Minggu, 27 Agustus 2023

DEWI UMA BERGURU PADA PEMANCING.

 


Ada kisah rakyat di negeri Mumbai, konon warga pesisir kerap di ganggu oleh sosok raksasa yang menyeramkan. Warga pesisir yang berprofesi sebagai nelayan menjadi resah dan banyak diantara mereka takut melaut.
Oleh karena itu, beliau memuja Dewa Siwa untuk mohon pertolongan. Karena kuat dan tekunnya pemujaan para nelayan, berkenanlah Dewa Siwa untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat yang memujanya.
Diutuslah Dewi Uma untuk membantu para nelayan mengusir Raksasa yang bernama Mumbarka yang kerap meneror kepada para nelayan, agar hidup mereka tenang kembali.
Singkat cerita, turunlah Dewi Uma ke mercapada menemui para nelayan. Untuk bisa menaklukan Raksasa Mumbaka, Dewa Siwa menyarankan kekasihnya untuk merubah wujud menjadi pemancing wanita.
Untuk merubah wujud inilah saran Dewa Siwa menyuruh Dewi Uma harus berguru kepada pemancing. Alasannya, hanya pemancing yang begitu kuat ketekunan dan konsentrasinya. Mulailah Dewi Uma belajar menjadi pemancing sampai akhirnya ia mampu membunuh waktu.
Dari ketekunannya itu, Dewi Uma mampu merubah wujudnya menjadi Bhawani Rupa. Setelah dirasa waktunya telah tiba Dewa Siwa lalu menyamar menjadi seorang pemancing dan menikahi Dewi Uma. Bersama-sama bertempur melawan Raksasa Mumbarka yang dapat dikalahkan dengan mudah.
Raksasa Mumbarka pun menyerah kalah mohon pengampunan, dan memanggil beliau dengan nama Bhaktavatsala Ai (seorang ibu). Dan memohon kepada Bhavani Rupa yang tiada lain Dewi Uma sendiri untuk tinggal dan menetap, sebagai dewi pelindung rakyat pesisir.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar