Sabtu, 24 Februari 2024

ROGA SENGARA BHUMI

 


amanah leluhur yang terabaikan *)
Nihan Widhi Śāstra ;
Roga Sangara Bumi, saking nīti Bhagawān Dharmaloka, katama de Sang Aji ring Majapahit, tekaning Bali Madya.
apa luwirnya ;
ritatkalaning ganti kali bhūmi, dewata matilar ring madhyapada, mantuk maring swargan mahameru, ginantianing bhūta, sabhūmi sami wang kasusupan bhūta, bahur ikāng jagat perang sumelur, ratu ameseh lawan pada ratu, gering sasab marana tan pegat pegat, ngendah laraning wang, gumigil panas uyang, akweh pejah, desa tepi ning tasik tebening agering, mutah mising kadadak ita bingung,
Weda mantra tanpa sari, mati, mantra usada punah. pan aywa tan yatna Sang Bhujangga Aji, angemit praja mandala.
Anggawe kayowananing rat, danakena watek paṇḍitaaji, angūncaraken weda, angūndurakẹṇ gering marana ika, anggelaraken mantra, ākāśāstawa. Ita Buddhi, anggelaraken Weda, bāyu astawa, sang pandita byuh sisya, anggelaraken teja astawa, sādhana wedyasuci, mapanggungan ring pangabhaktyan sang ratu, lukat ikang bhūmi antuk HOMA TIRTHA PAVITRA, duluran nawa ratna paideran, tekaning jadma kabeh ka angabhakti aneda urip dulurin pracaru ring lawang lawang.

Mwang sang amawa bhumi, sabanwarakrama, sapunpunya teka wenang mapinunas, āra ring giri, ring hyang Druwaresi ākāśa, ngaturang guru piduka, Bhatara Bali, mwah ring Hyang Baruna, ring Hyang Catur Raksa Gni, mangkana kajaring Widhi Śāstra,
Mantra;
Om, Pukulun hyang Ratnangkara, Hyang sagara geni, manusanira nunas urip bhuktinen sajinira dana becik.
Ong, sidhirastu yanamah swaha.
Situasi semakin buruk, kehancuran alam, bencana alam, penyakit mewabah, racun menjadi makanan biasa, pembunuhan , perang antar kelompok..... gambaran kondisi seperti ini sudah dituliskan pada lontar Roga Sengara Bhumi serta solusinyapun juga sudah diberikan, tapi kenapa sang bhaka masih tidak sadar dan eling juga ?
Kami dari Sangga Vajrajnana, Padukuhan Budhaireng akan melaksanakan ritual Homa Wisudha Bhumi, Nawa Ratna dan Pangunduran Bhuta Cuil, pada akhir bulan katiga, sebagai wujud kepedulian kami pada bhumi.
Dipaparkan juga dalam tutur Budha Kstigarbha, bahwasanya masa transformasi bhuta cuil dan preta sudah berakhir berkeliaran di atas bhumi dan harus kembali melanjutkan masa pemurnian dialam Niraka Avici.
Untuk itu kami dalam mengaplikasikan tutur widi sastra tersebut yakni mengikuti arahan sebagai Sang Bhujangga Aji untuk ikut andil dalam pembukaan pintu Niraka Avici melalui alunan Jambhala Samadhi, agar bisa mengalirkan air pavitra pada Sapta Samudra, dengan membuat Agni Mandala Samudra dengan olahan batin para praktisi Vajrajnana, yakni Mahaguhya dan Paramaguhya.
Demikianlah informasi dari redaksi sangga Vajrajnana, semoga para pemirsa dan para sahabat dapat memikirkan lebih dalam lagi, bahwasanya, masih banyak ritual leluhur Bali Kuno yang belum tergali, dan jangan sampai dikonversi ritual ajaran luar yang belum tentu benar dan sesuai dengan arahan atau warisan leluhur nusantara.
Rahayu Rahayu Rahayu....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar