Rahayu, dumugi sami sehat dan bahagia, tabik pekulun
……….. Antari cetra masa, Kresnapaksa, patiga welas, wenang LALASTIAKNA ikang pratima ring sagara, prayoganira Sang Hyang Rwa Wisesa, nga, Sang Hyang Pramesti Guru kalawan Sang Hyang Giri Indra Putri, nga, ika wenang lalastiakna ka segara mwang manca sedaya, nga, ingiring dening prasanak maka putu sedaya mwang saha widi wedananya,
HIDANGAN sagenep katur ring arepan Sang Hyang Baruna, nanceb sanggah tutuan, 1, munggah suci, 2, sagenep, guling itik putih, daksina, 1, ketipat sodan, 1, canang wangi wangi, pasucian sagenep, jinah, 1700, mwang jauman genep, ketipat sodan, sasayut panyeneng, muwang tulung urip, 7, tulung sangkur, 9. canang oyodan, 2, canang puwitra, 4, lis sanjata, saha tegen-tegenan, ayam itik sami pada putih, ketan, injin, beras bang, putih.
Mwang pangleb ka segara, suci, pras pangambean, SESAYUT MRETASARI, sasantunya maka pangeleb ka segara, 700, jauman padamblah
wus mangkana, malih muspa ka segara, wong kabeh nunas swahayu bhuana IDA SANG MAWABUMI tur masangkrura, MASAHEGAN SAMI-SAMI, telas.
Raris mantukakna kunang pratima kabeh, JEJERAKNA RING YASA AGUNG, aturakna datengan kala wengi.
Ring benjang ring Kresnapaksa Catur Dasih, wenang MECARU BHUTA YADNYA, nga, nista madya utama, nglaben Sang Bhuta Raja mwang Balawan Bhuta Kala Bala, sega sasah, kwehnya 108 tanding, mabe jejero matah, segeh agung, 1, sinambat, Bhuta Bala, muwang Kala Bala.
Wusan mecaru antukakna punang pratima kabeh, rauh ring yogan Idane aturakna padatengan saha canang panyimpenan, wus nyimpen raris NGERUPUK, ngamantukakna sarwa bhuta kala kabeh mwah mangunduraken sasab merana ring desanya,
sa, obor-obor dening agni saprapak, sembar ring kasuna jangu, mantraning dening sarwa tatulak panca agung, iderang ring umah mwang pakaranganya, dening gni ika, ring telas mangkana.
Ikang wong jalu istri kabeh, wenang abyakala ring natar, ngayab sasayut pamyak kala, sasayut caruh melahradan mwang prayascita.
Ring benjangnya, wenang anyampi mati gni, tan wenang anambut karya, tan wenang amasang gni, ri swarane tan wenang.
Sang weruh ri tatwa semadi, GELARANA YOGA SEMADI, apan suciang Ida watek dewata kabeh, hana ring telenging Samudra……….
Rahayu, dumugi bisa dibaca dan ngiring kita bahas satu persatu dari petunjuk dalam kutipan teks Salinan Lontar Sundarigama tersebut diatas,
Nyepi Menurut Teks Lontar Sundarigama
Sesungguhnya dalam pelaksanaan RITUS NYEPI yang utama adalah pemahaman MELASTI yang dilaksanakan di segara, danau, tukad, beji (manut sekadi sima dresta ring masing2 desa) dan pelaksanaan ritus nyepi tidak sama dilaksanakan di setiap desa, bahkan pelaksanaan nyepi hari-nya ada yang berbeda bahkan ada desa yang tidak melaksanakan nyepi, dulunya.
Kenapa upacara nyepi tidak sama pelaksaannya dan tempatnya juga ada yang berbeda seperti tersebut diatas, desa satu dengan desa yang lainya?
Karena yang melandasi ritus nyepi adalah KEPUTUSAN HULU PADA dari masing2 wilayah desa yang tertuang di dalam lontar-lontar yang tersimpan di masing-masing lembaga (puri dan griya) setempat berada. (wong kabeh nunas swahayu bhuana IDA SANG MAWABUMI) sebagai contoh kita jumpai tradisi di Bali ada Nyepi Alas, Nyepi Segara, Nyepi Desa, Nyepi Carik dll
Karena kehilangan sumber tentang teknis pelaksaan ritus nyepi di setiap masing-masing desa dan tidak lagi menggunakan KEPUTUSAN HULU PADA (Lembaga Puri) maka keputusan tentang teknis (rangkaian) ritus nyepi sekarang di ambil oleh pemerintah melalui organisasi umat yaitu PHDI sehingga pelaksanaan ritus nyepi di seragamkan dan di buatkan makna nyepi adalah perayaan Tahun Baru Caka (mohon maaf ini hanya perspektif tiang saja, mungkin salah silahkan abaikan saja)
Apakah ada petunjuk lontar yang menyebut bahwa nyepi adalah perayaan tahun baru caka tiang juga ingin tahu minta tolong semeton kalau punya ngiring wedaran mangde jangkep pemahaman kita tentang nyepi
Nyepi tidak bisa kita lihat hanya pada saat pelaksaan catur brata penyepian saja tapi RITUS NYEPI menurut Lontar Sundarigama merupakan rangkaian prosesi ritus yang dilakukan oleh masyarakat Gama Bali dengan tujuan kemakmuran dan kesejahtraan (keseimbangan antara Bhuana Alit dan Bhuana Agung) yang prosesnya sebagai berikut;
Rangkaian dari ritus nyepi diawali dengan MELASTI, apa sesungguhnya makna dari melasti pada saat nyepi, apakah melasti tujuannya memandikan arca ?, apa tujuan sesungguhnya dari melasti pada saat nyepi ? hali ini sangat penting dipahami karena melasti yang menjadi esensi dari ritus nyepi itu. (ampura tiang tidak akan bahas lebih dalam tapi dalam kesempatan ini)
Untuk bisa memahami melasti tiang hanya akan sampaikan dari perspeksif kutipan Lontar Sundarigama diatas bahwa yang di “iring” ke segara adalah Ida Sang Hyang Rwa Wisesa, siapakah beliu? beliau adalah BHATARA ARDENARESWARI yang berstana di Kahyangan Puseh (Lingga Maharata/Gunung Batur) dan di Kahyangan Dalem (Lingga Maha Agung/Gunung Agung) diiringi oleh para Manca, Prasanak mwang Putunya¸yang akan memberikan (menganugrahkan) TIRTA AMERTHA kepada masyarakat Gama Bali untuk kesejahtraan dan kemakmuran jagat dan isinya.
Di bawah ini adalah salah satu kutipan lontar yang memuat tentang tujuan dari melasti;
…….. “saluwir ampilan gagaluh riwusin ngiyasin sami amuli ngabejiang, maduluran HIDANGAN, suci abesik, meduluran honya honyan, sopakaraning dewa, kairing antuk dadyane sami, pada mabresih, mawastra akampuhan, acacawet, maduluran agegitan, sarawuh ring beji, banten HIDANGANE KATUR RING BHATARI GANGGA, sucine katur ring arcane, de mangku atur ature irika mawitang pangeresikan pralinggane ring bhatari gangga RARIS NUNAS TIRTA AMERTA RING BHATARI GANGGA, maka daging panglukatane ngamertaning dadyane samiri sampun puput sapula paline ring beji raris budal”………
jadi kalau dilihat dari upakara HIDANGAN yang di haturkan ke Ida Bhetara Baruna bahwa sesungguhnya kita memohon TIRTA AMERTA
Setelah selesai melasti maka Ida Bhetara Kabeh melinggih ring Bale Agung dan Ida Bhatara katuran datengan dan pemendakan dengan ritus pengilen pemangku
Rangkaian Mecaru Bhuta Yadnya
Di tingkat rumah dilaksanakan natab sesayut ……..”wenang abyakala ring natar, ngayab sasayut pamyak kala, sasayut caruh melahradan mwang prayascita”……...
Di tingkat Banjar dilaksanakan Upacara Meprani diawali dengan upacara pemarisuda bhumi (pembersihan dan penyucian bhuana agung dan bhuana alit) dalam sekala kecil yakni ruang lingkup banjar dan krama banjar dengan upakara caru eka sata (ayam brumbun) sebagai sarana pengharmonisan alam sekala dan niskala, sedangkan krama Banjar membawa (menghaturkan) Banten prani
Jadi upacara Meprani adalah ungkapan rasa syukur dan bhakti kehadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa dengan mempersembahkan banten serta hidangan (prani) untuk memohon kesejahteraan semua mahluk (sarwa prani) dan alam semesta.
Setelah dilakukan BHAKTI PEPRANIAN (meprani) semua krama beramah tamah dengan makan bersama menikmati LUNGSURAN PRANI (nasi, lawar, sate serta kuah dan lain-lain) yang ada di banten prani tersebut, sebagai simbul ANUGRAH AMERTA Ida Sanghyang Widhi Wasa kepada kita semua.
Ritus ini memiliki nilai sosial yang sangat penting dan penuh makna untuk mempererat RASA yakni kebersamaan antar sesama warga banjar. Walaupun ritus meprani sudah menghilang di beberapa daerah (makan lungsuran banten prani bersama di banjar) ritus meprani di beberapa tempat masih tetap berlangsung.
Di Tingkat Desa melaksanakan TAWUR untuk ruang lingkup yang lebih luas dengan menghaturkan caru panca sata. Caru dilakukan (dipusatkan) di catus pata desa
Demikian seterusnya dalam sekala yang lebih besar, dengan harapan alam semesta beserta dengan isinya kembali dalam kesimbangan (stabil) yang dalam bahasa balinya disebut dengan gumi degdeg / gumi enteg suci nirmala.
Setelah ritus Tawur Kesanga maka semua Pretima atau prelingga Ida Bjeyata katuran mewali ke peyogan Ida Bhetata mgelantur Ngerupuk
Renungan kita bersama MASIHKAN KITA MEPAKSANAKAN RITUS NGERUPUK DI RUMAH KITA seperti yang tertuang dalam teks tersebut diatas???
Besoknya melaksanakan CATUR BRATA PENYEPIAN atau NYEPI dan yang paling utama dari nyepi ini adalah petunjuk dari lotar tersebut diatas; Sang weruh ri tatwa semadi, gelarana yoga semadi, apan suciang Ida watek dewata kabeh, hana ring telenging Samudra INILAH INTINYA
Selanjutnya esok harinya Ngembak Gni yang maksud dan tujuannya adalah ritus ngelebar catur brata penyepian
Renungan nyepi, semoga hati kita damai selalu
Ritus yang paling mendasar dari rangkaian kegiatan nyepi adalah MELASTI, PENAHURAN SASIH dan NGLABEN Sang Bhuta Raja mwang Balawan Bhuta Kala Bala, bagaimana teknis pelaksaanya sesungguhnya sangat sederhana dan jelas di sebutkan dalam kutipan lonter tersebut diatas sampai kepengrupukan dan tirta yang dipakai untuk nyomya Bhuta Bala, muwang Kala Bala sudah di buat di setiap desa, yang menjadi pertanyaanya;
Kenapa pelaksanaan tawur yang dilaksanakan di masing-masing desa harus menunggu tirta penyomya dari pemerintah ???
Terus apa fungsi tawur kesanga di masing masing desa kalau memang harus menunggu tirta caru dari kabupaten???
Rahayu, semoga ada manfaatnya kelungkung semarapura kirang langkung nunas sinampura
Om Santih Santih Santih Om