Sabtu, 08 Juli 2023

EFEK MAKANAN TERHADAP KESEHATAN JASMANI PIKIRAN DAN KEHIDUPAN SPRITUAL

 



Kesehatan pikiran dan tubuh terkait erat satu sama lain. Tubuh bekerja setelah menerima instruksi dari pikiran; semua atribut baik dan buruk ditanamkan dalam pikiran, mempengaruhi kesejahteraan tubuh. Namun, perlu dicatat bahwa tubuh yang sehat pada dasarnya mempengaruhi pikiran dan perilakunya. Oleh karena itu, makanan dan bahan yang membangun pikiran dan tubuh harus sehat, bergizi, dan lembut.
Sifat makanan membentuk kebajikan dalam diri manusia. Kompartemen otak dan pikiran yang berbeda dipengaruhi oleh makanan dari berbagai sifat dan komponen. Makanan seperti daging, ikan, telur, bawang merah, dan bawang putih membangkitkan gairah. Sebaliknya, biji-bijian, sereal, buah-buahan, dll. membuat pikiran menjadi tenang dan tenteram.
Ciri lain dari makanan adalah efek positif dan negatifnya pada pikiran, emosi, dan kesadaran kita. Pola makan daging menyebabkan konsekuensi yang berbahaya. Manu Smruti menyatakan bahwa seseorang harus menahan diri dari makan segala jenis daging karena melibatkan pembunuhan dan mengarah pada ikatan karma. Teror dan rasa sakit yang diderita hewan sebelum penyembelihan meninggalkan efeknya pada daging. Bagaimana kekejaman, teror, dan ketakutan pada hewan dapat menginspirasi belas kasih dan kebajikan pada konsumennya?
Jika anak-anak dibesarkan dengan pola makan vegetarian, mereka dihadapkan pada prinsip tanpa kekerasan dan terinspirasi menuju kedamaian dan kasih sayang. Mereka tumbuh dengan mengingat untuk tidak membunuh. Orang yang tidak membunuh hewan atau makan daging kemungkinan besar tidak akan cenderung ke arah kekerasan terhadap manusia dan pembunuhan hewan. Dalam Mahabharata , Resi Agung Veda Vyasa menginstruksikan, "Dia yang ingin menambah dagingnya sendiri dengan memakan daging hewan lain akan hidup dalam kesengsaraan dalam spesies apa pun yang dilahirkannya." Dalam Chandogya Upanishad,Sage Sanatkumar mengatakan, "Ahdra shuddhau satva shuddhihi ..." artinya, "Jika makananmu murni, seluruh sifatmu akan murni; jika seluruh sifatmu murni, ingatanmu tidak akan gagal; jika kamu telah menguasai ingatanmu, semua simpul (keraguan di dalam hatimu) akan dilonggarkan."
Ketika makanan murni, refleksi dan pemahaman yang lebih tinggi menjadi murni; memori menjadi kuat. Ketika ingatan menjadi kuat, ada pelepasan dari semua simpul hati.

-Chandogya Upanishad, I.Vii
Dari Brahman, yang adalah Diri, muncullah akasha (ruang); dari akasha, udara; dari udara, api; dari api, air; dari air, bumi; dari bumi, tumbuh-tumbuhan; dari tumbuh-tumbuhan, makanan; dari makanan tubuh manusia. Tubuh manusia, yang tersusun dari inti sari makanan, adalah selubung fisik Diri.
-Taittiriya Upanishad, II.i.3
Dia yang mengetahui sisa makanan pada makanan ini ditegakkan; ia menjadi pemilik makanan. Dia menjadi hebat dalam keturunan dan ternak (kemakmuran) dan dalam pancaran spiritual (kilau kesucian) dan hebat dalam kemasyhuran. -Taittiriya Upanishad, III.vii.1
Seorang Brahmana (pendeta) harus menjauhkan diri dari daging. - Mahabharata Anusasana Parva , Bagian XCIII
Dosa makan daging dikaitkan dengan tiga penyebab. Dosa itu dapat melekat pada pikiran, kata-kata, dan tindakan. Karena alasan inilah orang-orang bijaksana yang menjalankan laku tapa menahan diri dari makan daging. - Mahabharata, Anusasana Parva, Bagian CXIV
Berpakaian bagus, dimasak dengan garam atau tanpa garam, daging, dalam bentuk apa pun yang diambil seseorang, lambat laun ia menarik pikiran dan memperbudaknya. ‑ Mahabharata, Anusasana Parva, Bagian CXIV
makanan satwik
Makanan yang meningkatkan kehidupan, kesucian, kekuatan, kesehatan, kebahagiaan, keceriaan, beraroma, halus, kokoh dan substansial disukai oleh sattwic (17:8).
Karena kita berusaha untuk semakin sattwi, kita harus melihat setiap poin dari ayat ini sehingga kita dapat memperbaiki pola makan kita dan meningkatkan sattwa kita, mengingat bahwa makanan menjadi pikiran menurut Chandogya Upanishad. “Makanan bila dimakan menjadi tiga kali lipat, bagian yang paling kasar menjadi kotoran; daging (bagian) tengahnya, dan (bagian) pikirannya yang paling halus… Jadi, sayangku, pikiran terdiri dari makanan” (6.5.1, 4). “Dari dadih, sayangku, saat diaduk, yang halus bergerak ke atas, menjadi mentega. Dengan cara yang sama, sayangku, makanan yang dimakan, yang halus bergerak ke atas, menjadi pikiran. Jadi, sayangku, pikiran terdiri dari makanan” (6.6.1,2, 5).
Ayus –makanan yang justru memperpanjang umur. Dengan kata lain, makanan yang benar-benar sehat yang melindungi dan memelihara tubuh. Masalahnya adalah setiap orang memiliki ide sendiri tentang jenis makanan apa yang sehat. Saya sarankan Anda membaca buku-buku Dr. Neal Barnard tentang diet, dimulai dengan Food For Life . Juga T. Colin Campbell's The China Study . Tetapi buku-buku terbaik tentang diet dan kesehatan adalah How Not To Die dan How Not To Diet, oleh Dr. Michael Greger Kebanyakan orang secara perlahan bunuh diri dengan pola makan yang salah. Jika mereka tidak mempersingkat hidup mereka, mereka memastikan bahwa mereka sakit selama bertahun-tahun di akhir hidup mereka. Ayus juga berarti yang menambah daya hidup.
Sattwa –makanan yang meningkatkan kualitas sattwa, yang juga menyiratkan makanan yang mempromosikan kebajikan, baik dalam arti kekuatan maupun dalam arti kebaikan. Ini adalah makanan yang mencerahkan dan meningkatkan kesehatan tubuh dan pikiran, makanan yang sebenarnya bersifat spiritual dalam pengaruhnya. Ini adalah makanan vegan murni, bebas dari unsur hewani dan kimia.
Bala – makanan yang memberi kekuatan pada tubuh dan pikiran.
Arogya –makanan yang memperkuat sistem kekebalan sehingga tubuh dapat melawan atau menghilangkan penyakit.
Sukha – makanan yang mudah dicerna tubuh dan menghasilkan kemudahan dan kenyamanan dalam tubuh.
Priti –makanan yang benar-benar memuaskan tubuh secara nutrisi, dan juga pikiran. Tidak perlu dimakan seperti obat. Padahal, priti adalah yang memberi kenikmatan nyata dalam makan.
Rasyas – makanan yang kaya akan rasa, yang memiliki banyak rasa.
Snigdha – makanan yang mengandung minyak yang cukup, yang halus dan enak untuk dimakan.
Sthiras –makanan yang substansial.
Hridyas – makanan yang hangat, memuaskan dan menyenangkan – perasaan di perut.
Ini adalah daftar periksa yang berharga untuk membantu kita makan makanan yang benar-benar sattwik.
Makanan Sattvic termasuk makanan vegetarian segar, baik mentah maupun dimasak, seperti buah-buahan, sebagian besar sayuran, sereal, nasi, susu, roti segar, dan lentil.
Makanan rajasik
Makanan yang pedas, asam, asin, terlalu panas, kasar, sepat dan membakar, menghasilkan rasa sakit, kesedihan, dan penyakit disukai oleh rajasik (17:9).
Kata – makanan yang sangat tajam, pedas, atau tajam – yang hampir pedas di mulut.
Amla –makanan yang sangat asam, asam, atau cuka.
Lavana –makanan yang sangat asin atau asin (mengandung cairan jenis acar). Ini keras pada ginjal dan meningkatkan tekanan darah.

Atyushna –makanan yang terlalu panas. Masalahnya di sini adalah memutuskan apa yang berlebihan, karena semakin banyak orang makan makanan panas, semakin banyak toleransi yang mereka kembangkan, sampai apa yang terasa panas dan menyakitkan bagi orang lain akan terasa ringan menurut selera mereka. Saya kenal seorang pria yang akan duduk dan makan paprika jalapeƱo utuh seperti camilan. Ketika saya bertanya apakah mereka panas, dia berkata Tidak. Jadi saya menggigitnya. Gunung berapi!
Tikshna –makanan yang keras, berapi-api, dan asam, terutama di perut.
Raksha – makanan yang astringen, dan juga kasar dan kering, jenis makanan yang memotong langit-langit mulut Anda atau bahkan kerongkongan Anda saat turun.
Vidahinas – makanan yang terbakar dan menghanguskan.
Hasil
Jenis makanan ini menghasilkan:
Duhkha – rasa sakit dan ketidaknyamanan atau stres.
Shoka –kesengsaraan: penyesalan yang dirasakan banyak orang dan yang membuat produsen anti-asam menjadi kaya, dan yang berkontribusi pada bisul.
Amaya – penyakit dalam arti kegagalan fungsi dan penyakit yang dihasilkan oleh kerusakan yang dilakukannya pada tubuh.
Di samping efek berbahayanya, aspek yang lebih disayangkan dari jenis makanan ini adalah sifatnya yang membuat ketagihan. Jadi makanan rajasic adalah jenis yang paling sulit untuk dilepaskan.
Makanan Tamasik
Apa yang basi, hambar, busuk, sisa untuk hari berikutnya, uchchishta [sisa-sisa makanan yang dimakan orang lain; sisa-sisa yang sebenarnya dari piring seseorang] dan tidak murni, adalah makanan yang bersifat tamasik (17:10).
Yatayamam–makanan yang sisa, basi, dan bahkan manja. Banyak orang makan jenis makanan ini hanya karena malas atau kurang inisiatif – keduanya sifat tamas. Sebagian besar makanan restoran berantai tidak layak untuk dikonsumsi manusia, apa yang harus dikatakan tentang makanan "deli" dari toko bahan makanan besar. Tidak ada yang tahu berapa umurnya. Rantai makanan cepat saji mengemas makanan mereka – terutama daging – dalam kantong formaldehida dan kengerian lainnya. Beberapa orang akan memasak makanan dalam jumlah besar dan kemudian memakannya selama seminggu atau lebih. Saya tahu orang-orang yang akan mengikis cetakan dan menggerogoti. Banyak makanan kaleng merupakan pelanggaran lain terhadap kemanusiaan. Kesediaan untuk makan makanan basi – dan terkadang ketidakmampuan untuk mengatakan bahwa itu basi – lebih bersifat psikologis daripada fisik, dan kita tidak boleh membiarkan penghematan yang salah diterapkan membuat kita terbiasa makan makanan yang rusak ini. Karena tidak ada pendingin di India kuno, tidak ada makanan yang dianggap layak untuk dimakan jika dibiarkan semalaman. Namun, sekarang kita bisa mendinginkan bahkan membekukan makanan, memakan sisa makanan tidak selalu merugikan.
Gatarasam – makanan yang hambar, tanpa rasa. Deskripsi ini berlaku untuk banyak makanan “sattwic” yang dimasak oleh mereka yang berpikir bahwa mereka spiritual atau bahkan yogi. Itu hambar dan tidak kuat, dan seringkali memiliki warna dan tekstur yang tidak menyenangkan. Dan di atas itu semua, mereka memberi orang sedikit olesan, berkomentar: "Ini benar-benar kaya [atau berat] dan Anda tidak boleh makan terlalu banyak." Beberapa kesempatan! Terakhir kali saya harus makan di rumah orang-orang yang begitu berdedikasi, suram, dan hafalan, jumlah yang disajikan untuk delapan orang hanya akan cukup untuk tiga manusia normal. Makanan mereka yang hambar dan tidak mencukupi mencerminkan filosofi dan pikiran mereka.
Puti –makanan yang busuk, bau, dan berbau busuk. Berapa kali Anda melihat tanda atau iklan restoran yang membual bahwa mereka menyajikan steak tua? Merupakan kebiasaan para "gourmets" untuk "menggantung" burung dan membiarkannya sedikit membusuk sebelum memasaknya. Saya membaca tentang salah satu restoran yang akan "menggantung" belibis sampai mereka memelihara belatung, yang akan mereka bersihkan sebelum dimasak. Suatu malam sekelompok pelanggan memanggil koki dan memuji "isian" lezat yang ada di belibis. Mula-mula koki itu bingung, dan kemudian menyadari bahwa belatungnya belum dihilangkan, tetapi telah dipanggang di belibis! Ini adalah contoh yang jelas tentang bagaimana makanan tamasik merusak selera.
Daging itu sendiri adalah daging yang membusuk. Dan bagaimana dengan keju berjamur dan "bau" yang sangat disukai banyak orang? Pikirkan tentang bau tidak sedap yang dikeluarkan ikan dan makanan laut saat dimasak, apa yang harus dikatakan tentang bau busuk di pasar oriental yang menyimpannya dalam keadaan kering? Kegembiraan dalam hal-hal seperti itu jelas tidak normal. Apakah saya perlu menyebutkan hal-hal mengerikan seperti telur "berusia seratus tahun" dan sejenisnya?
Uchchistam – makanan yang telah dimakan oleh orang lain. Ini adalah favorit banyak orang. Mereka mengambil dari piring orang lain, mencipratkan sesuatu dari piring mereka ke piring orang lain, berkata: "Beri aku rasa itu" dan menggigit apa pun yang telah dimakan seseorang (seringkali bagian tubuh dari binatang). Makan ludah orang lain! Di zaman modern ketika kita tahu tentang kuman dan penyakit menular, tidak ada bedanya bagi mereka. “Beri aku seteguk itu… sobek sebagian untukku… biarkan aku menggigit sedikit….” Ini adalah cara mereka memberi makan. Ini juga merupakan cara mereka mengambil energi kehidupan orang lain dan memberikan energi yang tidak sehat atau berpenyakit kepada mereka.
Minum
Deskripsi makanan tamasic berlaku untuk minuman, juga, rajasic dan tamasic menyukai fermentasi, cairan beralkohol, dan kecanduan setiap bentuk minuman ringan beracun.
Contoh pengaruh makanan tamasa Guna bisa di lihat dari pelaku pemabuk, Pencandu Narkoba dll
Terlepas dari jalan yoga yang kita pilih untuk maju menuju Tuhan — bhakti yoga (jalan pengabdian), karma yoga (jalan tindakan tanpa pamrih), jnana yoga (jalan pengetahuan), atau raja yoga (jalan meditasi)— diet sattvic membuat kemajuan spiritual kita lebih mudah. Umat ​​Hindu tidak percaya bahwa seorang vegetarian pastilah orang yang lebih baik daripada orang yang bukan vegetarian. Mereka percaya bahwa makan makanan sattvic membuat kemajuan relatif lebih mudah di jalur yoga.
MAKANAN VISUDA SATVAM
Banyak umat Hindu percaya bahwa Tuhan menerima apa pun yang dipersembahkan kepada-Nya (atau Dia) dengan cinta dan karenanya mereka menempatkan makanan di depan gambar Tuhan di kuil dan rumah untuk mengekspresikan bhakti mereka. Saat mempersembahkan makanan kepada Tuhan, umat memilih makanan yang paling murni dan sehat dan oleh karena itu hampir selalu mempersembahkan makanan sattvic, seperti manisan, buah-buahan, susu, air murni, daun tulsi, dan nasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar