Kamis, 15 Juni 2023

๐๐€๐๐ƒ๐ˆ๐“๐€ ๐‡๐ˆ๐๐ƒ๐” ๐๐€๐‹๐ˆ-๐‹๐Ž๐Œ๐๐Ž๐Š ๐–๐€๐‰๐ˆ๐ ๐Œ๐„๐‹๐„๐Š ๐€๐Š๐’๐€๐‘๐€ & ๐’๐€๐’๐“๐‘๐€, ๐Š๐„๐“๐„๐๐“๐”๐€๐ ๐Š๐„๐๐€๐๐ƒ๐ˆ๐“๐€๐€๐ ๐“๐€๐‡๐”๐ ๐Ÿ๐Ÿ–๐Ÿ–๐Ÿ” ๐Œ๐€๐’๐„๐‡๐ˆ.

 

๐Ž๐ฅ๐ž๐ก ๐’๐ฎ๐ ๐ข ๐‹๐š๐ง๐ฎ๐ฌ
— ๐ถ๐‘Ž๐‘ก๐‘Ž๐‘ก๐‘Ž๐‘› ๐ป๐‘Ž๐‘Ÿ๐‘–๐‘Ž๐‘› ๐‘†๐‘ข๐‘”๐‘– ๐ฟ๐‘Ž๐‘›๐‘ข๐‘ , 18 ๐‘‚๐‘˜๐‘ก๐‘œ๐‘๐‘’๐‘Ÿ 2022.
Purnama sasih kapitu tahun ล›aka 1808 (1886 masehi), para pandita dan raja Bali dan Lombok telah memutuskan sebuah hasil kesepakatan yang tertuang dalam kesepakatan pandita dan raja Bali-Lombok dalam menentukan syarat kepanditaan di Bali dan Lombok.
Dalam kesepatan itu disebutkan bahwa persyaratan memasuki kepanditaan di Bali dan Lombok adalah melek aksara dan melek sastra kepanditaan.
Berikut kutipannya:
๐‘‡๐‘–๐‘›๐‘”๐‘˜๐‘Žโ„Ž๐‘–๐‘›๐‘” ๐‘˜๐‘’̆๐‘Ÿ๐‘ก๐‘œ๐‘๐‘’̆๐‘‘๐‘’́๐‘ ๐‘Ž ๐‘—๐‘Ž๐‘› ๐‘Ž๐‘›๐‘Ž ๐‘Ž๐‘š๐‘–๐‘›๐‘ก๐‘Ž ๐‘ ๐‘–๐‘›๐‘Ž๐‘›๐‘”๐‘Ž๐‘ ๐‘˜๐‘Ž๐‘Ÿ๐‘Ž๐‘›, ๐‘—๐‘Ž๐‘ค๐‘Ž๐‘ก ๐‘๐‘Ÿ๐‘Žโ„Ž๐‘š๐‘Ž ๐‘ค๐‘Ž๐‘›๐‘”๐‘ ๐‘Ž, ๐‘Ž๐‘ก๐‘Ž๐‘ค๐‘Ž ๐‘ค๐‘œ๐‘›๐‘” ๐‘™๐‘–๐‘—๐‘Ž๐‘›, ๐‘ ๐‘Ž๐‘›๐‘’́ ๐‘ค๐‘’̆๐‘›๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘‘๐‘–๐‘›๐‘–๐‘˜๐‘ ๐‘Ž๐‘›, ๐‘—๐‘Ž๐‘‘๐‘–๐‘—๐‘Ž๐‘๐‘–๐‘› ๐‘™๐‘Ž๐‘›๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘ค๐‘Ž๐‘‘๐‘œ๐‘› , ๐‘—๐‘Ž๐‘› ๐‘–๐‘—๐‘Ž ๐‘˜๐‘Ž๐‘๐‘œ๐‘’๐‘ค๐‘Ž๐‘ก๐‘Ž๐‘› ๐‘ก๐‘Ž๐‘› ๐‘ค๐‘’̆๐‘Ÿ๐‘œ๐‘’โ„Ž ๐‘Ÿ๐‘–๐‘›๐‘” ๐‘ ๐‘Ž๐‘ ๐‘ก๐‘Ÿ๐‘Ž, ๐‘Ž๐‘—๐‘œ๐‘’๐‘ค๐‘Ž ๐‘Ÿ๐‘Ž๐‘‘๐‘—๐‘œ๐‘’ ๐‘‘๐‘–๐‘›๐‘–๐‘˜๐‘ ๐‘Ž๐‘›, ๐‘๐‘Ž๐‘Ÿ๐‘–๐‘˜๐‘ ๐‘Ž๐‘›๐‘’̆๐‘› ๐‘Ÿ๐‘œ๐‘’๐‘š๐‘œ๐‘’โ„Ž๐‘œ๐‘’๐‘›, ๐‘—๐‘Ž๐‘› ๐‘–๐‘—๐‘Ž ๐‘ค๐‘œ๐‘’๐‘  ๐‘ค๐‘’̆๐‘Ÿ๐‘œ๐‘’โ„Ž ๐‘Ÿ๐‘–๐‘›๐‘” ๐‘Ÿ๐‘œ๐‘’๐‘๐‘Ž๐‘›๐‘–๐‘›๐‘” ๐‘Ž๐‘˜๐‘ ๐‘Ž๐‘Ÿ๐‘Ž, ๐‘š๐‘Ž๐‘˜๐‘Ž๐‘‘๐‘– ๐‘ ๐‘–๐‘™๐‘Ž ๐‘˜๐‘Ÿ๐‘Ž๐‘š๐‘Ž ๐‘—๐‘œ๐‘’๐‘˜๐‘ก๐‘–, ๐‘ก๐‘–๐‘›๐‘”๐‘˜๐‘Žโ„Ž๐‘’́ ๐‘Ž๐‘”๐‘œ๐‘’๐‘Ÿ๐‘œ๐‘’๐‘ค๐‘Ž ๐‘”๐‘œ๐‘’๐‘Ÿ๐‘œ๐‘’๐‘ค๐‘Ž๐‘›, ๐‘ค๐‘’̆๐‘›๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘‘๐‘–๐‘›๐‘–๐‘˜๐‘ ๐‘Ž๐‘›, ๐‘˜๐‘Ž๐‘Ÿ๐‘Ž๐‘›๐‘–๐‘›๐‘” ๐‘ ๐‘Ž๐‘–๐‘˜๐‘Ž ๐‘Ÿ๐‘–๐‘›๐‘Ž๐‘œ๐‘ , ๐‘™๐‘Ž๐‘š๐‘Ž๐‘˜๐‘Ž๐‘›๐‘’́ ๐‘ ๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘”๐‘œ๐‘’๐‘Ÿ๐‘œ๐‘’ ๐‘ก๐‘Ž๐‘› ๐‘˜๐‘Žโ„Ž๐‘Ž๐‘ค๐‘Ž ๐‘‘๐‘’́๐‘›๐‘–๐‘›๐‘” ๐‘ ๐‘–๐‘ ๐‘–๐‘—๐‘Ž, ๐‘˜๐‘Ž๐‘๐‘œ๐‘’๐‘ค๐‘Ž๐‘ก๐‘Ž๐‘› ๐‘ก๐‘Ž๐‘› ๐‘ค๐‘’̆๐‘Ÿ๐‘œ๐‘’โ„Ž ๐‘š๐‘Ž๐‘˜๐‘ ๐‘–โ„Ž ๐‘ค๐‘’̀โ„Ž๐‘’̆๐‘› ๐‘Ž๐‘›๐‘Ž๐‘›๐‘‘๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘ ๐‘Ž๐‘ ๐‘ก๐‘Ÿ๐‘Ž ๐‘ก๐‘Ž๐‘š๐‘Ž, ๐‘ ๐‘Ž๐‘˜๐‘ ๐‘Ž๐‘ก ๐‘”๐‘œ๐‘’๐‘Ÿ๐‘œ๐‘’ ๐‘ก๐‘Ž๐‘› ๐‘ค๐‘’̆๐‘Ÿ๐‘œ๐‘’โ„Ž ๐‘–๐‘›๐‘” ๐‘˜๐‘Ž๐‘™๐‘–๐‘›๐‘”๐‘Ž๐‘› ๐‘Ž๐‘Ÿ๐‘Ž๐‘›๐‘’́, ๐‘ก๐‘Ž๐‘› ๐‘ค๐‘’̆๐‘Ÿ๐‘œ๐‘’โ„Ž ๐‘–๐‘›๐‘” ๐‘œ๐‘’๐‘‘๐‘—๐‘Ž๐‘Ÿ๐‘–๐‘›๐‘” ๐‘ ๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘–๐‘—๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘ ๐‘Ž๐‘ ๐‘ก๐‘Ÿ๐‘Ž ๐‘ ๐‘Ž๐‘Ÿ๐‘Ž๐‘ ๐‘Ž ๐‘š๐‘œ๐‘’๐‘ ๐‘ก๐‘—๐‘Ž๐‘—๐‘Ž ๐‘ก๐‘œ๐‘’๐‘ก๐‘œ๐‘’๐‘Ÿ, ๐‘Ž๐‘๐‘Ž๐‘ก๐‘– ๐‘Ž๐‘ก๐‘Ž๐‘˜๐‘œ๐‘’๐‘ก ๐‘ ๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘–๐‘—๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘ค๐‘’́๐‘‘๐‘Ž ๐‘Ÿ๐‘–๐‘›๐‘” ๐‘ค๐‘œ๐‘›๐‘” ๐‘Ž๐‘˜๐‘’̆๐‘‘๐‘–๐‘˜ ๐‘Ž๐‘‘๐‘—๐‘–๐‘›๐‘—๐‘Ž, ๐‘š๐‘Ž๐‘˜๐‘Ž ๐‘š๐‘œ๐‘’๐‘ค๐‘Žโ„Ž ๐‘Ÿ๐‘–๐‘๐‘–๐‘ก๐‘’̆๐‘˜๐‘’̆๐‘ก ๐‘Ž๐‘‘๐‘—๐‘– ๐‘ ๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘–๐‘—๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘ ๐‘Ž๐‘ ๐‘ก๐‘Ÿ๐‘Ž ๐‘ ๐‘–๐‘ค๐‘Ž ๐‘ ๐‘Ž๐‘ ๐‘Ž๐‘›๐‘Ž, ๐‘๐‘Ž๐‘›๐‘”๐‘๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘”๐‘œ๐‘’๐‘Ÿ๐‘œ๐‘’ ๐‘๐‘Ž๐‘›๐‘”๐‘๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘ ๐‘–๐‘ ๐‘–๐‘—๐‘Ž ๐‘Ž๐‘Ÿ๐‘Ž๐‘›๐‘’, ๐‘—๐‘Ž๐‘› ๐‘Ž๐‘›๐‘Ž ๐‘Ž๐‘š๐‘œ๐‘’๐‘Ÿ๐‘œ๐‘’๐‘” ๐‘ก๐‘’̆๐‘˜๐‘Ž ๐‘ค๐‘’̆๐‘›๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘ ๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘”๐‘œ๐‘’๐‘Ÿ๐‘œ๐‘’ ๐‘™๐‘œ๐‘’๐‘›๐‘”๐‘Ž ๐‘š๐‘Ž๐‘ก๐‘–๐‘Ÿ๐‘ก๐‘Ž ๐‘”๐‘Ž๐‘š๐‘Ž๐‘›๐‘Ž 100 ๐‘‘๐‘–๐‘›๐‘Ž, ๐‘ก๐‘’̆โ„Ž๐‘’̆๐‘Ÿ ๐‘–๐‘›๐‘Ž๐‘‘๐‘›๐‘—๐‘Ž๐‘› ๐‘Ž๐‘—๐‘œ๐‘’๐‘ค๐‘Ž ๐‘š๐‘Ž๐‘›๐‘”๐‘˜๐‘Ž๐‘›๐‘Ž ๐‘š๐‘œ๐‘’๐‘ค๐‘Žโ„Ž, ๐‘—๐‘Ž๐‘› ๐‘š๐‘œ๐‘’๐‘ค๐‘Žโ„Ž ๐‘ ๐‘–๐‘Ÿ๐‘Ž ๐‘š๐‘Ž๐‘›๐‘”๐‘˜๐‘Ž๐‘›๐‘Ž, ๐‘ค๐‘’̆๐‘›๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘๐‘Ž๐‘›๐‘ก๐‘’̆๐‘›, ๐‘ก๐‘Ž๐‘› ๐‘˜๐‘Ž๐‘Ÿ๐‘– ๐‘Ž๐‘›๐‘”๐‘”๐‘Ž๐‘‘๐‘œ๐‘’โ„Ž ๐‘‘๐‘’́๐‘ค๐‘Ž ๐‘๐‘œ๐‘’๐‘‘๐‘—๐‘Ž, ๐‘š๐‘œ๐‘’๐‘ค๐‘Žโ„Ž ๐‘œ๐‘™๐‘–โ„Ž๐‘–๐‘›๐‘” ๐‘ ๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘˜๐‘Ž๐‘ ๐‘–๐‘ ๐‘–๐‘—๐‘Ž๐‘›๐‘–๐‘› ๐‘˜๐‘Ž๐‘๐‘œ๐‘’๐‘ค๐‘Ž๐‘ก๐‘Ž๐‘› ๐‘ก๐‘Ž๐‘› ๐‘ค๐‘’̆๐‘Ÿ๐‘œ๐‘’โ„Ž ๐‘Ÿ๐‘–๐‘›๐‘” ๐‘ ๐‘Ž๐‘ ๐‘ก๐‘Ÿ๐‘Ž, ๐‘˜๐‘Ž๐‘‘๐‘– ๐‘›๐‘’́ ๐‘˜๐‘œ๐‘ก๐‘—๐‘Ž๐‘ ๐‘Ÿ๐‘–๐‘›๐‘” ๐‘Ž๐‘Ÿ๐‘’̆๐‘, ๐‘ก๐‘Ž๐‘› ๐‘ ๐‘–๐‘‘๐‘Ž ๐‘œ๐‘™๐‘–โ„Ž ๐‘›๐‘–๐‘—๐‘Ž ๐‘Ž๐‘›๐‘”๐‘”๐‘Ž๐‘‘๐‘œ๐‘’โ„Ž ๐‘‘๐‘–๐‘˜๐‘ ๐‘Ž, ๐‘ค๐‘’̆๐‘›๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘ ๐‘Ž๐‘›๐‘Ž๐‘˜ ๐‘ ๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘š๐‘Ž๐‘›๐‘‘๐‘–๐‘˜๐‘ ๐‘Ž๐‘›๐‘–๐‘› ๐‘Ž๐‘˜๐‘œ๐‘› ๐‘Ž๐‘›๐‘‘๐‘—๐‘Ž๐‘๐‘œ๐‘’๐‘ก ๐‘๐‘Ž๐‘›๐‘œ๐‘’๐‘”๐‘Ÿ๐‘Žโ„Ž๐‘Ž๐‘›๐‘›๐‘—๐‘Ž, ๐‘—๐‘Ž๐‘› ๐‘ก๐‘Ž๐‘› ๐‘Ž๐‘›๐‘Ž ๐‘Ž๐‘‘๐‘’̆๐‘Ÿ๐‘ค๐‘’́ ๐‘ ๐‘Ž๐‘›๐‘Ž๐‘˜, ๐‘ ๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘๐‘Ž๐‘Ÿ๐‘Ž๐‘๐‘œ๐‘’๐‘‘๐‘—๐‘Ž๐‘›๐‘”๐‘”๐‘Ž ๐‘š๐‘Ž๐‘˜๐‘œ๐‘’๐‘ค๐‘’̀โ„Ž ๐‘ค๐‘’̆๐‘›๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘Ž๐‘›๐‘‘๐‘—๐‘Ž๐‘๐‘œ๐‘’๐‘ก, ๐‘Ž๐‘›๐‘”๐‘–๐‘›๐‘” ๐‘ก๐‘–๐‘›๐‘”๐‘˜๐‘Žโ„Ž๐‘’́ ๐‘Ž๐‘›๐‘‘๐‘—๐‘Ž๐‘๐‘œ๐‘’๐‘ก๐‘–๐‘›, ๐‘ก๐‘Ž๐‘› ๐‘Ž๐‘›๐‘Ž ๐‘˜๐‘Ž๐‘ค๐‘Ž๐‘ ๐‘ก๐‘Ž๐‘›๐‘–๐‘› ๐‘˜๐‘Ž๐‘๐‘œ๐‘’๐‘ก๐‘—๐‘Ž, ๐‘๐‘’́๐‘ ๐‘œ๐‘’๐‘˜ ๐‘—๐‘Ž๐‘› ๐‘–๐‘—๐‘Ž ๐‘ค๐‘œ๐‘’๐‘  ๐‘ค๐‘’̆๐‘Ÿ๐‘œ๐‘’โ„Ž ๐‘Ÿ๐‘–๐‘›๐‘” ๐‘Ÿ๐‘œ๐‘’๐‘๐‘Ž๐‘›๐‘–๐‘›๐‘” ๐‘Ž๐‘˜๐‘ ๐‘Ž๐‘Ÿ๐‘Ž ๐‘ ๐‘Ž๐‘–๐‘›๐‘‘๐‘–๐‘˜๐‘Ž๐‘›๐‘›๐‘—๐‘Ž, ๐‘—๐‘Ž๐‘› ๐‘Ž๐‘›๐‘Ž ๐‘˜๐‘Ž๐‘Ÿ๐‘’̆๐‘๐‘›๐‘—๐‘Ž ๐‘š๐‘Ž๐‘™๐‘–โ„Ž ๐‘š๐‘Ž๐‘˜๐‘Ÿ๐‘’̆๐‘ก๐‘œ๐‘๐‘’̆๐‘‘๐‘’́๐‘ ๐‘Ž, ๐‘ค๐‘’̆๐‘›๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘ ๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘๐‘œ๐‘’๐‘‘๐‘—๐‘Ž๐‘›๐‘”๐‘”๐‘Ž ๐‘Ž๐‘›๐‘‘๐‘–๐‘˜๐‘ ๐‘Ž๐‘›๐‘–๐‘›.
Isi pokok kutipan di atas:
๐Š๐ž๐ญ๐ž๐ง๐ญ๐ฎ๐š๐ง ๐ข๐ง๐ข ๐๐ข๐ง๐ฒ๐š๐ญ๐š๐ค๐š๐ง ๐๐š๐ฅ๐š๐ฆ ๐Š๐ž̆๐ซ๐ญ๐จ๐ฉ๐ž̆๐๐ž́๐ฌ๐š. ๐๐š๐ซ๐š๐ง๐  ๐ฌ๐ข๐š๐ฉ๐š ๐ฉ๐ฎ๐ง ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐ญ๐ž๐ซ๐ฆ๐š๐ฌ๐ฎ๐ค ๐๐š๐ฅ๐š๐ฆ ๐ค๐ž๐ฅ๐จ๐ฆ๐ฉ๐จ๐ค ๐๐ซ๐š๐ก๐ฆ๐š๐ง๐š ๐š๐ญ๐š๐ฎ ๐ง๐จ๐ง-๐๐ซ๐š๐ก๐ฆ๐š๐ง๐š, ๐ฉ๐ซ๐ข๐š ๐š๐ญ๐š๐ฎ ๐ฐ๐š๐ง๐ข๐ญ๐š, ๐ฆ๐ž๐ฆ๐ข๐ง๐ญ๐š ๐ฎ๐ง๐ญ๐ฎ๐ค ๐๐ข๐๐ข๐ค๐ฌ๐š, ๐ฌ๐ž๐ก๐š๐ซ๐ฎ๐ฌ๐ง๐ฒ๐š ๐ญ๐ข๐๐š๐ค ๐๐ข๐ฉ๐ž๐ซ๐›๐จ๐ฅ๐ž๐ก๐ค๐š๐ง ๐ฃ๐ข๐ค๐š ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐›๐ž๐ซ๐ฌ๐š๐ง๐ ๐ค๐ฎ๐ญ๐š๐ง ๐ญ๐ข๐๐š๐ค ๐ฆ๐ž๐ง๐ ๐ž๐ง๐š๐ฅ ๐š๐ค๐ฌ๐š๐ซ๐š, ๐ญ๐ข๐๐š๐ค ๐ฉ๐š๐ก๐š๐ฆ ๐ฌ๐š๐ฌ๐ญ๐ซ๐š & ๐ค๐ข๐ญ๐š๐› ๐ฌ๐ฎ๐œ๐ข.
[๐€๐ค๐ฌ๐š๐ซ๐š ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐๐ข๐ฆ๐š๐ค๐ฌ๐ฎ๐ ๐š๐๐š๐ฅ๐š๐ก ๐š๐ค๐ฌ๐š๐ซ๐š ๐๐š๐ฅ๐ข ๐๐š๐ง ๐ฌ๐š๐ฌ๐ญ๐ซ๐š ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐๐ข๐ฆ๐š๐ค๐ฌ๐ฎ๐ ๐š๐๐š๐ฅ๐š๐ก ๐ฌ๐š๐ฌ๐ญ๐ซ๐š ๐Š๐š๐ฐ๐ข].
๐‡๐š๐ง๐ฒ๐š ๐ฌ๐ž๐ญ๐ž๐ฅ๐š๐ก ๐ฆ๐ž๐ฅ๐š๐ฅ๐ฎ๐ข ๐ฎ๐ฃ๐ข๐š๐ง ๐ค๐ž๐ฅ๐š๐ฒ๐š๐ค๐š๐ง ๐๐š๐ง ๐ฉ๐ž๐ฆ๐ž๐ซ๐ข๐ค๐ฌ๐š๐š๐ง ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐ฆ๐ž๐ฆ๐›๐ฎ๐ค๐ญ๐ข๐ค๐š๐ง ๐›๐š๐ก๐ฐ๐š ๐œ๐š๐ฅ๐จ๐ง ๐๐ข๐ค๐ฌ๐ข๐ญ๐š ๐ฆ๐ž๐ง๐ ๐ž๐ญ๐š๐ก๐ฎ๐ข ๐š๐ค๐ฌ๐š๐ซ๐š-๐š๐ค๐ฌ๐š๐ซ๐š ๐ฌ๐ž๐ซ๐ญ๐š ๐ฆ๐ž๐ฆ๐š๐ก๐š๐ฆ๐ข ๐ฉ๐ž๐ซ๐š๐ญ๐ฎ๐ซ๐š๐ง ๐’๐ข๐ฅ๐š ๐Š๐ซ๐š๐ฆ๐š ๐˜๐ฎ๐ค๐ญ๐ข, ๐ฌ๐ž๐ซ๐ญ๐š ๐›๐ž๐ซ๐›๐š๐ ๐š๐ข ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐š๐ฉ๐š ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐ก๐š๐ซ๐ฎ๐ฌ ๐๐ข๐ฉ๐ž๐ฅ๐š๐ฃ๐š๐ซ๐ข, ๐ฌ๐ž๐ฌ๐ž๐ซ๐จ๐š๐ง๐  ๐๐š๐ฉ๐š๐ญ ๐๐ข๐›๐ž๐ซ๐ข๐ค๐š๐ง ๐ฉ๐ž๐ง๐š๐ก๐›๐ข๐ฌ๐š๐ง ๐๐ข๐ค๐ฌ๐š.
๐“๐ฎ๐ฃ๐ฎ๐š๐ง ๐๐š๐ซ๐ข ๐ค๐ž๐ญ๐ž๐ง๐ญ๐ฎ๐š๐ง ๐๐ข ๐š๐ญ๐š๐ฌ ๐š๐๐š๐ฅ๐š๐ก ๐ฎ๐ง๐ญ๐ฎ๐ค ๐ฆ๐ž๐ง๐œ๐ž๐ ๐š๐ก ๐ ๐ฎ๐ซ๐ฎ ๐ญ๐ข๐๐š๐ค ๐ญ๐ž๐ซ๐ฌ๐š๐ง๐๐ฎ๐ง๐  ๐š๐ญ๐š๐ฎ ๐ญ๐ž๐ซ๐ฌ๐š๐ง๐ ๐ค๐ฎ ๐๐š๐ซ๐ข ๐›๐ž๐ซ๐›๐š๐ ๐ข ๐ญ๐š๐ง๐ ๐ ๐ฎ๐ง๐  ๐ฃ๐š๐ฐ๐š๐› ๐š๐ญ๐š๐ฌ ๐ค๐ž๐ฌ๐š๐ฅ๐š๐ก๐š๐ง ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐ฆ๐ฎ๐ง๐ ๐ค๐ข๐ง ๐๐ข๐ฅ๐š๐ค๐ฎ๐ค๐š๐ง ๐œ๐š๐ฅ๐จ๐ง ๐๐ข๐ค๐ฌ๐ข๐ญ๐š ๐ง๐š๐ง๐ญ๐ข๐ง๐ฒ๐š ๐๐ข๐›๐ž๐ซ๐ข๐ค๐š๐ง ๐š๐ค๐ฌ๐ž๐ฌ ๐๐š๐ฅ๐š๐ฆ ๐ฆ๐ž๐ฆ๐ฉ๐ž๐ซ๐ฅ๐š๐ฃ๐š๐ซ๐ข ๐ค๐ข๐ญ๐š๐›-๐ค๐ข๐ญ๐š๐› ๐ฌ๐ฎ๐œ๐ข; ๐ฌ๐ž๐›๐š๐› ๐ญ๐š๐ง๐ฉ๐š ๐ฆ๐ž๐ฆ๐ข๐ฅ๐ข๐ค๐ข ๐ฉ๐ž๐ง๐ ๐ž๐ญ๐š๐ก๐ฎ๐š๐ง ๐ฆ๐ž๐ง๐๐š๐ฅ๐š๐ฆ ๐ฆ๐ž๐ง๐ ๐ž๐ง๐š๐ข ๐š๐ค๐ฌ๐š๐ซ๐š ๐๐š๐ง ๐ค๐ž๐ฌ๐š๐ฌ๐ญ๐ซ๐š๐š๐ง ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐๐ข๐ฉ๐ž๐ซ๐ฅ๐ฎ๐ค๐š๐ง ๐ฌ๐ž๐›๐š๐ ๐š๐ข ๐๐š๐ฌ๐š๐ซ ๐ฆ๐ž๐ฆ๐ฉ๐ž๐ฅ๐š๐ฃ๐š๐ซ๐ข ๐›๐ž๐ซ๐›๐š๐ ๐š๐ข ๐ฉ๐ฎ๐ฌ๐ญ๐š๐ค๐š ๐ฌ๐ฎ๐œ๐ข ๐ค๐ž๐ฉ๐š๐ง๐๐ข๐ญ๐š๐š๐ง ๐ฌ๐ž๐จ๐ซ๐š๐ง๐  ๐œ๐š๐ฅ๐จ๐ง ๐๐ข๐ค๐ฌ๐ข๐ญ๐š ๐ซ๐ž๐ง๐ญ๐š๐ง ๐ฆ๐ž๐ฅ๐š๐ง๐ ๐ ๐š๐ซ ๐š๐ญ๐ฎ๐ซ๐š๐ง ๐ค๐ž๐ฉ๐š๐ง๐๐ข๐ญ๐š๐š๐ง.
๐‡๐š๐ง๐ฒ๐š ๐œ๐š๐ฅ๐จ๐ง ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐ฆ๐ž๐ฆ๐š๐ก๐š๐ฆ๐ข ๐๐ž๐ง๐ ๐š๐ง ๐ฆ๐ž๐ง๐๐š๐ฅ๐š๐ฆ ๐š๐ค๐ฌ๐š๐ซ๐š ๐ฌ๐ฎ๐œ๐ข, ๐ค๐ข๐ญ๐š๐› ๐ฌ๐ฎ๐œ๐ข, ๐๐š๐ง ๐ฌ๐š๐ฌ๐ญ๐ซ๐š ๐ค๐ž๐ฉ๐š๐ง๐๐ข๐ญ๐š๐š๐ง ๐›๐จ๐ฅ๐ž๐ก ๐๐ข๐›๐ž๐ซ๐ข๐ค๐š๐ง ๐๐ข๐ค๐ฌ๐š.
Perlu dijelaskan di sini:
1. “Kertopฤ•dรฉsa” adalah singkatan dari kerta-upa-desa, kitab yang mengatur apa yang harus diperhatikan oleh orang-orang sesuai warna .
2 Kitab Silakramayukti, salah satu yang disebut “sastra sasana”, menunjukkan apa yang harus dipatuhi oleh para sulinggih.
3 Kata 'Sastrotama' dalam teks ini merupakan singkatan dari kata 'sastra' dan 'utama'.


๐–๐€๐‰๐ˆ๐ ๐Œ๐„๐‹๐„๐Š ๐€๐Š๐’๐€๐‘๐€ & ๐’๐€๐’๐“๐‘๐€
Apa yang disebutkan dalam kutipan hasil kajian dan keputusan tahun ล›aka 1808 tersebut di atas sesuai dengan tradisi tua di lingkungan Kaล›iwan, dimana ada berbagai bacaan wajib bagi calon pandita yang harus dibaca dengan seksama.
Apa saja daftar bacaan wajib pendeta Hindu Bali bisa dilihat di link di bawah, dalam tulisan kecil berjudul “๐๐€๐‚๐€๐€๐ ๐–๐€๐‰๐ˆ๐ ๐๐„๐๐ƒ๐„๐“๐€ ๐‡๐ˆ๐๐ƒ๐” ๐๐€๐‹๐ˆ”:
Sangat jelas daftar lontar-lontar yang wajib dibaca dalam rangka mempersiapkan diri untuk menjadi calon diksita.
Barang siapa ingin memasuki jenjang ke panditaan di Bali wajib melek sastra suci yang diturunkan berabad-abad bisa dijejaki dari periode Mpu Kuturan sampai Dang Hyang Nirartha, dstnya.
“Weruh ring rupaning aksara” atau paham dengan mendalam berbagai aksara dan sastra kepanditaan adalah syarat mutlak alias WAJIB dimiliki oleh calon pandita di Bali di masa lalu.
Di sini akan diulas sekilas dua karya sastra yang wajib dibaca sebagai “pengetahuan dasar kesastraan” yang menjadi pondasi kesastraan dalam lingkungan kependetaan tradisional di masa lalu.
Dua karya sastra yang berisi “pengetahuan dasar kesastraan” bagi calon pandita yang dimaksud adalah:
๐Ÿ. ๐๐š๐ก๐š๐ฆ ๐๐ž๐ง๐ ๐š๐ง ๐›๐š๐ข๐ค ๐ข๐ฌ๐ข ๐๐š๐ง ๐›๐š๐ก๐š๐ฌ๐š ๐Š๐š๐ค๐š๐ฐ๐ข๐ง ๐‘๐š๐ฆ๐š๐ฒ๐š๐ง๐š (๐๐š๐ง ๐ค๐š๐ค๐š๐ฐ๐ข๐ง ๐ฅ๐š๐ข๐ง๐ง๐ฒ๐š ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐ฌ๐š๐ง๐ ๐š๐ญ ๐๐ข๐ซ๐ž๐ค๐จ๐ฆ๐ž๐ง๐๐š๐ฌ๐ข๐ค๐š๐ง, ๐ฌ๐ž๐ซ๐ญ๐š ๐ญ๐š๐ญ๐ฐ๐š ๐ฅ๐š๐ข๐ง๐ง๐ฒ๐š),
๐Ÿ. ๐‡๐ž๐ง๐๐š๐ค๐ง๐ฒ๐š ๐ฃ๐ข๐ค๐š ๐›๐ž๐ซ๐ฌ๐ข๐š๐ฉ ๐ฆ๐ž๐ฆ๐š๐ฌ๐ฎ๐ค๐ข ๐๐ข๐ค๐ฌ๐š ๐ฌ๐ž๐จ๐ซ๐š๐ง๐  ๐œ๐š๐ฅ๐จ๐ง ๐๐ข๐ค๐ฌ๐ข๐ญ๐š ๐ฌ๐š๐ง๐ ๐š๐ญ ๐๐ข๐ซ๐ž๐ค๐จ๐ฆ๐ž๐ง๐๐š๐ฌ๐ข๐ค๐š๐ง ๐ฎ๐ง๐ญ๐ฎ๐ค ๐ฆ๐ž๐ฆ๐›๐š๐œ๐š ๐๐š๐ง ๐ฆ๐ž๐ง๐ฎ๐ฅ๐ข๐ฌ-๐ฌ๐š๐ฅ๐ข๐ง (๐ง๐ฒ๐ฎ๐ซ๐š๐ญ ๐ฅ๐จ๐ง๐ญ๐š๐ซ) ๐Š๐š๐ค๐š๐ฐ๐ข๐ง ๐ƒ๐ก๐š๐ซ๐ฆ๐š๐ฌ๐ฎ๐ง๐ฒ๐š.
Apa alasan dari seorang calon sulinggih Kaล›iwan wajib memahami kedua kakawin tersebut?
๐€. ๐Š๐š๐ค๐š๐ฐ๐ข๐ง ๐‘๐š๐ฆ๐š๐ฒ๐š๐ง๐š
Karya ini disebut ditulis oleh Mpu Yogiswara yang tidak lain disebut sebagai "Sesuhunan/Lelangit" para menganut ajaran Keล›iwaaan. Beliau mengubah dan menyajikan secara baru Ramayana berbahasa Sanskerta yang ditulis oleh Bhati, Maha Kawi berpaham ลšaiwa yang mumpuni. Tarikan nafas dan kandungan Kakawin Ramayana adalah pokok-pokok ajaran penganut ลšiwฤgama. Melalui proses menyelam ke dalam pokok dan saripati Kakawin Ramayana diharapkan seorang pembaca bisa mendapat dasar terdalam tradisi Kaล›iwan di Nusantara yang sudah dituliskan dalam era pembuatan Candi Prambanan, sekitar abad 9, atau sekitar tahun 800-san Masehi, kemungkinan bersambung tanpa putus ke Kediri, Singasari, Majapahit dan Gelgel.
๐. ๐Š๐š๐ค๐š๐ฐ๐ข๐ง ๐ƒ๐ก๐š๐ซ๐ฆ๐š๐ฌ๐ฎ๐ง๐ฒ๐š
Karya ini luar biasa mendalam dan dinilai sebagai karya sastra yang secara teologis paling berhasil “secara singkat” membahas teologi ลšiwaisme yang juga dikenali sebagai ลšiwa ลšiddhanta.
Setelah memahami-menjalani bimbingan guru tembang dan juga perguruan garis diksa, seorang calon diksita diharapkan “nyurat lontar” Kakawin Dharmasunia. Artinya, menyalin sendiri, sambil merasuk-tanam-akarkan isi dan kedalaman esensi teologis ลšiwaisme dan pokok ajaran mantra puja di dalamnya ke dalam diri sebagai bagian dari tarikan nafas ketika proses penyalinannya.
Dua syarat ini memberikan gambaran bahwa, kalau keduanya dilewati dengan baik, jika ingin menjadi calon diksita yang berkualitas, diharapkan tuntas tatas membaca Kakawin Ramayana, dan tatas retas membaca Kakawin Dharmasuni, dan menyalin sendiri dengan pangrupak dan daun lontar untuk menjadi proses meditasi gerak, sebuah proses menyusupkan konsepsi dan taksu Sang Hyang Aksara.
Jelas, sangat jelas, ๐›๐š๐ก๐ฐ๐š ๐ฌ๐ž๐จ๐ซ๐š๐ง๐  ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐ญ๐ข๐๐š๐ค ๐ฉ๐š๐ก๐š๐ฆ ๐›๐š๐œ๐š ๐ญ๐ฎ๐ฅ๐ข๐ฌ ๐š๐ค๐ฌ๐š๐ซ๐š ๐๐š๐ฅ๐ข ๐ญ๐ข๐๐š๐ค ๐›๐จ๐ฅ๐ž๐ก ๐ฆ๐ž๐๐ข๐ค๐ฌ๐š ๐๐ž๐ง๐ ๐š๐ง “๐ฉ๐š๐๐ข๐ค๐ฌ๐š๐ง ๐ค๐š๐ฌ๐ฎ๐ฅ๐ข๐ง๐ ๐ ๐ข๐ก๐š๐ง ๐๐š๐ฅ๐ข”.
Mewarisi demikian besarnya volume lontar-lontar kepanditaan di Bali, seorang pembelajar “jalan rohani” Bali diajak sadar bahwa sesungguhnya kepanditaan Bali berbasis seleksi jelas, yaitu seleksi berbasis kesastraan. Malangnya, belakangan persyaratan kesastraan ini bisa dikatakan paling tidak dihiraukan. Bahkan, ada keganjilan yang berkembang yang perlu dicermati, diksa dikemas sebagai “kursus paket kilat”. Persyaratan batas usia dilanggar, persyaratan kejelasan garis silsilah kepanditaan ditabrak, dan pada akhirnya, yang berkembang adalah sebuah diksa telah menjadi “seremonial jabatan publik” formalitas yang menjauhi kesakralan dan jauh dari kesan “pingit”.
Akibat PERSYARATAN KESASTRAAN PANDITA tidak mendapat perhatian, masyarakat umum pun melihat bahwa tradisi diksa dan kependetaan Bali bisa dipisahkan dari tradisi kesastraan di Bali.
Dari ribuan lontar yang masih terselamatkan di Bali, kitab isa melihat bahwa tradisi kesastraan di Bali adalah lautan khazanah referensi kepanditaan yang sangat tangguh dan tebal. Bisa dipastikan kalau seseorang menguasainya TIDAK MINDER DENGAN AJARAN LUAR. TIDAK KAGETAN jika bersebelahan dengan “lulusan paket diksa aliran-aliran baru” yang memang berideologi pendidikan kepanditaan instan.
Jika kita bandingkan dengan berbagai institusi kependetaan agama-agama besar di dunia, sangat jelas ketangguhan barisan para imamnya dalam pelayanan umat sangat ditentukan oleh kuatnya tidaknya kelembagaan kependetaan yang berbasis literasi keagamaan. Semua agama besar dunia memiliki semacam “dewan literasi kependetaan” yang secara khusus melakukan bimbingan studi teks dan kitab, baik secara kajian teks, teologi, riturgi dan sosio-teologis.
Dalam tradisi Katolik dan Kristen, ada sekolah teologi untuk persiapan dan pelatihan calon pendeta. Dalam tradisi Islam, ada ilmu fikih dan kajian serta garis rawi, sanad dan matan, dalam mempersiapkan calon ustadz dan ustadzah, untuk selanjutnya dipersiapkan menjadi pemimpin atau imam bagi umatnya.
Jika lingkaran kepanditaan di Bali sekarang terlihat “kewalahan dengan terjang ombak dan masuk angin”, ini disebabkan salah satunya karena perahu kesastraan lingkar kependetaan kita terbuat dari dinding yang tipis yang mudah roboh dihantam ombang. Bocor tidaknya dinding perahu ditentukan oleh ketebalan dan kesolidan pedoman sastra kepanditaan Bali.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar