Kamis, 13 April 2023

Gregek Tunggek, Makhluk Gaib di Bali yang Dikenal Suka Menggoda Laki-Laki







Geregek Tonggek atau Regek Tunggek adalah salahsatu jenis mahkluk gaib di wilayah Bali yang cukup menakutkan, Dalam Lontar Purwa Bhumi Kemulan, Sang Bhuta Reregek atau lebih dikenal sebagai Geregek Tonggek adalah mahkluk gaib penjaga perbatasan disetiap Desa di Bali ia juga suka menghuni wilayah Setra (kuburan tempat kremasi mayat), serta dikenal kerap menggoda lelaki.

Banyak versi tentang wujud Geregek Tonggek ini, ada yang mengatakan, Geregek Tunggek berwujud perempuan berwajah cantik sebelah sedangkan wajah bagian sebelahnya lagi hancur, atau berwujud wanita cantik dari jauh baru didekati wajah menjadi sangat seram, yang paling populer adalah wujud wanita cantik dengan lubang membusuk di punggungnya mirip Sundel Bolong namun asal usulnya jauh berbeda.

Dalam sebuah pementasan calonarang yang dengan lakon "Sedah Wong" disebutkan bahwa, Geregek Tunggek sebagai mahkluk yang tercipta dari kemarahan Dewi Durga saat diasingkan di Bumi oleh suaminya, Dewa Siwa, Dewi Durga yang murka lalu menghentakan kakinya di tanah Setra Gandamayu dari semua unsur di setra seperti tanah, batu, api, dan air, bahkan mayat-mayat yang dikubur tercipta berbagai macam mahkluk menyeramkan, Dari mayat perempuan yang semasa hidupnya pernah menjadi korban lelaki terciptalah mahkluk bernama Gregek Tunggek, mahkluk-mahkluk tersebut diperintahkan meneror umat manusia di Bumi.


Gregek Tunggek memiliki wajah yang sangat menyeramkan, karena itu, untuk menggoda lelaki ia menggunakan Ajian Pudhak Sategal agar bisa merubah wajahnya menjadi cantik seperti biadari, walau hanya bisa berubah dalam waktu yang tidak lama. Gregek Tunggek sering menampakan dirinya bila ada orang berniat tidak baik yang melewati wilayahnya, ia juga suka menggoda pria hidung belang dengan berubah wujud dengan menjadi wanita cantik dengan punggung berlubang, Geregek Tonggek juga dikabarkan sering membonceng pengendara motor yang berkendara sendirian pada malam hari.

Banyak versi sih yang mengatakan gimana awal terciptanya hantu ini. Dalam versi pementasan Calonarang, hantu ini diceritakan sebagai mahkluk yang tercipta dari kemarahan Dewi Durga saat diasingkan di Bumi oleh suaminya, Dewa Siwa.

Dewi Durga yang murka lalu menghentakan kakinya di tanah Setra Gandamayu dan dari semua unsur di setra seperti tanah, batu, api, dan air, bahkan mayat-mayat yang dikubur tercipta berbagai macam mahkluk menyeramkan, salah satunya adalah hantu ini, dan selanjutnya mahkluk-mahkluk tersebut diperintahkan meneror umat manusia di Bumi.

Ada juga nih yang menyebutkan dengan versi lainnya, kalau hantu ini tercipta dari dari mayat perempuan yang mati akibat diperkosa atau akibat dianiaya lelaki, itulah mengapa ia sangat membenci lelaki. Laki-laki emang gitu, suka bikin cewek sakit hati, makanya Mz ngga suka sama laki-laki.

Ajian Pudhak Sategal milik Gregek Tunggek Ini bukan ajian sembarangan, karena dengan Ajian Pudhak Sategal ini mampu merubah sosok hantu ini menjadi gadis cantik dan seksi. Sehingga bikin laki-laki menjadi tergoda untuk mendekatinya. Serem juga ya, tapi secantik apa sih setelah menggunakan ajian ini?


1 komentar:

  1. mohon maaf ijin bertanya, siapa nama penulis dari artikel tersebut?, terimakasih

    BalasHapus