Sabtu, 05 September 2020

Hindu oleh arab

Diizinkannya Pembangunan Kuil Hindu di Emirat, Apakah Pertanda Berhala  Kembali Ke Jazirah Arab? - dakwatuna.com

Pernahkah anda menemukan asumsi yang menyebut Kepercayaan sebelum Hindu masuk ke Nusantara? Kepercayaan apa yang dimaksud?

Sebenarnya Hindu disebut Sanatana Dharma dan kata Hindu merujuk lokasi geografis dimana ajaran mengenai Dharma ini bermula dan menjadi pusatnya. Istilah Hindu sendiri diberikan oleh orang di luar wilayah geografis yang saya maksudkan.

Pada kumpulan Sayar Ul Okul yang tersimpan di Turki, yang juga berisi karya pendahulu Nabi Muhammad yaitu 2000 tahun dari jaman sebelum Nabi Muhammad dan disana juga terdapat sair karya Paman kandung Nabi Muhammad. Pada sair itu terdapat kata Hind (Hindu). Jadi penamaan Hindu bisa dikatakan memang disebut awalnya bermula dari Arab.


Kepercayaan Hindu faktanya memang membentang luas ke Barat melalui Afganistan kuno hingga ke Mesir Kuno. Dewa-dewa mesir Kuno adalah bersumber dari tradisi Hindu atau Sanatana Dharma. Di mesir ada tempat terkenal bernama Siwa Temple atau Siwa Oasis yang dalam bahasa Arab disebut Wahad Siwah, bahasa koptik disebut Siwah dan bahasa Barber Isiwan. Nama Dewa Utama yang di Puja disana adalah Amun Ra yang sebenarnya setara dengan di Bali sebagai Siwa Raditya. Kata Amun sendiri disebut merujuk Yamuna.

Kemudian kepercayaan Hindu juga sampai di Nusantara hingga benua Amerika dimana di kedua tempat ini ada simbol tapak dara atau cross dan Swastika. Candi-candi di Nusantara semuanya adalah candi-candi dalam tradisi Hindu baik itu yang bercorak Buddha maupun Siwa. Bila di bulatkan bahwa di Nusantara ini kepercayaan yang prominent adalah kepercayaan Wisnu dan Siwa atau bisa disebut Siwa Buddha.
Dagang Banten Bali

Sehingga disemua negara yang dimasa lalu mendapat pengaruh Hindu pemujaan atas leluhur adalah hal yang umum dan ini bisa di jumpai di Luar India dan Nepal adalah di Bhutan, Cina, Vietnam, Jepang, Korea, Thailand, Myanmar, Laos, dst., hingga ke Indonesia.

Jadi sebenarnya apa yang para ahli modern kategorikan sebagai Animisme dan Dinamisme adalah juga berada pada Hindu. Tidak ada agama di Dunia yang bebas penuh dari unsur Animisme dan Dinamisme! Ketika anda percaya sebuah buku itu suci dan bersumpah memakainya maka anda juga akan masuk kesana, dsb.

Jadi kira-kira apa yang dimaksud sebagai kepercayaan sebelum Hindu tersebut? Sebab Hindu atau Sanatana Dharma ternyata keberadaannya sudah ada di jaman kuno yang jauh lebih tua dari apa yang kita perkirakan.

Agus Wirawan Sudewa R‎
ke
HINDU

Visit Our Sponsor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar