Sabtu, 03 Februari 2024

DISKUSI NAHUSA DAN YUDHISTIRA

 


Nahusha telah berwujud seekor ular besar yang tinggal disebuah gua dan sedang menunggu hari dimana kutukannya akan dicabut karena percakapannya dengan Yudhistara.
Bhima memberikan petunjuk tanpa sadar dengan mencapai Nahusha terlebih dahulu dan Yudhistira datang mencari saudaranya yang melacak jejak kaki dan cerita lain untuk menemukannya dalam cengkeraman kuat ular besar itu.
Ketika Yudhistira memintanya untuk melepaskan saudaranya, Nahusha mengatakan dia akan melepaskannya jika dia menjawab pertanyaan yang akan diajukan kepadanya. Yudhistira mengiyakan namun memberikan syarat balasan bahwa ia ingin mengetahui terlebih dahulu apakah Nahusha sadar 'Apa yang harus disadari (diketahui) oleh seorang Brahmana dalam hidupnya', agar ia bisa menjawab pertanyaan Nahusha.
Nahusha: siapakah Brahmana itu? dan apa yang perlu diketahui?
Yudhistira: Seorang Brahmana adalah orang yang memiliki kualitas-kualitas kebenaran, amal, ketekunan, perilaku baik, tanpa kekerasan, tobat dan kasih sayang.
Yang perlu diketahui adalah Parabrahmam, yang melampaui Sukha (kebahagiaan) dan Dukha (duka), begitu seseorang mengetahui bahwa ia akan mengatasi kesedihan.
Nahusha: kualitas seperti kejujuran, kasih sayang, tidak adanya kemarahan, tidak melakukan kekerasan, kasih sayang tersedia dalam keempat Varna, tidak ada sesuatu pun yang bukan suka atau bukan dukha.
Yudhistira: jika seorang Sudra memiliki semua sifat tersebut maka ia disebut Brahmana, jika seorang Brahmana tidak memiliki sifat tersebut maka ia disebut Sudra.
Saya percaya ada tahapan yang melampau sukha dan dukha, sama seperti ada tahapan dimana tidak ada panas yang ekstrim atau dingin yang ekstrim tapi itu hanya kehangatan biasa.
Nahusha: jika seorang Brahmana ditentukan berdasarkan kualitas yang dimilikinya, maka sia-sia menentukan Varna berdasarkan kelahiran.
Yudhistira: sangat sulit untuk menentukan Varna seorang laki-laki karena percampuran Varna dan laki-laki telah menghasilkan anak dari perempuan dari Varna yang berbeda. Oleh karena itu para filosof berpendapat bahwa penentuan Varna harus didasarkan pada perilaku saja. Barangsiapa mempunyai pengetahuan Veda dan juga sifat-sifat baik, maka dia sendirilah yang layak disebut sebagai Brahmana.
Nahusha menerima bahwa Yudhistira tahu persis apa yang harus diketahui dan karenanya dia tidak bisa memakan saudaranya, Bhimasena. Sesi diskusi berlanjut lebih jauh dengan Yudhistira mencari ilmu kepada Nahusha dan akhirnya Nahusha mendapatkan tubuh ketuhanannya dan menjauh menuju swarga setelah menyelesaikan masa kutukannya.
*Komentar*.
*1*. Diskusi secara khusus memperjelas bahwa banyak brahmana, karena kelahiran, tidak memperlihatkan kualitas-kualitas yang ditentukan dan sesi tanya jawab ini. Kemerosotan kualitas para brahmana lebih terlihat pada Kaliyuga dibandingkan Dwapara Yuga. Ini masuk teks Mahabharata, karena mempunyai tujuan yang lebih tinggi sebagai dharma sastra.

*2*. Pada masa kini seseorang dapat diklasifikasikan kedalam Varna dan kasta, ditentukan berdasarkan perilaku. Brahmana berdasarkan kasta tidak dapat mengklaim dirinya secara otomatis sebagai Brahmana oleh Varna tanpa memiliki kualitas-kualitas yang layak seperti yang disebutkan di atas sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Mahabharata karya Vyasa dan disepakati oleh Nahusha dan Yudhistira.
*3*. Promiskuitas adalah praktik melakukan seks bebas secara sering dengan pasangan yang berbeda atau tidak pandang bulu memilih pasangan, tanpa didasari ikatan pernikahan.
*4*. Para orang bijak memberikan kesaksian dengan mengatakan apapun kasta kita, lakukan pengorbanan (yajna) sebagai awal, karena orang-orang bijak berpendapat bahwa karakter adalah syarat utama. Upacara kelahiran seseorang dilakukan sebelum putus tali pusat, ibunya bertindak sebagai Savitri dan ayahnya bertugas sebagai pendeta.
*5*. Dianggap sebagai seorang Sudra selama dia tidak diinisiasi dalam Veda. Swayambhuva Manu telah menyatakan, bahwa kasta campuran harus dianggap lebih baik jika telah melalui upacara penyucian dan mematuhi aturan perilaku yang baik. Siapapun yang mematuhi aturan-aturan perilaku yang murni dan berbudi luhur, maka dialah yang telah ditetapkan sebagai seorang Brahmana.
*6*. Karakteristik yang ada pada seorang Sudra, tidak ada pada seorang Brahmana, mereka yang Brahmana juga tidak ada dalam Sudra. Seorang Sudra bukanlah Sudra karena kelahirannya saja, begitu pula seorang Brahmana bukanlah Brahmana karena kelahirannya saja.
*7*. Orang yang dikatakan oleh para bijaksana yang melihat kebajikan-kebajikan itu adalah seorang Brahmana. Orang-orang menyebutnya sebagai Sudra yang tidak memiliki sifat-sifat tersebut, meskipun ia adalah seorang Brahmana sejak lahir.
*8*. Dengan melakukan hal yang sebaliknya, manusia dilahirkan kembali sebagai manusia atau sebagai binatang yang lebih rendah, bahwa manusia yang terombang-ambing oleh amarah dan nafsu serta terbiasa dengan keserakahan dan kedengkian, akan meninggalkan alam kemanusiaannya dan terlahir kembali sebagai hewan yang lebih rendah.
*9*. Makhluk hidup yang menuai hasil perbuatannya, kemudian bertransmigrasi melalui kondisi ini, roh terikat oleh takdir dan menuai hasil dari tindakannya sendiri, mengalami kelahiran demi kelahiran. Orang yang terlahir bijaksana menyerahkan jiwanya kedalam Roh Tertinggi yang kekal.
*Bhagavad Gita 8. 8*
*abhyāsa-yoga-yuktena*
*cetasā nānya-gāminā*
*paramaḿ puruṣaḿ divyaḿ*
*yāti pārthānucintayan*
Orang yang bersemadi kepadaKu sebagai Kepribadian Tuhan YME, dengan pikirannya senantiasa tekun ingat kepada-Ku dan tidak pernah menyimpang dari jalan itu, dialah yang pasti mencapai kepada-Ku, wahai Pārtha.
Dengan berbincang dengan dirimu yang saleh, kutukanku yang menyakitkan telah ditebus. Setelah berkata demikian, raja Nahusa, meninggalkan wujud ularnya, dan mengambil wujud surgawinya, kembali ke Surga.
Yudhishthira pun kembali kepertapaannya bersama Dhaumya dan saudaranya Bhima. Kemudian beliau menceritakan semua itu secara rinci kepada para brahmana yang berkumpul disana. Semua Brahmana mulia yang menginginkan kesejahteraan para Pandawa, menegur Bhima karena kebodohannya, menyuruhnya untuk tidak melakukan hal seperti itu lagi, para Pandawa juga sangat senang melihat Bhima yang perkasa keluar dari bahaya dan tinggal bersama lagi.
Mahabharata veda vyasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar