Selasa, 23 Januari 2024

GARUDA PURAANA. ( 54 ) TENTANG TUBUH MANUSIA

 



Dewa Vishnu kemudian menggambarkan tentang keberadaan tubuh manusia.

Tubuh manusia dibentuk oleh ; kulit (carma), darah (rakta), daging (mamsa), lemak (meda), lendir (majja), tulang (asti), dan kehidupan (jiivana).
Lima elemen yang dimaksudkan adalah Tanah (kshiti), Air (aapaha), Energi (teja), Angin (vaayu) dan langit /akasa ( aakaa'sa). Masing- masing elemen ini membentuk bagian tubuh manusia. Elemen tanah membentuk kulit, tulang, nadi, rambut serta bulu tubuh dan daging. Elemen air membentuk bagian air ludah, lendir dan darah. Energi membentuk segala kebiasaan manusia seperti kelaparan (kshudha), tertidur (nidra), haus (tresna), kemalasan (alasya), dan sinar tubuh (kanti). Elemen udaranya membentuk kemarahan, (raaga), kecendrungan melukai (dvesa), kesederhanaan (lajjaa), ketakutan (bhaya) dan ketidak tahuan (moha). Elemen angkasa melahirkan lubang-lubang tubuh (cidra), gaya gravitasi tubuh (gambhirya), pendengaran dan pikiran (sattva).

Ada beberapa bagian indera (indraya). Indera kecerdasan (buddhindriya) adalah telinga, kulit, mata, lidah dan hidung. Indera perbuatan (karmendriya) adalah objek-objek yang menghasilkan tindakan seperti tangan, kaki dan kata-kata.
Di dalam tubuh manusia terdapat sepuluh nadi.
Kesepuluh nadi itu adalah : Idaa, Pinggala, Susumna, Gandhari, Hastijihva, Pusa, Ya'sa, Alambusa, Kuhu dan 'Sangkhini.
Di dalam tubuh manusia juga ada sepuluh nafas yang berbeda. Kesepuluh nafas itu adalah : Praana, Apaana, Samaana, Udaana, Vyaana, Naaga, Kuurma, Krikara, Devadatta dan Dhananyjaya.
Bulu tubuh ada pada tubuh manusia berjumlah tiga setengah crore dan ada tiga laksa bulu dikepalanya. Giginya berjumlah tiga puluh dua dan kukunya ada dua puluh. Pala adalah sebuah satuan ukuran.
Ada seribu pala daging dalam tubuh manusia, seratus pala darah, sepuluh pala lemak, sepuluh pala kulit dan dua be


Tidak ada komentar:

Posting Komentar