Rabu, 10 Januari 2024

9 Pelinggih




Pelinggih di Mrajan Kawitan yang jumlahnya ada 9 Pelinggih kita urai satu persatu termasuk sumber sastra Kitab Suci nya antara lain sbb:

Pelinggih Rong Tiga adalah untuk memuja leluhur yang disebut sebagai Bethara Eyang dari seluruh garis keturunan nya. Sumber sastra nya disabdakan dalam: Regveda.
Kedua Pelinggih Taksu (rong satu atau dalam bentuk tugu). Taksu dimaknai kekuatan, kekuatan dari pemuja nya apapun profesinya bertujuan untuk memohon segala keperluan sesuai profesinya Sejatinya yg dilinggihkan di Pelinggih Taksu adalah Sarasvati karena Sarasvati sakti dari Brahma mempunyai kemampuan untuk memenuhi segala permohonan (Atharvaveda XXVIII, 1, 41). Yang dilinggihkan Sarasvati tetapi di abhiseka sebagai Hyang Taksu.
Ketiga Pelinggih Surya yang tempat ditengah antara Rong Tiga dan Taksu bentuk Pelinggih nya Padmasana ada simbol acintya nya tetapi di bebataran paling bawah tidak ada simbol naga taksaka dan antaboga serta bedawang nala. Surya adalah Dewa dari segala Dewa (Regveda I, 50, 10).
Kesimpulan nya: kalau membangun Mrajan untuk satu keluarga sesuai yg dianjurkan dalam Lontar Bhama Kerti atau Purwa Bhumi Kemulan maka Pelinggih cukup tiga atau Tri Lingga, inilah kebenaran yang mutlak itu berarti Pelinggih yang lainnya semata mata mengikuti adat kebiasaan di Desa/lingkungan yang dianggap benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar