๐๐ฅ๐๐ก ๐๐ฎ๐ ๐ข ๐๐๐ง๐ฎ๐ฌ
— ๐ถ๐๐ก๐๐ก๐๐ ๐ป๐๐๐๐๐ ๐๐ข๐๐ ๐ฟ๐๐๐ข๐ , 18 ๐๐๐ก๐๐๐๐ 2022.
Purnama sasih kapitu tahun ลaka 1808 (1886 masehi), para pandita dan raja Bali dan Lombok telah memutuskan sebuah hasil kesepakatan yang tertuang dalam kesepakatan pandita dan raja Bali-Lombok dalam menentukan syarat kepanditaan di Bali dan Lombok.
Dalam kesepatan itu disebutkan bahwa persyaratan memasuki kepanditaan di Bali dan Lombok adalah melek aksara dan melek sastra kepanditaan.
Berikut kutipannya:
๐๐๐๐๐๐โ๐๐๐ ๐๐̆๐๐ก๐๐๐̆๐๐́๐ ๐ ๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐ก๐ ๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐, ๐๐๐ค๐๐ก ๐๐๐โ๐๐ ๐ค๐๐๐๐ ๐, ๐๐ก๐๐ค๐ ๐ค๐๐๐ ๐๐๐๐๐, ๐ ๐๐๐́ ๐ค๐̆๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐, ๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐ค๐๐๐๐ , ๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ค๐๐ก๐๐ ๐ก๐๐ ๐ค๐̆๐๐๐โ ๐๐๐๐ ๐ ๐๐ ๐ก๐๐, ๐๐๐๐๐ค๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐, ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐̆๐ ๐๐๐๐๐๐โ๐๐๐, ๐๐๐ ๐๐๐ ๐ค๐๐๐ ๐ค๐̆๐๐๐โ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐, ๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ก๐, ๐ก๐๐๐๐๐โ๐́ ๐๐๐๐๐๐๐๐ค๐ ๐๐๐๐๐๐๐ค๐๐, ๐ค๐̆๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐, ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ , ๐๐๐๐๐๐๐๐́ ๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐ก๐๐ ๐๐โ๐๐ค๐ ๐๐́๐๐๐๐ ๐ ๐๐ ๐๐๐, ๐๐๐๐๐๐ค๐๐ก๐๐ ๐ก๐๐ ๐ค๐̆๐๐๐โ ๐๐๐๐ ๐โ ๐ค๐̀โ๐̆๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐ ๐ก๐๐ ๐ก๐๐๐, ๐ ๐๐๐ ๐๐ก ๐๐๐๐๐๐ ๐ก๐๐ ๐ค๐̆๐๐๐โ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐́, ๐ก๐๐ ๐ค๐̆๐๐๐โ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐ ๐ก๐๐ ๐ ๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐ ๐ก๐๐๐๐ ๐ก๐๐๐ก๐๐๐, ๐๐๐๐ก๐ ๐๐ก๐๐๐๐๐ก ๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐ค๐́๐๐ ๐๐๐๐ ๐ค๐๐๐ ๐๐๐̆๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐, ๐๐๐๐ ๐๐๐๐ค๐โ ๐๐๐๐๐ก๐̆๐๐̆๐ก ๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐ ๐ก๐๐ ๐ ๐๐ค๐ ๐ ๐๐ ๐๐๐, ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐, ๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐ก๐̆๐๐ ๐ค๐̆๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐ก๐๐๐ก๐ ๐๐๐๐๐๐ 100 ๐๐๐๐, ๐ก๐̆โ๐̆๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ค๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ค๐โ, ๐๐๐ ๐๐๐๐ค๐โ ๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐, ๐ค๐̆๐๐๐๐ ๐๐๐๐ก๐̆๐, ๐ก๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐โ ๐๐́๐ค๐ ๐๐๐๐๐๐, ๐๐๐๐ค๐โ ๐๐๐โ๐๐๐ ๐ ๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ค๐๐ก๐๐ ๐ก๐๐ ๐ค๐̆๐๐๐โ ๐๐๐๐ ๐ ๐๐ ๐ก๐๐, ๐๐๐๐ ๐๐́ ๐๐๐ก๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐̆๐, ๐ก๐๐ ๐ ๐๐๐ ๐๐๐โ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐โ ๐๐๐๐ ๐, ๐ค๐̆๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐ก ๐๐๐๐๐๐๐๐โ๐๐๐๐๐, ๐๐๐ ๐ก๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐̆๐๐ค๐́ ๐ ๐๐๐๐, ๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ค๐̀โ ๐ค๐̆๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐ก, ๐๐๐๐๐๐ ๐ก๐๐๐๐๐โ๐́ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐ก๐๐, ๐ก๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐ค๐๐ ๐ก๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ก๐๐, ๐๐́๐ ๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐ ๐ค๐๐๐ ๐ค๐̆๐๐๐โ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐, ๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐̆๐๐๐๐ ๐๐๐๐โ ๐๐๐๐๐̆๐ก๐๐๐̆๐๐́๐ ๐, ๐ค๐̆๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐.
Isi pokok kutipan di atas:
๐๐๐ญ๐๐ง๐ญ๐ฎ๐๐ง ๐ข๐ง๐ข ๐๐ข๐ง๐ฒ๐๐ญ๐๐ค๐๐ง ๐๐๐ฅ๐๐ฆ ๐๐̆๐ซ๐ญ๐จ๐ฉ๐̆๐๐́๐ฌ๐. ๐๐๐ซ๐๐ง๐ ๐ฌ๐ข๐๐ฉ๐ ๐ฉ๐ฎ๐ง ๐ฒ๐๐ง๐ ๐ญ๐๐ซ๐ฆ๐๐ฌ๐ฎ๐ค ๐๐๐ฅ๐๐ฆ ๐ค๐๐ฅ๐จ๐ฆ๐ฉ๐จ๐ค ๐๐ซ๐๐ก๐ฆ๐๐ง๐ ๐๐ญ๐๐ฎ ๐ง๐จ๐ง-๐๐ซ๐๐ก๐ฆ๐๐ง๐, ๐ฉ๐ซ๐ข๐ ๐๐ญ๐๐ฎ ๐ฐ๐๐ง๐ข๐ญ๐, ๐ฆ๐๐ฆ๐ข๐ง๐ญ๐ ๐ฎ๐ง๐ญ๐ฎ๐ค ๐๐ข๐๐ข๐ค๐ฌ๐, ๐ฌ๐๐ก๐๐ซ๐ฎ๐ฌ๐ง๐ฒ๐ ๐ญ๐ข๐๐๐ค ๐๐ข๐ฉ๐๐ซ๐๐จ๐ฅ๐๐ก๐ค๐๐ง ๐ฃ๐ข๐ค๐ ๐ฒ๐๐ง๐ ๐๐๐ซ๐ฌ๐๐ง๐ ๐ค๐ฎ๐ญ๐๐ง ๐ญ๐ข๐๐๐ค ๐ฆ๐๐ง๐ ๐๐ง๐๐ฅ ๐๐ค๐ฌ๐๐ซ๐, ๐ญ๐ข๐๐๐ค ๐ฉ๐๐ก๐๐ฆ ๐ฌ๐๐ฌ๐ญ๐ซ๐ & ๐ค๐ข๐ญ๐๐ ๐ฌ๐ฎ๐๐ข.
[๐๐ค๐ฌ๐๐ซ๐ ๐ฒ๐๐ง๐ ๐๐ข๐ฆ๐๐ค๐ฌ๐ฎ๐ ๐๐๐๐ฅ๐๐ก ๐๐ค๐ฌ๐๐ซ๐ ๐๐๐ฅ๐ข ๐๐๐ง ๐ฌ๐๐ฌ๐ญ๐ซ๐ ๐ฒ๐๐ง๐ ๐๐ข๐ฆ๐๐ค๐ฌ๐ฎ๐ ๐๐๐๐ฅ๐๐ก ๐ฌ๐๐ฌ๐ญ๐ซ๐ ๐๐๐ฐ๐ข].
๐๐๐ง๐ฒ๐ ๐ฌ๐๐ญ๐๐ฅ๐๐ก ๐ฆ๐๐ฅ๐๐ฅ๐ฎ๐ข ๐ฎ๐ฃ๐ข๐๐ง ๐ค๐๐ฅ๐๐ฒ๐๐ค๐๐ง ๐๐๐ง ๐ฉ๐๐ฆ๐๐ซ๐ข๐ค๐ฌ๐๐๐ง ๐ฒ๐๐ง๐ ๐ฆ๐๐ฆ๐๐ฎ๐ค๐ญ๐ข๐ค๐๐ง ๐๐๐ก๐ฐ๐ ๐๐๐ฅ๐จ๐ง ๐๐ข๐ค๐ฌ๐ข๐ญ๐ ๐ฆ๐๐ง๐ ๐๐ญ๐๐ก๐ฎ๐ข ๐๐ค๐ฌ๐๐ซ๐-๐๐ค๐ฌ๐๐ซ๐ ๐ฌ๐๐ซ๐ญ๐ ๐ฆ๐๐ฆ๐๐ก๐๐ฆ๐ข ๐ฉ๐๐ซ๐๐ญ๐ฎ๐ซ๐๐ง ๐๐ข๐ฅ๐ ๐๐ซ๐๐ฆ๐ ๐๐ฎ๐ค๐ญ๐ข, ๐ฌ๐๐ซ๐ญ๐ ๐๐๐ซ๐๐๐ ๐๐ข ๐ฒ๐๐ง๐ ๐๐ฉ๐ ๐ฒ๐๐ง๐ ๐ก๐๐ซ๐ฎ๐ฌ ๐๐ข๐ฉ๐๐ฅ๐๐ฃ๐๐ซ๐ข, ๐ฌ๐๐ฌ๐๐ซ๐จ๐๐ง๐ ๐๐๐ฉ๐๐ญ ๐๐ข๐๐๐ซ๐ข๐ค๐๐ง ๐ฉ๐๐ง๐๐ก๐๐ข๐ฌ๐๐ง ๐๐ข๐ค๐ฌ๐.
๐๐ฎ๐ฃ๐ฎ๐๐ง ๐๐๐ซ๐ข ๐ค๐๐ญ๐๐ง๐ญ๐ฎ๐๐ง ๐๐ข ๐๐ญ๐๐ฌ ๐๐๐๐ฅ๐๐ก ๐ฎ๐ง๐ญ๐ฎ๐ค ๐ฆ๐๐ง๐๐๐ ๐๐ก ๐ ๐ฎ๐ซ๐ฎ ๐ญ๐ข๐๐๐ค ๐ญ๐๐ซ๐ฌ๐๐ง๐๐ฎ๐ง๐ ๐๐ญ๐๐ฎ ๐ญ๐๐ซ๐ฌ๐๐ง๐ ๐ค๐ฎ ๐๐๐ซ๐ข ๐๐๐ซ๐๐๐ ๐ข ๐ญ๐๐ง๐ ๐ ๐ฎ๐ง๐ ๐ฃ๐๐ฐ๐๐ ๐๐ญ๐๐ฌ ๐ค๐๐ฌ๐๐ฅ๐๐ก๐๐ง ๐ฒ๐๐ง๐ ๐ฆ๐ฎ๐ง๐ ๐ค๐ข๐ง ๐๐ข๐ฅ๐๐ค๐ฎ๐ค๐๐ง ๐๐๐ฅ๐จ๐ง ๐๐ข๐ค๐ฌ๐ข๐ญ๐ ๐ง๐๐ง๐ญ๐ข๐ง๐ฒ๐ ๐๐ข๐๐๐ซ๐ข๐ค๐๐ง ๐๐ค๐ฌ๐๐ฌ ๐๐๐ฅ๐๐ฆ ๐ฆ๐๐ฆ๐ฉ๐๐ซ๐ฅ๐๐ฃ๐๐ซ๐ข ๐ค๐ข๐ญ๐๐-๐ค๐ข๐ญ๐๐ ๐ฌ๐ฎ๐๐ข; ๐ฌ๐๐๐๐ ๐ญ๐๐ง๐ฉ๐ ๐ฆ๐๐ฆ๐ข๐ฅ๐ข๐ค๐ข ๐ฉ๐๐ง๐ ๐๐ญ๐๐ก๐ฎ๐๐ง ๐ฆ๐๐ง๐๐๐ฅ๐๐ฆ ๐ฆ๐๐ง๐ ๐๐ง๐๐ข ๐๐ค๐ฌ๐๐ซ๐ ๐๐๐ง ๐ค๐๐ฌ๐๐ฌ๐ญ๐ซ๐๐๐ง ๐ฒ๐๐ง๐ ๐๐ข๐ฉ๐๐ซ๐ฅ๐ฎ๐ค๐๐ง ๐ฌ๐๐๐๐ ๐๐ข ๐๐๐ฌ๐๐ซ ๐ฆ๐๐ฆ๐ฉ๐๐ฅ๐๐ฃ๐๐ซ๐ข ๐๐๐ซ๐๐๐ ๐๐ข ๐ฉ๐ฎ๐ฌ๐ญ๐๐ค๐ ๐ฌ๐ฎ๐๐ข ๐ค๐๐ฉ๐๐ง๐๐ข๐ญ๐๐๐ง ๐ฌ๐๐จ๐ซ๐๐ง๐ ๐๐๐ฅ๐จ๐ง ๐๐ข๐ค๐ฌ๐ข๐ญ๐ ๐ซ๐๐ง๐ญ๐๐ง ๐ฆ๐๐ฅ๐๐ง๐ ๐ ๐๐ซ ๐๐ญ๐ฎ๐ซ๐๐ง ๐ค๐๐ฉ๐๐ง๐๐ข๐ญ๐๐๐ง.
๐๐๐ง๐ฒ๐ ๐๐๐ฅ๐จ๐ง ๐ฒ๐๐ง๐ ๐ฆ๐๐ฆ๐๐ก๐๐ฆ๐ข ๐๐๐ง๐ ๐๐ง ๐ฆ๐๐ง๐๐๐ฅ๐๐ฆ ๐๐ค๐ฌ๐๐ซ๐ ๐ฌ๐ฎ๐๐ข, ๐ค๐ข๐ญ๐๐ ๐ฌ๐ฎ๐๐ข, ๐๐๐ง ๐ฌ๐๐ฌ๐ญ๐ซ๐ ๐ค๐๐ฉ๐๐ง๐๐ข๐ญ๐๐๐ง ๐๐จ๐ฅ๐๐ก ๐๐ข๐๐๐ซ๐ข๐ค๐๐ง ๐๐ข๐ค๐ฌ๐.
Perlu dijelaskan di sini:
1. “Kertopฤdรฉsa” adalah singkatan dari kerta-upa-desa, kitab yang mengatur apa yang harus diperhatikan oleh orang-orang sesuai warna .
2 Kitab Silakramayukti, salah satu yang disebut “sastra sasana”, menunjukkan apa yang harus dipatuhi oleh para sulinggih.
3 Kata 'Sastrotama' dalam teks ini merupakan singkatan dari kata 'sastra' dan 'utama'.
๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ & ๐๐๐๐๐๐
Apa yang disebutkan dalam kutipan hasil kajian dan keputusan tahun ลaka 1808 tersebut di atas sesuai dengan tradisi tua di lingkungan Kaลiwan, dimana ada berbagai bacaan wajib bagi calon pandita yang harus dibaca dengan seksama.
Apa saja daftar bacaan wajib pendeta Hindu Bali bisa dilihat di link di bawah, dalam tulisan kecil berjudul “๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐”:
Sangat jelas daftar lontar-lontar yang wajib dibaca dalam rangka mempersiapkan diri untuk menjadi calon diksita.
Barang siapa ingin memasuki jenjang ke panditaan di Bali wajib melek sastra suci yang diturunkan berabad-abad bisa dijejaki dari periode Mpu Kuturan sampai Dang Hyang Nirartha, dstnya.
“Weruh ring rupaning aksara” atau paham dengan mendalam berbagai aksara dan sastra kepanditaan adalah syarat mutlak alias WAJIB dimiliki oleh calon pandita di Bali di masa lalu.
Di sini akan diulas sekilas dua karya sastra yang wajib dibaca sebagai “pengetahuan dasar kesastraan” yang menjadi pondasi kesastraan dalam lingkungan kependetaan tradisional di masa lalu.
Dua karya sastra yang berisi “pengetahuan dasar kesastraan” bagi calon pandita yang dimaksud adalah:
๐. ๐๐๐ก๐๐ฆ ๐๐๐ง๐ ๐๐ง ๐๐๐ข๐ค ๐ข๐ฌ๐ข ๐๐๐ง ๐๐๐ก๐๐ฌ๐ ๐๐๐ค๐๐ฐ๐ข๐ง ๐๐๐ฆ๐๐ฒ๐๐ง๐ (๐๐๐ง ๐ค๐๐ค๐๐ฐ๐ข๐ง ๐ฅ๐๐ข๐ง๐ง๐ฒ๐ ๐ฒ๐๐ง๐ ๐ฌ๐๐ง๐ ๐๐ญ ๐๐ข๐ซ๐๐ค๐จ๐ฆ๐๐ง๐๐๐ฌ๐ข๐ค๐๐ง, ๐ฌ๐๐ซ๐ญ๐ ๐ญ๐๐ญ๐ฐ๐ ๐ฅ๐๐ข๐ง๐ง๐ฒ๐),
๐. ๐๐๐ง๐๐๐ค๐ง๐ฒ๐ ๐ฃ๐ข๐ค๐ ๐๐๐ซ๐ฌ๐ข๐๐ฉ ๐ฆ๐๐ฆ๐๐ฌ๐ฎ๐ค๐ข ๐๐ข๐ค๐ฌ๐ ๐ฌ๐๐จ๐ซ๐๐ง๐ ๐๐๐ฅ๐จ๐ง ๐๐ข๐ค๐ฌ๐ข๐ญ๐ ๐ฌ๐๐ง๐ ๐๐ญ ๐๐ข๐ซ๐๐ค๐จ๐ฆ๐๐ง๐๐๐ฌ๐ข๐ค๐๐ง ๐ฎ๐ง๐ญ๐ฎ๐ค ๐ฆ๐๐ฆ๐๐๐๐ ๐๐๐ง ๐ฆ๐๐ง๐ฎ๐ฅ๐ข๐ฌ-๐ฌ๐๐ฅ๐ข๐ง (๐ง๐ฒ๐ฎ๐ซ๐๐ญ ๐ฅ๐จ๐ง๐ญ๐๐ซ) ๐๐๐ค๐๐ฐ๐ข๐ง ๐๐ก๐๐ซ๐ฆ๐๐ฌ๐ฎ๐ง๐ฒ๐.
Apa alasan dari seorang calon sulinggih Kaลiwan wajib memahami kedua kakawin tersebut?
๐. ๐๐๐ค๐๐ฐ๐ข๐ง ๐๐๐ฆ๐๐ฒ๐๐ง๐
Karya ini disebut ditulis oleh Mpu Yogiswara yang tidak lain disebut sebagai "Sesuhunan/Lelangit" para menganut ajaran Keลiwaaan. Beliau mengubah dan menyajikan secara baru Ramayana berbahasa Sanskerta yang ditulis oleh Bhati, Maha Kawi berpaham ลaiwa yang mumpuni. Tarikan nafas dan kandungan Kakawin Ramayana adalah pokok-pokok ajaran penganut ลiwฤgama. Melalui proses menyelam ke dalam pokok dan saripati Kakawin Ramayana diharapkan seorang pembaca bisa mendapat dasar terdalam tradisi Kaลiwan di Nusantara yang sudah dituliskan dalam era pembuatan Candi Prambanan, sekitar abad 9, atau sekitar tahun 800-san Masehi, kemungkinan bersambung tanpa putus ke Kediri, Singasari, Majapahit dan Gelgel.
๐. ๐๐๐ค๐๐ฐ๐ข๐ง ๐๐ก๐๐ซ๐ฆ๐๐ฌ๐ฎ๐ง๐ฒ๐
Karya ini luar biasa mendalam dan dinilai sebagai karya sastra yang secara teologis paling berhasil “secara singkat” membahas teologi ลiwaisme yang juga dikenali sebagai ลiwa ลiddhanta.
Setelah memahami-menjalani bimbingan guru tembang dan juga perguruan garis diksa, seorang calon diksita diharapkan “nyurat lontar” Kakawin Dharmasunia. Artinya, menyalin sendiri, sambil merasuk-tanam-akarkan isi dan kedalaman esensi teologis ลiwaisme dan pokok ajaran mantra puja di dalamnya ke dalam diri sebagai bagian dari tarikan nafas ketika proses penyalinannya.
Dua syarat ini memberikan gambaran bahwa, kalau keduanya dilewati dengan baik, jika ingin menjadi calon diksita yang berkualitas, diharapkan tuntas tatas membaca Kakawin Ramayana, dan tatas retas membaca Kakawin Dharmasuni, dan menyalin sendiri dengan pangrupak dan daun lontar untuk menjadi proses meditasi gerak, sebuah proses menyusupkan konsepsi dan taksu Sang Hyang Aksara.
Jelas, sangat jelas, ๐๐๐ก๐ฐ๐ ๐ฌ๐๐จ๐ซ๐๐ง๐ ๐ฒ๐๐ง๐ ๐ญ๐ข๐๐๐ค ๐ฉ๐๐ก๐๐ฆ ๐๐๐๐ ๐ญ๐ฎ๐ฅ๐ข๐ฌ ๐๐ค๐ฌ๐๐ซ๐ ๐๐๐ฅ๐ข ๐ญ๐ข๐๐๐ค ๐๐จ๐ฅ๐๐ก ๐ฆ๐๐๐ข๐ค๐ฌ๐ ๐๐๐ง๐ ๐๐ง “๐ฉ๐๐๐ข๐ค๐ฌ๐๐ง ๐ค๐๐ฌ๐ฎ๐ฅ๐ข๐ง๐ ๐ ๐ข๐ก๐๐ง ๐๐๐ฅ๐ข”.
Mewarisi demikian besarnya volume lontar-lontar kepanditaan di Bali, seorang pembelajar “jalan rohani” Bali diajak sadar bahwa sesungguhnya kepanditaan Bali berbasis seleksi jelas, yaitu seleksi berbasis kesastraan. Malangnya, belakangan persyaratan kesastraan ini bisa dikatakan paling tidak dihiraukan. Bahkan, ada keganjilan yang berkembang yang perlu dicermati, diksa dikemas sebagai “kursus paket kilat”. Persyaratan batas usia dilanggar, persyaratan kejelasan garis silsilah kepanditaan ditabrak, dan pada akhirnya, yang berkembang adalah sebuah diksa telah menjadi “seremonial jabatan publik” formalitas yang menjauhi kesakralan dan jauh dari kesan “pingit”.
Akibat PERSYARATAN KESASTRAAN PANDITA tidak mendapat perhatian, masyarakat umum pun melihat bahwa tradisi diksa dan kependetaan Bali bisa dipisahkan dari tradisi kesastraan di Bali.
Dari ribuan lontar yang masih terselamatkan di Bali, kitab isa melihat bahwa tradisi kesastraan di Bali adalah lautan khazanah referensi kepanditaan yang sangat tangguh dan tebal. Bisa dipastikan kalau seseorang menguasainya TIDAK MINDER DENGAN AJARAN LUAR. TIDAK KAGETAN jika bersebelahan dengan “lulusan paket diksa aliran-aliran baru” yang memang berideologi pendidikan kepanditaan instan.
Jika kita bandingkan dengan berbagai institusi kependetaan agama-agama besar di dunia, sangat jelas ketangguhan barisan para imamnya dalam pelayanan umat sangat ditentukan oleh kuatnya tidaknya kelembagaan kependetaan yang berbasis literasi keagamaan. Semua agama besar dunia memiliki semacam “dewan literasi kependetaan” yang secara khusus melakukan bimbingan studi teks dan kitab, baik secara kajian teks, teologi, riturgi dan sosio-teologis.
Dalam tradisi Katolik dan Kristen, ada sekolah teologi untuk persiapan dan pelatihan calon pendeta. Dalam tradisi Islam, ada ilmu fikih dan kajian serta garis rawi, sanad dan matan, dalam mempersiapkan calon ustadz dan ustadzah, untuk selanjutnya dipersiapkan menjadi pemimpin atau imam bagi umatnya.
Jika lingkaran kepanditaan di Bali sekarang terlihat “kewalahan dengan terjang ombak dan masuk angin”, ini disebabkan salah satunya karena perahu kesastraan lingkar kependetaan kita terbuat dari dinding yang tipis yang mudah roboh dihantam ombang. Bocor tidaknya dinding perahu ditentukan oleh ketebalan dan kesolidan pedoman sastra kepanditaan Bali.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar