Selasa, 23 Januari 2024

GARUDA PURAANA. ( 52 ) TENTANG HANTU

 


Garuda kemudian bertanya, " akan tetapi kadang-kadang roh yang telah mati datang dan gentayangan mengganggu orang-orang. Bagaimana mereka bisa melakukan hal itu? Bagaimana mereka bisa lepas dari neraka?"
" Ini sama hal nya dengan tahanan yang lari dari penjara," jawab Vishnu. " Mereka datang dan mengganggu sahabat atau keluarga mereka."
Mereka kembali ke rumah lama mereka dan menyebabkan terjadinya berbagai hal buruk disana. Mereka biasanya senang melihat orang menderita kolera atau sakit kepala. Semakin besar cintanya pada seseorang atau beberapa orang, maka semakin besar gangguan yang dilakukannya kepada mereka. Pada jaman Kaliyuga inilah, banyak terdapat hantu seperti itu. Pada jaman Satya yuga, Dvaaparayuga atau Tretaayuga tidak pernah ada hantu sejenis itu. Para hantu inilah yang membuat kesakitan pada teman-teman atau siapa saja yang pernah dekat dengannya dan mereka juga membunuh binatang serta anak-anak."

Bagaimana seseorang bisa tahu ada hantu di sekitarnya?" tanya Garuda.
Tanda-tandanya sangat jelas, " Jawab Vishnu." Apabila binatang mati secara mendadak dan antara sahabat atau keluarga terjadi permusuhan. Ada bencana yang tidak terduga. Anak-anak menentang orang tuanya, para braahmana dihina dan panen mulai tidak berjalan sebagai mana mestinya. Terjadi kebakaran dengan sebab tidak jelas. Suami dan istri senantiasa bertengkar. Ini semua adalah tanda-tandanya."
" Lalu apa yang harus orang lakukan jika mengetahui tanda-tanda seperti itu?" Tanya Garuda.
Secara tidak langsung aku telah menjawab pertanyaan itu," jawab Dewa Vishnu. " Lakukanlah upacara penguburan mereka yang telah meninggal. Akan tetapi ada baiknya bertanya pada mereka yang telah terpelajar tentang hal ini dan memiliki kapasitas untuk melakukan hal itu (seorang daivajnya)."
Hantu adalah pendosa dan orang yang mengetahui bahwa ada hantu yang sedang berkeliaran namun tidak melakukan sesuatu terhadap hantu, maka Ia dianggap juga melakukan dosa dengan kontaminasi dari hantu itu. Dalam kehidupan yang akan datang, Ia akan terlahir sebagai orang yang miskin, penyakitan tanpa nafkah dan tidak memiliki keturunan.
Atau bahkan bisa saja Ia terlahir menjadi binatang. Jika tidak dilakukan apapun terhadap hantu itu, maka para hantu sendiri akan menyadari bahwa tidak ada gunanya mengganggu manusia arau mantan kerabatnya. Satu-satunya harapan mereka untuk mendapatkan pembebasan adalah dengan menjalani hukuman yang harus mereka lakukan. Maka mereka akan kembali ke neraka dan berhenti menganggu orang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar