Kamis, 22 Februari 2024

SUGIHAN JAWA



Wrahaspati Wage wuku Sungsang disebut Sugihan Jawa berasal dari kata:
SUGI , memiliki arti bersih, SUCI.
JAWA / JABA yang artinya LUAR.
Secara singkat pengertian Sugihan Jawa adalah hari sebagai pembersihan/penyucian segala sesuatu yang berada di luar diri manusia (Bhuana Agung).

Sundarigama.
Sungsang, rehaspati wage ngaran parerebwan, sugyan jawa kajar ing loka, katwinya sugyan jawa ta ngaran, apan pakretin bhatara kabeh arerebon ring sanggar mwang ring parhyangan, dulurin pangraratan, pangresikan ring bhatara, saha puspa wangi. Kunang wwang wruh ing tatwa jana, pasang yoga, sang wiku anggarga puja, apan bhatara tumurun mareng madyapada, milu sang dewa pitara, amukti banten anerus tekeng galungan.
Pakreti nikang wwang, sasayut mwang tutwang, pangarad kasukan ngaran
Translate ;
Kamis Wage Sungsang disebut dengan Parerebon atau yang lebih dikenal dengan Sugihan Jawa. Dinamakan sugihan jawa karena merupakan hari suci bagi para Bhatara untuk melakukan REREBU di Sanggah dan Parahyangan, yang disertai Pangraratan dan Pembersihan untuk Bhatara dengan Kembang Wangi.
Orang yang memiliki kemampuan dalam hal tatwa akan melakukan YOGA SEMADHI , Pandhita akan melakukan Pemujaan Tertinggi, karena Bhatara pada hari ini turun ke dunia diiringi oleh para Dewa Pitara untuk persembahan hingga Galungan nanti.
Sesajennya yaitu Sesayut Tutuan atau Pangarad Kasukan.
Rerebu atau Marerebon ini bertujuan untuk menetralisir kekuatan negatif yang ada pada Alam Semesta atau Bhuana Agung.
Ong Rahayu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar