkan adalah penyakit hampir menggerogoti seluruh tubuh manusia dan hewan.
Hanya satu kesadaran yang bisa mampu bertahan hidup saat itu, adalah mereka yang memiliki kesadaran rohani yang ganda, dikenal Gandabyuha, bahkan kesadaran empat alam sekaligus yang dikenal Vajra Sungsang.
Pralaya adalah kondisi dunia dalam kondisi yang paling mencengangkan, karena benar-benar diluar dugaan seluruh manusia. Pralayamemiliki sifat penghancuran dari dalam dirinya sendiri, dan juga dari penghancuran dari luar tubuhnya, seolah tidak ada lagi perlindungan semesta apapun.
Musuh itu bukan serangan luar yang menghujam dengan senjata tajam, tapi serangan mental dan kejiwaan dirinya akibat buta aksara sampai akhirnya buta bathin.
Kematian itu bukan lagi sifat hilangnya seketika tubuh fisik dan rohani, tapi mati pelan-pelannya kesadaran diri sampai akhirnya sampai hilangnya kesadaran fisik.
Dalam lontar Roga Senggara Bhumi dinyatakan bahwa seluruh para dewa telah meninggalkan bhumi menuju akasa, dan digantikan oleh para Bhuta yang sebelumnya hanya tinggal dialam bawah.
Pralaya diakibatkan oleh kehendak manusia dalam evolusi kesadarannya yang menurun, maksudnya adalah kesadaran manusia sebagai tubuh sempurna yang bertugas untuk melakukan transformasi alamiah pada kehidupan dan lingkungannya sudah tidak ada lagi.
Hanya kesadaran tubuh fisik saja yang difahami, tubuh fisiknyalah yang mengharuskan hidup dengan selalu mencari makanan dan minuman, terkadang hanya untuk memuaskan nafsu birahinya mereka rela merendahkan kesadarannya dengan mencuri dan merampok milik orang lain.

Dalam kondisi pemenuhan tubuh fisik yang tanpa kesadaranlah awal pralaya manusia itu, makan tanpa tahu kandungan murni, tanpa rupa zat hidup, tanpa sadar banyak racun yang dikonsumsi, bahkan energi buruk makanan karena makan makanan dari karma buruk.
Makan yang sudah tidak alamiah yakni waktu makan sudah tidak sesuai dengan waktunya, sehingga matahari sebagai energi pembakar tidak berfungsi.
Lingkungan dan suasana makan sudah tidak lagi menyertakan unsur prana sebagai asupan energinya. (*Pranavajra istilah dalam jnanayoga ).
Tidak ada lagi ruang holistik jiwanya yang murni ( pranajiwa ), hampir tidak ada rasa kemanusiaan ( dhurjāna ), hampir tidak ada lagi persepsi hidup kemulyaan ( bhojangga ) kesucian ( sati ) dan kasunyataan ( anta ).
Seluruh tubuh berisikan hanya tumpukan racun, lemak berlebihan dan daging yang penuh dengan darah racun yang berbisa dari makanan instan dan sifat energi pralaya yang menyebar dialam ini.
Pikiran hanya isinya fantasi pemuasan nafsu birahi dan pesona hidup mewah dan banyak lagi yang belum tersingkap didalam tubuh tanpa kesadaran ini.
Pralaya juga diwarnai oleh bertemunya seorang guru palsu yang selalu menjual belikan atas nama pengetahuan, dengan para siswa dungu yang tidak memahami prinsip dasar guron aguron.
Tindakan guru palsu ini sangat menjijikan, nista bahkan bisa dikatakan sosok penjahat pengetahuan. Karena kebutuhan ekonomi siguru palsu dengan sengaja mengeksplorasi dana murid dungu ini untuk kepentingan pribadi.
Demi sebuah penghargaan semu, nama abhiseka palsupun disandangnya tanpa tahu pasti pengertian yang sesungguhnya.
Begitupun si anak dungu dengan bangganya selalu mencium tangan amis siguru palsu, mengalungkan bunga pada foto kebanggaannya, dan tindakan dungu lainnya, seolah tidak ada lagi prinsip kareshian yang dikenal dasa siksha.
Demikianlah sedikit redaksi pagi ( isvara tutur nada ) dari kami dikaki gunung agung, semoga menjadi inspirasi bagi yang sedang menapak jalan kesadaran hidup dan menjadi obat buat mereka yang sedang kebingungan dengan diri pribadinya.
Vajra Kilikilaya Sarva Vighnam, Bham Hum Phat....
Rahayu...

Jumat, 23 Februari 2024

DANG HYANG DWIJENDRA/NIRATHA




DANG HYANG DWIJENDRA/NIRATHA

Untuk membuka lembaran Riwayat Hidup Danghyang Dwijendera terlebih dahulu saya menghaturkan pangastuti dengan terjemahan dari Dwijendra Stawa dengan tembang Kidung Demung Wilis :

Ya Tuhan, ampunilah kami, semoga tidak tertimpa kutuk dan kualat, karena kami kini memuja Dhanghyang Dwijendra yang merupakan guru suci, yang menganugerahkan ajaran ilmu pengetahuan suci, Ajaran Ketuhanan Hindu di Bali berupa weda – mantra – nyanyian-nyanyian suci – tingkah laku – peradaban hidup, dengan lima yadnyanya, antara lain Dewa Yadnya, yang selalu membuat ketentraman rasa bathin, selamat sentosanya jiwa kami, semoga berhasillah cita-cita kami, Negara kami selamat sejahtera untuk diselenggarakan …

Dalam Dwijendra Tattwa dikisahkan sebagai berikut :“Pada Masa Kerajaan Majapahit di Jawa Timur, tersebutlah seorang Bhagawan yang bernama Dang Hyang Dwi Jendra.

Beliau dihormati atas pengabdian yang sangat tinggi terhadap raja dan rakyat melalui ajaran-ajaran spiritual, peningkatan kemakmuran dan menanggulangi masalah-masalah kehidupan. Beliau dikenal dalam menyebarkan ajaran Agama Hindu dengan nama “Dharma Yatra”.

Di Lombok Beliau disebut “Tuan Semeru” atau guru dari Semeru, nama sebuah gunung di Jawa Timur.”

Dengan kemampuan supranatural dan mata bathinnya, beliau melihat benih-benih keruntuhan kerajaan Hindu di tanah Jawa.
Maksud hati hendak melerai pihak-pihak yang bertikai, akan tetapi tidak mampu melawan kehendak Sang Pencipta, ditandai dengan berbagai bencana alam yang ditengarai turut ambil kontribusi dalam runtuhnya kerajaan Majapahit (salah satunya adalah bencana alam “Pagunungan Anyar”

Akhirnya beliau mendapat petunjuk untuk hijrah ke sebuah pulau yang masih di bawah kekuasaan Majapahit, yaitu Pulau Bali.
Sebelum pergi ke Pulau Bali, Dang Hyang Nirartha hijrah ke Daha (Kediri), lalu ke Pasuruan dan kemudian ke Blambangan.
Beliau pertama kali tiba di Pulau Bali dari Blambangan sekitar tahun caka 1411 atau 1489 M ketika Kerajaan Bali Dwipa dipimpin oleh Dalem Waturenggong. Beliau mendapat wahyu di Purancak, Jembrana bahwa di Bali perlu dikembangkan paham Tripurusa yakni pemujaan Hyang Widhi dalam manifestasi-Nya sebagai :
*Siwa,
*Sadha Siwa, dan
*Parama Siwa.

Dang Hyang Nirarta dijuluki pula Pedanda Sakti Wawu Rawuh karena beliau mempunyai kemampuan supra natural yang membuat Dalem Waturenggong sangat kagum sehingga beliau diangkat menjadi Bhagawanta (pendeta kerajaan). Ketika itu Bali Dwipa mencapai jaman keemasan, karena semua bidang kehidupan rakyat ditata dengan baik.

Hak dan kewajiban para bangsawan diatur, hukum dan peradilan adat/agama ditegakkan, prasasti-prasasti yang memuat silsilah leluhur tiap-tiap soroh/klan disusun. Awig-awig Desa Adat pekraman dibuat, organisasi subak ditumbuh-kembangkan dan kegiatan keagamaan ditingkatkan. Selain itu beliau juga mendorong penciptaan karya-karya sastra yang bermutu tinggi dalam bentuk :
tulisan lontar, kidung atau kekawin


Pura-Pura Dang Kayangan yang didirikan dalam rangkaian Dharmayatra Dang Hyang Nirartha

1. Pura Dang Kahyangan Pura Jati
Di Pura Jati adalah menandai kedatangan Dang Hyang Nirartha yang bertongkat tangkai pohon kayu jati. Semula tempat itu begitu kering. Setelah Dang Hyang Nirartha menancapkan tongkat tangkai kayu jati ke tanah, kemudian dari bongkahan tanah itu mengeluarkan air yang jernih. Sekarang dapat kita saksikan keganjilan dan kebesaran Tuhan ini, dan bongkahan pohon kayu jati kembar dempet yang berusia 500-an tahun lebih itu menyembul mata air yang tiada pernah kering, sekalipun di musim kemarau.

- JUAL ES KRIM / ES PUTER PERNIKAHAN KLIK DISINI

2. Pura Indra Kila. Pura Indra Kila adalah tempat Dang Hyang Nirartha mengajarkan berbaga pengetahuan keagamaan kepada masyarakat setempat. Masih banyak bangunan suci yang berhubungan dengan dharmayatra Dang Hyang Nirartha di Bali, di antaranya:

3. Pura Dang Kahyangan Srijong di Batulumbang, Antap Selemadeg, Tabanan untuk memuja Bhatara Sagara.

4. Pura Dalem Mangening di Renon, tempat persinggahan Dang Hyang Niratha dan sempat mengajar masyarakat berbagai keterampilan bertani dan pengetahuan kerohanian.

5. Pura Pucak Empelan Dalem Semeru di Belayu, Marga Tabanan. Pura Pucak Empelan Semeru di Belayu Tabanan, adalah pura yang dibangun oleh Dang Hyang Nirartha sedatang beliau melakukan dharmayatra di Lombok. Pembangunan pura ini sebagai penanda keberhasilan Dang Hyang Nirartha mengajar Gama Metu Telu di Lombok. Patung Dang Hyang Dwijendra yang disebut Tuwan Semeru yang distanakan di pura Pucak Empelan ini memakai songkok/peci

6. Pura Katyagan di desa Kamasan Klungkung. Pura ini adalah bekas pasraman (Gria) Dang Hyang Nirartha saat menjadi purohita kerajaan. Para penyungsung pura Katyagan terus melakukan pembenahan dan perbaikan pura sehingga kekhasannya menjadi lebih asri.

7. Pura Katyagan di desa Kamasan Klungkung. Pura ini adalah bekas pasraman (Gria) Dang Hyang Nirartha saat menjadi purohita kerajaan. Para penyungsung pura Katyagan terus melakukan pembenahan dan perbaikan pura sehingga kekhasannya menjadi lebih asri.

8. Pura Taman Bagenda di Gelgel. Berdasarkan buku beraksara Bali ” Panataran Batu Lepang Puser Brahmana Kaniten (1958:10) menyebutkan, sedatang Dang Hyang Nirartha bersama Dalem Waturenggong dari Teluk Padang, Dalem memerintahkan kepada para abdi beliau di Istana Gelgel (Sweccha Pura) untuk mempersilakan Sang Maha Muni tinggal di Taman Bagenda, disebelah Utara Pura Dasar Gelgel. Dalam perkembangan kerajaan Bali, Pura Taman Bagenda dipergunakan sebagai pasraman tempat pertemuan para wiku kerajaan. Piodalan, Purnamaning Sasih Kapat.

9. Pura Taman Pancaka Tirtha, di desa Kamasan Klungkung, di dibangun oleh Ida Pedanda Telaga Tawang Cucu Dang Hyang Nirartha. Upacara Anggara Sasih Tambir

10. Pura Seganing, desa Siku, Klungkung. Tempat pasucian Ida Pedanda Sakti Ender (Talaga), putra Dang Hyang Nirartha. Piodalan Anggara Kasih Tambir.

11. Pura Gemblong, tempat pasucian Ida Bhatari Istri Rai kakak dari Ida Pedanda Sakti Telaga. Tempat ini dipergunakan Ida Bhatari Istri Rai menyempurnakan ajaran kerohanian yang diterima dari Dang Hyang Nirartha sebelum beliau balik ke Tanah Jawa, yang kemudian oleh orangorang Jawa disebut Syekh Siti Jenar. Upacara Anggra Kasih Tambir. Pura Grya Giri Taksu Dwijendra/Pura Sakti Mrajan Peling, di Kamasan Klungkung. Dibangunkan oleh Ida Pedanda Sakti Lor, putra Dang Hyang Nirartha.

12Pura Bhatara Sakti Bawu Rawuh, di Subak Jumpung desa Siku. Pasraman (Gria) Dang Hyang Nirartha di Siku Kamasan. Pura Bhatara Sakti Bawu Rawuh kini sedang diusahakan dibangun oleh Ida Pedanda Ketut Keniten Grya Anyar Jumpung Dawan Kelod, Klungkung dan Ida Pedanda Gde Grya Jumpung Kamasan, Klungkung. Piodalan Purnama Sasih Kalima.

13. Pura Selang (Pura Grya). Pada tulisan ini penulis juga inpormasikan pura peninggalan Dang Hyang Nirartha yang terdapat di ujung Timur pulau Bali, yaitu Pura Selang di desa Seraya, Karangasem. Pura ini adalah tempat Dang Hyang Nirartha mengajarkan berbagai pengetahuan lahir dan batin kepada masyarakat setempat, utamanya memuja Sang Hyang Ibu Pertiwi. Masyarakat setempat sangat meyakini kekeramatan pura Selang desa Sraya ini. Mereka yakin sekali, aura pura dapat menj aga wilayah desa dan segala wabah dan marabahaya. Sekarang pura ini sedang diusahakan untuk dipugar kembali.

14. Pura Ponjok Batu di desa Kubu Juntal Buleleng. Tempat Dang Hyang Nirartha bermeditasi dan berdiri memandangi lautan lepas ketika akan melanjutkan dharmayatra ke Sasak. Dalam teks Dwijendra Tattwa disebutkan, setelah beliau berhasil membantu para juragan perahu asal Sasak beliaupun ikut bertolak ke Sasak. Masyarakat desa Kubu Juntal yang setiap malam menyaksikan sinar menyala keluar dan dari batu tempat dang Hyang Nirartha berdiri kemudian mendirikan tempat suci yang dikenal dengan nama Pura Ponjok Batu.

15. Di Kabupaten Dompu, NTB. Pura Giri Tambora/Pura Agung Jagat Tambora. Kedatangan Dang Hyang Nirartha di Pegunungan Tambora, Sumbawa mengajar masyarakat petani di sana berbagai keterampilan bercocok tanam, termasuk mengajar tata cara mengatasi hama penyakit tanaman. Dang Hyang Nirartha pernah mendirikan tempat suci di sana untuk membentengi keyakinan masyarakat setempat. Lama tempat suci ini terpendam oleh material letusan Gunung Tambora yang terjadi pada tahun 1818. Kini di pedalaman Pegunungan Tambora yang diperkirakan tepat berada di atas bekas puing-puing pura peninggalan Dang Hyang Nirartha itu telah berdiri tempat suci yang megah, dengan luas puluhan Ha, yang disungsung oleh umat Hindu di Sumbawa. Pemugaran dan pembangunan pura ini mendapat bantuan dari Dirjen Bimmas Hindu Kementerian Republik Indonesia, Pemprop Bali, Kabupaten-Kota di Bali serta pemerintah setempat.

16. Pura Dalem Suniantara di Banjar Batan Nyuh Desa Pamecutan klod Denpasar. Tepatnya alamat pura sekarang adalah di Jalan Imam Bonjol Tegal, di depan Kantor Pemadam Kebakaran. Upacara wali jatuh setiap enam bulan sekali, yaitu pada hari Redite (Minggu) Kliwon Watugunung. Penyungsung pura adalah warga kota Denpasar. Sedangkan yang mengingatkan aci-aci setiap hari besar keagamaan adalah warga Batan Nyuh. Keberadaan pura berkaitan erat dengan kedatangan Dang Hyang Nirartha di desa Batan Nyuh membantu menghalau banjir bandang yang membahayakan penduduk dan menghancurkan rumah tinggal Batan Nyuh Desa Buagan. Saat beliau menghalau banjir, teteken beliau distanakan pada sebuah tempat yang kemudian oleh masyarakat didirikan Pura Suniantara, untuk mengenang kedatangan Dang Hyang Nirartha di tempat itu. Upacara wali jatuh pada setiap hari Minggu Kliwon Watugunung. Pada hari Minggu Kliwon Watugunung, tanggal 17 April 2011 bertepatan dengan Purnama Jyesta dilakukan upacara Karya Padudusan Agung Pangatep Wreaspati Kalpa. Bangunan utama berupa Padma Tiga stana Sang Hyang Tri Purusa, Siwa, Sadha Siwa, Parama Siwa.

17. Pura Sari di Gria Agung Tegal, bekas puri Arya Tegeh Kori di Tegal Denpasar. Pura di sungsung warga Brahmana Tegal. Upacara wali dilakukan setiap setahun sekali yaitu pada hari Purnama Kasa. Sejarah pura berkaitan dengan kehadiran Dang Hyang Nirartha di Puri Arya Tegeh Kori Tegal atas undangan Arya Tegeh Kori, setelah berhasil menghalau banjir bandang di Buagan. Sepeninggal Dang Hyang Nirartha, Arya Tegeh Kori mendirikan tempat suci di mana Dang Hyang Nirartha berkenan duduk bermeditasi. Belakangan hari, karena suatu peristiwa sejarah, warga puri Tegeh Kori pindah ke desa Tegal Tamu Gianyar tepatnya Puri Tegal Tamu Gianyar. Sepindah Arya Tegeh Kori ke Tegal Tamu, kemudian tempat suci mengenang kedatangan Dang Hyang Nirartha di puri Tegeh Puri Tegal kemudian disungsung oleh warga Brahmana Tegal sampai sekarang.

18. Giriya Pita Maha, Desa Mas Ubud. Bangunan suci ini sedang diusahakan oleh Ida Bagus Ketut Bali Putra bersama-sama warga dunia, menjembatani ide besar Dang Hyang Nirartha (Beliau Yang Kekal Abadi) sebagai Giriya Pita Maha atau kreator agung jagat raya. Di Giriya Pita Maha tersimpan pusaka pustaka suci Mahasaraswati (Pustaka Lontar menjelaskan rahasia langit) yang amat sangat dikeramatkan. Ida Bagus Ketut Bali Putra bersama Ida Pedanda Gde Lila Arsa, Gria Taman Sukawati dan para bakta yang datang dari seluruh penjuru dunia sangat menghormati dan mempercayai pustaka lontar ini adalah Maha Badan Wadag Dang Hyang Nirartha, yang telah dan kelak terlahir dari aksara suci pustaka suci dan kembali menyisakan kawistara kawiajiiananira ring bwana mwang bawana dan “janji besar big bang” maha kreta samayanira, karma tan paphala Aku phalanya. Upacara piodalan Sabtu Kliwoan Watugunung, bertepatan dengan Piodalan Sang Hyang Aji Saraswati.

- JUAL ES KRIM / ES PUTER PERNIKAHAN KLIK DISINI

Arca Sang Hyang Brahma Le Lare Ratuning Wisesa. Putra Brahma yang Agung, terbit dan bertumbuh menyongsong dan mencipta peradaban jagat anyar. Dunia baru dari Timur untuk semesata raya. Kawi-Bali, Pa-Bali, titik balik merancang penciptaan-demi penciptaan mengikuti proses kreativitas bangsa dari perspektif Bali (ilmu-ilmu Bali) surgawi. Mahayu-hayuning bhawana mwang buwana, kerahayuan jagat dengan segala isinya. Menjadi keyakinan, tidak ada yang lebih besar dan kuasa dari-Nya. Hagiografis katakata mukjijat anugerah Dang Hyang Dwijendra kepada putra Beliau di Pasraman Mas, pewaris pusaka Sang Hyang Mareka, Mahasaraswati; Ang Ung Mang mijil Sang Hyang Tri Sakti, Sang Bukbuksah-Sang Gagakaking, patemon Siwa-Buddha Sakti patwa Sang Hyang Brahma Le Lare pinaka Ratuning Wisesa. Mantram wajib ngutpeti karana, menghadirkan dan menghidupkan perwujudan Sang Hyang Brahma Le Lare Ratuning Wisesa.

Arca Sang Hyang Brahma Le Lare Ratuning Wisesa, simbol perwujudan “twah agung” Dang Hyang Dwijendra ini dimuliakan oleh Ida Pedanda Gde Lila Arsa (Griya Taman Sukawati) bersama masyarakat Br. Blah Tanah, Sakah-Gianyar. Perwujudan, panca dattu, dan sukat (skala) dioramanya anugerah dari Giriya Pita Maha, yang diingatkan oleh Griya Gin Kencana, Mas-Gianyar bersama-sama masyarakat Br. Blahtanah, Sakah — Mas dan masyarakat luas lainnya. Piodalan Sang Hyang Brahma Le Lare Ratuning Wisesa, jatuh setiap Anggara Kasih (Selasa Kliwon) Medangsia, enam bulan sekali. Mereka yang menghaturkan bakti tidak saja dari Br, Blahtanah- desa Sakah, tetapi juga masyarakat desa Mas, Batubulan, dan pemakai jalan jurusan Denpasar, Gianyar—Klungkung.

Dari ke-55 pura yang penulis catat ini belum memasukkan pura-pura yang berhubungan dengan dharmayatra Dang Hyang Nirartha di Lombok, seperti (56) Pura Kaprusan, (57) Pura Batu Bolong, (58 Batu Layar, (59) Pura Baleku, (60) Pura Sesela (Baru Butir), (61) Pura Muter Jagat, (62) Pura Baleku, dan yang lainnya seperti yang dijelaskan dalam bab pembahasan “Dharmayatra Dang Hyang Nirartha di Pulau Lombok dan Sumbawa”.

Sesungguhnya masih banyak tempat-tempat suci untuk memuliakan dharmayatra Dang Hyang Nirartha yang hanya dipelihara dan diketahui masyarakat setempat ataupun oleh warga tertentu saja. Mereka tekun memelihara bangunan sucinya itu, semata-mata karena mendapatkan tugas menjaga pusaka warisan dari Dang Hyang Nirartha, seperti di desa Mas Ubud Gianyar, di desa Kamasan Klungkung, Pura Karangasem dipinggir pantai sebelah Utara Patung Ngurah Rai di Tuban Denpasar dan di tempat-tempat lainnya. Tidak jarang tempat-tempat yang disucikan ini dijadikan pusat-pusat perguruan olah kebatinan atas nama universalitas spiritual.

Keturunan Danghyang Nirartha :
Brahmana Kemenuh,
Brahmana Manuaba,
Brahmana Kaniten,
Brahmana Mas, dan
Brahmana Patapan.

*10 (sepuluh) pesan
Dari Dang Hyang Nirartha*

1. Tuwi ada ucaping haji, utama ngwangun tlaga, satus reka saliunnya, kasor ento utamannya, ring sang ngangun yadnya pisan, kasor buin yadnyane satus, baan suputra satunggal. ( bait 5 )

Terjemahan :
Ada sebenarnya ucapan ilmu pengetahuan utama,
Orang yang membangun telaga banyaknya seratus, kalah keutamaannya itu oleh orang yang melakukan korban suci sekali
Korban suci yang seratus ini, kalah oleh anak baik seorang.

2. Bapa mituduhin cening, tingkahe menadi pyanak, eda bani ring kawitan, sang sampun kaucap garwa, telu ne maadan garwa, guru reka, guru prabhu, guru tapak tui timpalnya. ( bait 6 )

Terjemahan :
Ayahnda memberitahumu anakku, tata cara menjadi anak, “jangan durhaka pada leluhur”,
orang yang disebut guru, tiga banyaknya yang disebut guru,
Guru reka
Guru prabhu
Guru tapak (yang mengajar) itu.

3. Melah pelapanin mamunyi, ring ida dane samian, wangsane tong kaletehan, tong ada ngupet manemah, melah alepe majalan, batise twara katanjung, bacin tuara bakat ingsak. ( bait 8 )

Terjemahan :
Lebih baik hati-hati dalam berbicara, kepada semua orang,
Tak akan ternoda keturunannya
Tak ada yang akan mencaci maki
Lebih baik hati-hati dalam berjalan,
Sebab kaki tak akan tersandung,
Tidak akan menginjak kotoran.

4. Uli jani jwa kardinin, ajak dadwa nah gawenang, patut tingkahe buatang, tingkahe mangelah mata, gunannya anggon malihat, mamedasin ane patut, da jua ulah malihat. ( bait 10 )
Terjemahan :
Mulai sekarang lakukan, lakukanlah berdua,
Patut utamakan tingkah laku yang benar,
Seperti menggunakan mata, gunanya untuk melihat,
memperhatikan tingkah laku yang benar,
jangan hanya sekedar melihat.

5. Tingkahe mangelah kuping, tuah anggon maningehang, ningehang raose melah, resepang pejang di manah, da pati dingeh-dingehang, kranannya mangelah cunguh, anggon ngadek twah gunanya. ( bait 11 )

- JUAL ES KRIM / ES PUTER PERNIKAHAN KLIK DISINI

Terjemahan :
Kegunaan punya telinga, sebenarnya untuk mendengar,
mendengar kata-kata yang benar,
camkan dan simpan dalam hati,
jangan semua hal didengarkan.

6. Nanging da pati adekin, mangulah maan madiman, patutang jua agrasayang, apang bisa jwa ningkahang, gunan bibih twah mangucap, de mangucap pati kacuh, ne patut jwa ucapang. ( bait 12 )

Terjemahan :
Jangan segalanya dicium, sok baru dapat mencium, baik-baiklah caranya merasakan, agar bisa melaksanakannya
Kegunaan mulut untuk berbicara, jangan berbicara sembarangan, hal yang benar hendaknya diucapkan.

7. Ngelah lima da ja gudip, apikin jua nyemakang, apang patute bakatang, wyadin batise tindakang, yatnain twah nyalanang, eda jwa mangulah laku, katanjung bena nahanang. ( bait 13 )
Terjemahan :
Memiliki tangan jangan usil, hati-hati menggunakan, agar selalu mendapat kebenaran.
Begitu pula dalam melangkahkan kaki, hati-hatilah melangkahkannya, bila kesandung pasti kita yang menahan (menderita) nya.

8. Awake patut gawenin, apang manggih karahaywan, da maren ngertiang awak, waluya matetanduran, tingkahe ngardinin awak, yen anteng twi manandur, joh pare twara mupuang. ( bait 14 )

Terjemahan :
Kebenaran hendaknya diperbuat, agar menemukan keselamatan,
jangan henti-hentinya berbuat baik, ibaratnya bagai bercocok tanam
tata cara dalam bertingkah laku, kalau rajin menanam
tak mungkin tidak akan berhasil.

9. Tingkah ne melah pilihin, buka anake ka pasar, maidep matetumbasan, masih ya nu mamilihin, twara nyak meli ne rusak, twah ne melah tumbas ipun, patuh ring ma mwatang tingkah. ( bait 15 )

Terjemahan :
Pilihlah perbuatan yang baik,
seperti orang ke pasar,
bermaksud hendak berbelanja, juga masih memilih, tidak mau membeli yang rusak,
pasti yang baik dibelinya, sama halnya dengan memilih tingkah laku.

10. Tingkah ne melah pilihin, da manganggoang tingkah rusak, saluire kaucap rusak, wantah nista ya ajinnya, buine tong kanggoang anak, kija aba tuara laku, keto cening sujatinnya. ( bait 16 )

Terjemahan :
Pilihlah tingkah laku yang baik,
jangan mau memakai tingkah laku yang jahat, betul-betul hina nilainya,
ditambah lagi tiada disukai masyarakat, kemanapun di bawa tak akan laku,
begitulah sebenarnya anakku.

Sumber : Sejarah Puri Pemecutan, komentar dalam sebuah posting di Forum Diskusi Jaringan Hindu Nusantara (ref2)

Dalam babad brahmana juga diceritakan, Dang Hyang Nirartha yang dijuluki dengan beberapa nama, pada awalnya Beliau tinggal di asrama bersama ayahnya di Wilwatikta.

Dan mendekati detik-detik akhir untuk parama moksha, sebagaimana yang disebutkan dalam kutipan artikel smb balinese, sad kahyangan, Danghyang Dwijendra (nirarta) menyucikan diri dan mulat sarira terlebih dahulu. Di tempat ini sampai sekarang berdirilah sebuah pura yang disebut Pura Pangleburan yang berlokasi di Banjar Kauh Desa Adat Pecatu.

Setelah menyucikan diri, beliau melanjutkan perjalanannya menuju lokasi ujung barat daya Pulau Bali. Tempat ini terdiri atas batu-batu tebing.

Apabila diperhatikan dari bawah permukaan laut, kelihatan saling bertindih, berbentuk kepala bertengger di atas batu-batu tebing itu, dengan ketinggian antara 50-100 meter dari permukaan laut. Dengan demikian disebut Uluwatu. Ulu artinya kepala dan watu berarti batu.

Sebelum Danghyang Dwijendra parama moksha, beliau memanggil juragan perahu yang pernah membawanya dari Sumbawa ke Pulau Bali.

Juragan perahu itu bernama Ki Pacek Nambangan Perahu. Sang Pandita minta tolong agar juragan perahu membawa pakaian dan tongkatnya kepada istri beliau yang keempat di Pasraman Griya Sakti Mas di Banjar Pule, Desa Mas, Ubud, Gianyar. Pakaian itu berupa jubah sutra berwarna hijau muda serta tongkat kayu.

Setelah Ki Pacek Nambangan Perahu berangkat menuju Pasraman Danghyang Dwijendra di Mas, Ida Pedanda Sakti Wawu Rauh segera menuju sebuah batu besar di sebelah timur onggokan batu-batu bekas candi peninggalan Kerajaan Sri Wira Dalem Kesari.

Di atas batu itulah, Ida Pedanda Sakti Wawu Rauh beryoga mengranasika, laksana keris lepas saking urangka, hilang tanpa bekas, amoring acintia parama moksha.

Demikianlah, sejak Danghyang Dwijendra yang disebut juga Ida Pedanda Sakti Wawu Rauh parama moksha atau disebut Ngaluhur Uluwatu, pura ini disebut Luhur Uluwatu.